Dalam membangun atau mencari rumah impianmu pastinya kamu akan memperhatikan bagaimana desain rumah tersebut agar mememiliki ciri khasnya tersendiri serta memiliki estetika yang tinggi. Kamu bingung mencari desain rumah impianmu ? kamu pasti belum mengenal tentang Fasad Rumah.

Fasad Rumah merupakan bagian terluar dari sebuah tempat tinggal atau bagian eksterior. Mencakup beberapa elemen dari sebuah rumah yaitu bentuk, warna, material, jendela, pintu, dan dekorasi eksterior lainnya yang memberikan identitas visual pada rumah kamu.

Orang – orang yang berkunjung akan melihat ciri khas rumahmu dari fasad yang kamu gunakan.  Dalam membangun fasad yang kamu inginkan terdapat beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan yaitu gaya arsitektur, lingkungan, dan faktor-faktor lainnya.

Sebelum melihat contoh desainnya kamu perlu mengetahui pengertian dan pentingnya Fasad itu serta bahan digunakan dalam membangunnya.

Penjelasan Tentang Fasad Rumah 

Mengutip dari wikipedia, Fasad atau Muka Bangunan (bahasa Prancis: façade) adalah suatu sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, umumnya terutama yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan.

Kata ini berasal dari bahasa Prancis, yang secara harfiah berarti “depan” atau “muka”. Pada aspek arsitektur, fasad bangunan sering kali adalah suatu hal yang paling penting dari sudut pandang desain khususnya bagian eskterior.

Jadi pengertian secara umunnya Fasad Rumah yaitu bagian luar atau eksterior dari sebuah rumah yang menampilkan segi estetika yang tinggi.

Pentingnya Fasad Pada Rumah

Dari sisi desain eksterior, fasad sangat penting digunakan untuk mencerminkan ciri khas dan keunikan dari rumah kamu. Terdapat hal penting dari Fasad pada rumah impian kamu seperti berikut:

Aspek Pertama Pada Rumah

Karena fasad merupakan penampilan utama di bagian depan sebuah tempat tinggal, fasad menjadi aspek pertama yang dilihat dan dinilai oleh orang lain dari luar struktur. Oleh karena itu, tidak heran bahwa fasad menjadi sumber berbagai perspektif terkait desain bangunan.

Sebagai elemen pertama yang dapat dilihat, fasad rumah juga dapat berfungsi sebagai indikator yang memberikan gambaran kepada orang lain mengenai lokasi suatu bangunan tertentu.

Menonjolkan Gaya Desain Pada Rumah

identitas gaya arsitektur sering tergambar melalui fasad di suatu hunian. Fasad, sebagai unsur estetika sering dianggap sebagai ciri khas arsitektur yang menjadi pusat perhatian. Fasad juga berperan dalam mencerminkan karakter dan identitas gaya khusus dari struktur bangunan tersebut.

Memiliki Nilai Komersil

Fasad seringkali dapat menaikan nilai jual dari sebuah hunian, ketika kamu ingin menjual hunian kamu, calon pembeli akan melihat fasad terlebih dahulu daripada bagian – bagian yang lain.

Material yang Digunakan 

Terdapat berbagai jenis material yang dapat digunakan dan pemilihan material ini seringkali dipengaruhi oleh gaya arsitektur, iklim, dan preferensi pemilik  Berapa jenis material yang digunakan seperti:

  • Batu Bata
  • Kayu
  • Siding
  • Beton
  • Batu Alam
  • Logam
  • Kaca
  • Komposit atau Material Campuran

Contoh Rumah Dengan Fasad yang Menarik

Gambar Fasad Rumah 1 Lantai

Rumah 1 Lantai
Sumber : Istock

Hunian 1 lantai menonjolkan kesan sederhana namun tetap memiliki estetika yang tinggi. Dengan biaya yang tidak terlalu tinggi, kamu dapat membuat hunian yang aman, nyaman dan juga indah.

Gambar Fasad Rumah 2 Lantai

Rumah 2 Lantai
Sumber : Istock

Tempat tinggal dengan 2 lantai sering kali menawarkan desain yang menarik dan lebih kompleks daripada hunian 1 lantai. Kesan mencolok dan estetis akan tergambarkan dari tempat tinggal Fasad dengan 2 lantai.

Gambar Fasad Rumah Minimalis

Fasad Rumah Minimalis
Sumber : Istock

Desain Rumah Minimalis merupakan desain yang banyak digandrungi oleh banyak orang dalam membuat suatu hunian. Konsep ini menekankan pada kesederhanaan, kebersihan, dan penggunaan elemen-elemen esensial. Tujuan dari konsep minimalis adalah menciptakan ruang yang efisien, fungsional, dan estetis tanpa kelebihan dekorasi atau detail yang berlebihan.

Gambar Fasad Rumah Mewah

Gambar Fasad Rumah Mewah
Sumber : Istock

Terkadang satu hunian bukan hanya sebagai tempat untuk kamu tinggal, namun juga sebagai karya seni arsitektur yang dapat membuat orang – orang terkesan. Hunian Mewah menonjolkan gaya arsitektur yang tinggi serta hunian layaknya kastil di masa kerajaan.

Gambar Fasad Rumah Pedesaan

Rumah Pedesaan
Sumber : Istock

Rumah ini biasanya memang terletak jauh dari perkotaan. Nuansa pedesaan sangat kental ditunjukkan oleh tempat tinggal ini. Ciri khas fasad ini adalah desain klasik yang simpel dengan penggunaan elemen kayu.

Semoga dengan artikel ini kamu dapat membuat hun sesuai dengan impianmu. Simak artikel menarik lainnya selalu di cari-kos.com !