Daftar Universitas Terbaik Indonesia Versi QS World University Ranking – Tak terasa tiga tahun telah menempuha ilmu di SMA, kini akan melanjutkan untuk mencari Perguruan Tinggi. Siswa kelas 3 SMA yang ingin melanjutkan kuliah harus segera registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Selain itu, anda juga harus mengetahui daftar universitas terbaik di Indonesia tahun 2021. Agar anda punya bekal nantinya saat akan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tiggi Negeri (SNMPTN) agar tidak salah dalam memilih.

Kabarnya, registrasi akun LTMPT sudah dibuka sejak 4 Januari 2021 lalu dan berakhir pada 1 Februari 2021. Sedangkan untuk pendaftaran SNMPTN akan berlangsung pada tanggal 15 – 24 Februari 2021. Maka dari itu, pastikan Perguruan Tinggi yang anda pilih adalah universitas terbaik di Indonesia. Pada tahun ini, sejumlah Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia masuk dalam daftar Perguruan Tinggi terbaik dunia versi QS World University Ranking. Ada delapan Perguruan Tinggi ternama di Indonesia yang masuk dalam daftar Universitas terbaik dunia. Dari delapan Universitas tersebut, bukan hanya Perguruan Tinggi Negeri, namun beberapa adalah Universitas Swasta juga yang masuk dalam daftar.

 

Dipublikasikan melalui QS World University Ranking (WUR) bahwa terdapat delapan Perguruan Tinggi Indonesia yang masuk daftar universitas terbaik. Yang menjadi universitas terbaik salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Universitas Gadjah Mada menjadi universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Ranking 2021. Hanya saja, jumlah universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam peringkat global malah berkurang. Bahkan, jumlah Universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Ranking kalah banyak dibandingkan negara tetangga, Malaysia.

Apa sih QS World University Ranking ?

Sedikit informasi tentang QS World University Ranking untuk anda yang mungkin kebingungan dengan yang kita bahas diatas. QS World University Ranking merupakan publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). Sebelumnya dikenal sebagai THE-QS World University Ranking yang bekerjasama dengan majalan Times Higher Education (THE). Bekerjasama dalam menerbitkan table liga international dari tahun 2004 – 2009 sebelum keduanya mulai mengumumkan versi mereka sendiri. Mungkin sudah ada bayangan sedikit tentang QS World University Ranking, yuk kita lanjut lagi.

Sejumlah Universitas terbaik di Indonesia berhasil masuk jajaran rangking dunia. Hanya saja, jumlah Universitas terbaik Indonesia tahun 2021 berkurang daripada tahun sebelumnya, tahun 2020. Mungkin anda sudah penasaran dengan daftar universitas terbaik Indonesia tahun 2021, yuk simak daftarnya dibawah ini.

Daftar Universitas Terbaik Indonesia

"<yoastmark

Berikut kami akan berikan daftar peringkat universitas terbaik Indonesia versi QS World University Ranking pada tahun 2021.

  1. 254 : Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. 305 : Universitas Indonesia (UI)
  3. 313 : Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. 521 – 530 : Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. 531 – 540 : Universitas Pertanian Bogor (IPB)
  6. 751 – 800 : Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  7. 801 – 1.000 : Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  8. 801 – 1.000 : Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Maka dari itu, hanya ada delapan Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia yang masuk daftar QS World University Ranking 2021. Satu-satunya Universitas Swasta yang masuk daftar terbaik adalah Universitas Bina Nusantara (Binus).

Pada tahun sebelumnya, ada sembilan Universitas terbaik di Indonesia yang masuk  QS World University Ranking 2020. Sembilan Universitas tersebut ialah, delapan Universitas diatas dan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.  Semoga tahun depan semakin banyak Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar Perguruan Tinggi terbaik QS World University Ranking.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian yang sedang mencari perguruan tinggi. Simak juga artikel menarik lainnya hanya di cari-kos.com.

Terima Kasih.