Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak Terbaru – Perayaan hari raya Waisak, dalam kalender Buddhis biasanya jatuh pada bulan Mei menurut kalender Masehi. Kata Waisak berasal dari bahasa Pali yaitu “Vesakha” dan dalam bahasa Sansekerta disebut dengan “Vaisakha”.

Di kalangan Umat Buddha sering disebut dengan Tri Suci Waisak. Bukan tanpa alasan, pemberian nama tersebut sehubungan oleh tiga peristiwa penting yang semuanya terjadi di bukan “Vesakha” yang bertepatan dengan hadirnya bulan purnama. Berikut ini tiga peristiwa penting yang diperingati pada hari raya Waisak :

1. Kelahiran Pangeran Sidharta

Pangeran Sidharta merupakan putra dari seorang Raja yang bernama Raja Sudodhana dan seorang Permaisuri yang bernama Ratu Mahamaya. Lahir ke dunia sebagai Bodhisatva atau calon Buddha, yang dikenal sebagai seseorang yang akan mencapai kebahagian tertinggi. Pangeran Sidharta lahir di Taman Lumbini pada tahun 623 SM.

2. Mencapai Penerangan Sempurna

Menginjak usia 29 tahun, Pangeran Sidharta pergi meninggalkan istana dengan anak dan istrinya. Beliau menuju hutan untuk mencari kebebasan dari 4 peristiwa yang beliau lihat, yakni lahir, tua, sakit dan mati. Pada usia 35 tahun, tepat pada saat datangnya purnama Sidgi di bulan Waisak, akhirnya petapa Sidharta mencapai penerangan sempurna atau menjadi Sang Buddha.

3. Parinibbana

Selama 45 tahun Sang Buddha menyebarkan Dhamma, yang dikutip dari berbagai sumber merupakan sumber abadi. Lalu di usia 80 tahun, beliau wafat atau yang disebut dengan Parinibbana, di Kusinara. Semua mahluk dan Para Dewa serta anggota Sanggah bersujud sebagai tanda penghormatan terakhir kepada Sang Buddha.

Begitulah sejarah singkat mengenai Makna Hari Raya Waisak bagi Umat Buddha. Untuk memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak, umat Buddha biasanya pergi ke Vihara melakukan Puja-Bhakti. Bertujuan untuk mengingat kembali ajaran Sang Buddha.

Contoh Ucapan Hari Raya Waisak

Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak Terbaru
Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak Terbaru | Image Source : shutterstock.com
  1. Selamat memperingati Hari Waisak bagi seluruh Umat Buddha. Semoga membawa kedamaian, ketentraman dan kebahagian bagi semuanya.
  2. Selamat hari Tri Suci Waisak. Semoga semua mahluk hidup selamanya dalam kebahagian.
  3. Selamat Hari Raya Suci Waisak 2565 BE Tahun 2021. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga kita, semua keluarga & semua.
  4. Mahluk berbahagia. Tiada perlindungan yang aman di dunia ini. Kecuali Dhamma yang dipraktekan dengan ketulusan hati.
  5. Atthana Rakkhati Saranam Dhammam Annanam Saranam Dhammam Lokhiya Rakhati.
  6. Semoga dihari yang suci ini, Sang Buddha senantiasa memberikan pencerahaan kepada setiap mahluk. Selamat merayakan Tri Suci Waisak 2565 BE.
  7. Saya mengucapkan Selamat Hari Suci Waisak bagi seluruh umah Buddha. Buddham Sharanam Gachami, Om Mani Padme Hum. Semoga Tuhan Buddha menerangi jalan anda dan memberikan kebahagian serta cinta.
  8. Buddham Saranam Gachami, Dhamma Saranam Gacchami, Sangham Saranam Gacchami. Selamat Buddha Purnima bagi Umat Buddha.
  9. Selamat Hari Waisak, dalam semburan iluminasi dia menemukan maknanya keberadaan dan menjadi Sang Buddha.
  10. Semoga hidup anda penuh dengan berkah pada hari pencerfahaan ini. Selamat Waisak bagi umat Buddha seluruh Indonesia.

Sekian artikel tentang Makna dan Ucapan Hari Raya Tri Suci Waisak. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan mencari ucapan hari raya waisak yang bagus. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos.com.