Mengatasi Tembok Kamar Kos Yang Lembab – Dinding tembok kamar kos sering kali bermasalah. Kurangnya perawatan pada dindin tembok kamar kos, baik yang di dalam maupun di luar. Mengenai dinding tembok yang paling luar ataupun yang dekat kamar mandi sering muncul air rembes yang terlihat menjadikan tembok kotor. Tentu bukan hal yang enak dipandang, air yang rembes di tembok biasanya berasal dari air hujan, atau bisa juga adanya pipa air yang bocor.

Dinding Yang Terkelupas (Sumber Gambar : www.rumahdekorasi.com)
Dinding Yang Terkelupas (Sumber Gambar : www.rumahdekorasi.com)

Jika tidak segera di atasi masalah ini akan bertambah parah seperti dinding berjamur dan muncul lumut. Selain merusak keindahan kamar kos anda, lama-kelamaan problem ini akan mengurangi daya tahan dari tembok itu sendiri. Maka artikel kali ini kita akan membahas cara dan penanganan tembok lembab :

Cara Mengatasi Tembok Lembab

Akan percuma melakukan perbaikan dengan mengecat ulang jika penyebab masalah tembok lembab tidak kita atasi. Ada beberapa kemungkinan dibalik munculnya area rembesan air di tembok.

Pertama kita bisa mengecek si tembok itu sendiri, cek bagian yang rembes dan juga sisi sebaliknya dari tembok rembes tersebut. Adakah retakan di tembok tersebut? Carilah retakan sekecil apapun bahkan yang sekecil rambut. Sifat air yang fleksibel dapat melewati celah kecil apalagi jika air dalam jumlah banyak seperti hujan deras. Untuk mengatasinya kita cukup menggunakan adonan semen, gunakan lidi untuk memasukan adonan ke retakan kecil tersebut.

Tembok Rembes Akibat Hujan (Sumber Gambar : www.cattembok.com)
Tembok Rembes Akibat Hujan (Sumber Gambar : www.cattembok.com)

Jika tidak ada masalah dari tembok kemungkinan disebabkan faktor luar,

  • Dinding terkena guyuran air hujan secara langsung
    Saat tembok sudah berumur, lapisan waterproofnya pasti sudah tidak bekerja dengan baik. Tidak heran jika terlalu lama kehujanan, air dapat rembes sampai ke sisi sebaliknya.
    Untuk mengatasi rembes kita dapat memberikan lapisan waterproof kembali ke tembok yang berhadapan langsung dengan hujan. Disarankan untuk memasangkan kanopi ataupun menanam pohon di dekat tembok untuk mengurangi dampak guyuran hujan.
  • Dinding berbatasan dengan tempat lembab seperti kamar mandi.
    Biasanya dinding kamar mandi dilapisi dengan keramik agar percikan air tidak masuk ke dalam tembok dan menyebabkan lembab sehingga berjamur. Silahkan cek bagian sela keramik, adakah nat keramik yang lepas ataupun retak.
    Kalau memang ada yang retak, kita bisa menambalnya kembali dengan adonan campuran semen putih dan lem. Gunakan lidi untuk memasukkan adonan ke bagian retakan tadi. Selama tambalan belum kering, saat mandi disarankan untuk menghindarkan air jatuh di tembok tersebut.
  • Bocor dari atas
    Kalau dinding yang rembes dan berjamur berada di atas maka kemungkinan ada kebocoran di atap rumah anda. Mau tidak mau kita harus naik ke atas untuk mengecek dan memperbaiki jika memang ada masalah.
  • Pipa dalam dinding bocor
    Masalah ini sering kali muncul apalagi di rumah modern yang biasanya bertingkat dimana saluran air bersih ataupun pembuangan berada di dalam dinding.Ini sangat sulit diatasi orang awam, silahkan gunakan saja jasa tukang ledeng.
Jamur Pada Tembok (Sumber Gambar : www.jualprodukcat.com)
Jamur Pada Tembok (Sumber Gambar : www.jualprodukcat.com)

Cara Mengecat Tembok Berjamur

Setelah mengatasi sumber masalah air rembes, kita bisa melanjutkan dengan mengecat ulang sekaligus menghilangkan jamur yang terlanjur tumbuh di dinding rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara mengecat tembok yang berjamur ini lebih baik dilakukan setelah tembok tersebut kering. Pengecatan dilakukan di hari yang cerah tanpa ada tanda-tanda akan hujan.

Persiapan:

  • Cat Tembok
  • Cat dasar/ sealer dengan waterproof
  • Fungisida
    Alternatifnya baking soda, cuka
  • Sapu lidi
  • Amplas/ sikat
Cat Tembok Mengelupas (Sumber Gambar : www.catrumahrenovasi.com)
Cat Tembok Mengelupas (Sumber Gambar : www.catrumahrenovasi.com)

Langkah Mengecat Ulang Tembok

  1. Gunakan sapu lidi untuk mengosok bagian berjamur.
    Dalam keadaan tembok yang kering, kita dapat menghilangkan jamur dengan mudahnya.
  2. Semprotkan fungisida ataupun larutan cuka ke dinding yang berjamur.
    Diamkan dalam semalam, dimaksudkan agar jamur benar-benar mati sampai ke akar.
  3. Gunakan amplas/ sikat untuk mengosok semua jamur yang tersisa.
    Jangan khawatir sampai membuat lapisan tembok terkelupas, yang penting jamur hilang.
  4. Setelah jamur hilang, gunakan sealer untuk menutup kembali bagian yang terkelupas.
  5. Setelah sealer kering, kita berikan cat yang warnanya sesuai dengan cat tembok sebelumnya.
  6. Tunggu sampai kering, pastinya tembok indah kembali.
Mengecat Tembok (Sumber Gambar : www.rumahidaman.com)
Mengecat Tembok (Sumber Gambar : www.rumahidaman.com)

Sekian artikel tentang Mengatasi Tembok Kamar Kos Yang Lembab. Boleh dibilang cat dasar dengan waterproof adalah inti untuk mengatasi masalah ini. Selain dapat membuat cat tembok menempel dengan baik, perlindungan dari lapisan anti air dapat mencegah air rembes yang merupakan penyebab utama munculnya jamur ataupun lumut.