Karpet, adalah bagian penting dari rumah yang selalu menerima banyak sekali limpahan kuman dan bakteri, terutama ketika setiap saat diinjak oleh penghuninya, yang kakinya pasti kotor dan penuh kuman. Selain debu dan kotoran dari kaki, potongan benang, dan helaian rambut dapat dengan mudah menempel di permukaan lembutnya.

Nah, mau tidak mau, kalian harus rajin membersihkan karpet tersebut agar tidak tertumpuk oleh kuman dan debu. Apa saja sih yang bisa kalian jadikan kebiasaan agar karpet selalu bersih?

Sediakan Keset di Pintu Masuk

Salah satu cara menjaga lantai dan karpet tetap bersih dan terawat ialah dengan meletakkan keset di setiap pintu masuk rumah. Dengan demikian kaki yang hendak memijak karpet telah bersih karena lebih dulu diseka oleh kain keset.

aliexpresscom
Sumber : aliexpress.com

Hapus Noda Segera

Kalau ada noda yang menempel di karpet, kalian harus segera membersihkannya, jangan sampai noda tersebut menempel dan mengendap terlalu lama di sela-sela lembutnya kain karpet. Semakin lama kalian menunda untuk membersihkan tumpahan sirup atau makanan yang jatuh ke permukaan karpet, maka akan semakin sulit pula bekas nodanya dibersihkan.

cucikarpetkantorcom
Sumber : cucikarpetkantor.com

Lepas Sepatu

Selain memiliki nilai etika yang tinggi, melepas sepatu di dalam rumah juga memiliki kelebihan dari sisi kesehatan dan kebersihan rumah. Pastikan setiap orang yang masuk ke dalam rumah telah melepas sepatu dan membersihkan kakinya dari debu dan kotoran yang di bawa dari luar rumah. Jika kalian terbiasa mengggunakan alas kaki di dalam rumah, maka kalian bisa menggunakan alas kaki yang berbeda dengan sepatu atau sandal yang dipakai di luar rumah.

satuharapancom
Sumber : satuharapan.com

Vaccum Rutin

Jika rumah kalian berkarpet, maka kalian juga harus memiliki alat penghisap debu yang berkualitas. Dengan alat penghisap debu, pastikan kalian membersihkan setiap debu yang menempel di karpet secara rutin, bisa dilakukan sehari sekali agar tidak ada debu yang mengendap terlalu lama.

vemalecom
Sumber : vemale.com

Selain beberapa hal tadi, kalian juga harus pintar-pintar memilih jenis karpet, menurut bahan dan pertimbangan lainnya. Pastiikan kalian memilih karpet yang nyaman untuk digunakan, dan mudah untuk dibersihkan. Kalau bisa pilih karpet yang juga susah untuk ditempeli debu.