Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia – Harga properti menjadi semakin tinggi di suatu kota seiring dengan tingkat kepadatan dari kota tersebut. Harga properti kian meroket dari waktu ke waktu pada beberapa kota di Indonesia. Jika kamu ingin membeli properti, seperti rumah atau yang lainnya, yuk baca dulu beberapa kota dengan harga properti tertinggi.

Di tengah situasi perekonomian masyarakat yang belum stabil, harga properti kian meroket dari tahun ke tahun. Ini yang menyebabkan banyak masyarakat di kota besar merasa kesulitan untuk membeli rumah karena harga yang selalu menanjak. Menurut data dari Bank Indonesia, pergerakan harga rumah tinggal melalui indeks harga properti residensial terus beranjak naik. Walaupun sesekali laju kenaikannya melambat, namun tetap naik meski pendapatan masyarakat mengalami penyusutan.

Sebagai contoh, pada tahun 2020 di tengah situasi pandemi covid-19. Pendapatan per kapita minus 3,3% dan harga properti residensial tetap tumbuh 1,4%. Terhitung dalam 1o tahun terakhir, laju pertumbuhan harga rumah tumbuh lebih cepat dibandingkan kenaikan pendapatan per kapita, kecuali pada periode 2016-2019.

Daftar Kota Terpadat di Indonesia

1. Jakarta

Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia
Kota Jakarta | Image Source : Pinterest.com

Kota terpadat yang pertama ialah Jakarta, sebagai Ibu Kota Negara yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah penduduk tertinggi. Kepadatan di Kota ini berpengaruh bersar terhadap ketersediaan rumah tapat dan kenaikan harganya. Seperti yang kita ketahui, harga peroperti di Kota ini sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

2. Bandung

Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia
Kota Bandung | Image Source : Pinterest.com

Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini menduduki peringkat keempat dengan penduduk tertinggi mencapai 8.357.393 jiwa. Berdasarkan 18 kota yang menjadi wilayah survei dari BI, Bandung masuk ke dalam urutan kota dengan kenaikan harga properti tertinggi. Menurut Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2020, penduduk kota bandung masuk ke dalam kota terpadat di Indonesia dengan 14.857 jiwa/km persegi.

3. Surabaya

Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia
Kota Surabaya | Image Source : Shutterstock.com

Kota terpadat yang selanjutnya adalah Surabaya, pusat pemerintah Jawa Timur yang sekaligus menjadi kota terpadat di Provinsi tersebut. Berdasarkan data BI dari kuartal I-2017 sampai I-2020, Surabaya pun tercatat sebagai kota dengan kenaikan harga properti tertinggi. Selain itu juga, Kota Pahlawan ini juga menjadi kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta.

4. Medan

Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia
Kota Medan | Image Source : Shutterstock.com

Kota Medan menjadi kota dengan kenaikan harga properti tertinggi di sektor rumah kecil. Secara jumlah penduduk, Medan menduduki urutan kota terpadat di Indonesia setelah Surabaya dengan jumlah penduduk 4.774.323 jiwa. Menjadi kota terbesar di luar Pulau Jawa dengan perkembangan pesat. Maka tak heran, jika kota tersebut masuk ke dalam pengembangan kota metropolitan.

5. Bekasi

Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia
Kota Bekasi | Image Source : Shutterstock.com

Kota Bekasi merupakan kota dengan jumlah penduduk tertinggi setelah Bandung, dengan jumlah 3,084 juta jiwa. Selain itu, kota ini berperan sebagai kota satelit atau penopang Jakarta yang menjadi incaran banyak kaum urban. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan kota ini pun sangat pesar, sebab menjadi kota industri terbesar di Asia tenggara.

6. Depok

Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia
Kota Depok | Image Source : Shutterstock.com

Kota Depok yang letaknya berdekatan denganJakarta ini pula menjadi kota dengan jumlah penduduk yang tinggi. Pada tahun 2020, populasi telah berkembang mencapai angka 2,484 juta jiwa. Ini disebabkan karena lokasinya yang sangat dekan dengan Jakarta, serta menjadi salah satu kota dengan prospek harga properti yang terus merangkak naik setiap tahunnya. Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan Jakarta, harga rumah di Kota Depok cenderung masih lebih murah.

Simak Daftar Kota Terpadat Dengan Harga Properti Tertinggi di Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui daftar kota terpadat. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos Blog.