Download Template CV Word dan Canva Gratis di CVResume – Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Diterjemahkan dari Bahasa Latin, pengertian CV adalah “perjalanan hidup saya.” Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.

Manfaat Curriculum Vitae

Manfaat curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis CV

CV yang baik adalah CV yang ditulis. Namun, sebelum menulis perlu memerhatikan beberapa hal supaya CV yang kamu buat semakin berkualitas dan mampu bersaing dengan CV dari orang yang lebih banyak. berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menulis CV.

Baca juga : 5 Website Untuk Membuat CV

1. Cari Tahu Informasi Tentang Perusahaan yang Kamu Lamar

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat CV yaitu mencari tahu informasi tentang perusahaan yang kamu lamar, termasuk informasi posisi yang kamu lamar. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu tahu apakah akan lolos tes administrasi atau tidak lolos tes administrasi.

Di zaman yang modern ini, sudah banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mencari tahu semua informasi perusahaan. Bahkan, hanya dari telepon genggam yang kamu miliki sudah bisa mendapatkan berbagai macam informasi perusahaan. Mulai dari media sosial perusahaan, pemimpin perusahaan, lokasi perusahaan, hingga berbagai macam lowongan dari perusahaan tersebut.

2. Mencari Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) Yang Terbaik

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis CV berikutnya adalah mencari contoh CV yang terbaik. Untuk mencari contoh-contoh CV yang terbaik bisa dilakukan dengan cara bertanya kepada teman atau saudara yang bekerja sebagai HRD atau mencari contoh-contoh CV di internet.

Hal seperti ini perlu dilakukan, terlebih lagi bagi kamu yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Pastinya belum mempunyai referensi untuk menulis CV yang baik dan benar. Oleh karena itu, mencari contoh CV yang terbaik perlu dilakukan. Semakin banyak referensi yang kamu lihat maka kamu akan semakin mudah membuat atau menulis CV yang baik dan benar.

3. Mencari Template CV Yang Terbaik

Setelah menemukan contoh data diri yang perlu dicantumkan di dalam CV kini saatnya mencari contoh template CV. Sebuah CV akan terlihat biasa saja jika tidak didesain dengan menarik. Oleh karena itu, jangan pernah malas untuk mencari tahu contoh-contoh template CV.

Saat ini, contoh-contoh template CV sudah bisa kamu dapatkan di internet, media sosial, hingga berbagai macam aplikasi edit foto dan CV. Semakin banyak contoh-contoh template CV maka referensi CV kamu akan semakin banyak serta CV yang kamu buat nanti akan memiliki desain yang menarik.

Sebagai tips, untuk memudahkan mendapatkan template CV yang menarik dan gratis, kamu bisa mengunjungi CVResume. Salah satu website yang menyediakan template CV  Word dan Canva adalah CVResume. Template CV Word dan Canva di CVResume bisa di download dan disesuaikan dengan keinginan sendiri, tentunya gratis. Selain itu, kamu juga bisa edit template CV ini di Microsoft word.

Template CV Word ini memiliki desain yang sama dengan canva. Dengan user interface yang simpel, cocok untuk para pemula maupun berpengalaman.

Fitur pengeditan CV yang canggih, membuat CV di CVResume menjadi mudah, nyaman dan praktis. Anda bisa mendownload Format CV di CVResume dan mengedit layout CV dengan mengubah jarak spasi, ukuran gambar, warna, dan lainnya sesuai keinginan sendiri.

Telah terbukti bahwa template CV kustom menjadi salah satu pertimbangan para HRD dalam menyeleksi CV lamaran kerja.

Demikian artikel Download Template CV Word dan Canva Gratis di CVResume. Gunakan kumpulan template CV yang menarik dari CVResume, dan tingkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impianmu ! Selamat Mencoba !