Sebagai seorang pekerja, terkadang kita perlu meminta izin kepada atasan untuk tidak hadir bekerja. Alasan untuk meminta izin ini bisa beragam, termasuk kondisi sakit, urusan keluarga, atau kepentingan pribadi. Untuk mengajukan izin tidak masuk kerja, diperlukan pembuatan surat izin yang ditujukan kepada atasan dengan format yang formal. Surat izin ini harus mencakup informasi lengkap seperti nama karyawan, jabatan, alasan izin, serta tanggal awal dan akhir izin.

Bagi kamu yang ingin mengajukan izin, berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dapat dijadikan referensi. Mari simak!

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Minta izin tidak masuk kerja adalah hal yang wajar dalam dunia kerja. Membuat surat izin sangatlah mudah, namun kamu harus menggunakan bahasa yang formal. Mengapa ? karena dibutuhkan profesionalitas karena surat ini akan dikirim kepada Manajer HRD atau Pimpinan Perusahaan tergantung tempat kamu bekerja. Berikut ini merupakan beberapa langkah – langkah dalam membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja yaitu:

Gunakan Format Surat Formal 

Dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja kamu harus menggunakan format surat yang formal. Karena surat tersebut akan diberikan kepada HRD atau manajemen perusahaan tempat kamu bekerja. Oleh karena itu, penting untuk kamu menunjukkan kesan profesionalitas di surat kamu.

Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku 

Pergunakanlah kata – kata yang baku dalam membuat surat, karena surat yang kamu buat akan menjadi arsip bagi departemen HRD di perusahaan tempat kamu bekerja.

Berisi Tanggal Pembuatan Surat 

Cantumkanlah tanggal kamu membuat surat tersebut agar menunjukkan kredibilitas dari surat izin kamu.

Identitas diri dan Informasi Pribadi 

Dalam surat izinmu, kamu harus mencantumkan dengan jelas informasi dari dirimu yang meliputi Nama, Nomer Induk Karyawan, No Telepon, dan lain – lain.

Alasan Izin Tidak Masuk Kerja 

Di dalam surat, harus berisikan apa alasan kamu tidak bekerja. Alasan yang kamu tulis harus sesuai dengan bagaimana kondisi yang sebenarnya. Bila perlu lampirkan bukti seperti Surat Keterangan Sakit agar terbukti kebenarannya.

Rentang Waktu Izin Kerja 

Mencantumkan rentang waktu izin kerja dalam surat izin tidak bekerja sangat penting karena memberikan informasi yang jelas dan transparan kepada Manajer HRD atau Pimpinan Perusahaan tergantung tempat kamu bekerja.

Sampaikan Terima Kasih 

Dalam akhir surat, penting bagi kamu untuk menulis kata – kata “Terima Kasih” agar terciptanya kesan kamu menghormati pimpinan kamu di tempat bekerja serta menjaga hubungan baik dengan mereka.

“Check” dan “Recheck”

Sebelum kamu mengirim surat izin yang kamu buat, kamu harus melakukan “Check” dan “Recheck” atau memeriksa kembali surat yang kamu buat. Pastikan tidak terdapat kesalahan kata di surat izin yang kamu buat.

Mengirim Surat Izin Tidak Masuk Kerja 

Langkah terakhir adalah mengirim surat tersebut ke perusahaan tempat kamu bekerja. Penting bagi kamu menandatangani surat yang kamu buat. Apabila kamu mengirim surat berupa file PDF, kamu dapat menandatanganinya dengan tanda tangan digital.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

1. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Denpasar ,14 Januari 2023

Kepada Yth,
HRD PT Bikin Inovasi Teknologi
Bapak Dimas Pradana

Saya Made Nadia Putri Wulandari dari divisi SEO Copywriter. Dengan surat ini, saya bermaksud untuk meminta izin kepada perusahaan bahwa pada Jumat, 15 Januari 2023 saya berhalangan datang ke kantor karena sedang sakit tipes.

Demikian dengan surat ini, saya juga menyertakan surat keterangan sakit dan anjuran beristirahat dari pihak dokter.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Made Nadia Putri Wulandari

2. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit #2

Denpasar ,14 Oktober 2023

Kepada Yth,
HRD PT Bikin Inovasi Teknologi
Bapak Dimas Pradana

Saya I Wayan Dode Sudiartana dari divisi Sosial Media Management. Dengan surat ini, saya bermaksud untuk meminta izin kepada perusahaan bahwa pada Jumat, 15 Oktober 2023 saya tidak bisa untuk datang ke kantor seperti biasanya karena sakit demam.

Sekian surat ini saya sampaikan, saya juga melampirkan surat keterangan sakit dan anjuran beristirahat dari pihak dokter.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

I Wayan Dode Sudiartana

3. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit #3

Perihal             : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran         : Surat Keterangan Sakit

 

Yth. Human Resources Department

PT. Bikin Inovasi Teknologi

Jl. Sulatri No.168x, Penatih, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya,

Nama                                       : Putra Premana

Jabatan                                    : Senior Copywriting

Nomer Induk Karyawan       : 7654343298

 

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu pimpinan Human Resources Department PT. Bikin Inovasi Teknologi, bahwasanya saya tidak bisa untuk bekerja dalam kurun waktu yang terhitung dari tanggal 13 November 2023 – 17 November 2023 karena saya mengalami sakit Demam Berdarah. Sekian surat ini saya sampaikan, saya juga melampirkan surat keterangan sakit dan anjuran beristirahat dari pihak dokter.

Atas perhatian dari Bapak/Ibu pimpinan Human Resources Department PT. Bikin Inovasi Teknologi, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

 

 

Hormat Saya

Putra Premana

4. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Upacara Keagamaan

Denpasar, Jumat 17 November 2023

Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD
PT. Bikin Inovasi Teknologi

Dengan hormat,

Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama           : Nur Cahyani
Jabatan        : Web Developer
Alamat         : Jl. Noja no 15

Saya ingin memberitahukan bahwasanya pada hari ini, Jumat 17 November 2023 saya tidak dapat bekerja seperti biasa, dikarenakan terdapat upacara keagamaan.

Dengan surat ini, kami memohon kesedian kepada Bapak/Ibu HRD memberikan izin dalam absensi. Demikian surat yang saya dapat sampaikan. Atas izin yang diberikan Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih banyak.

Hormat saya,

Nur Cahyani

5. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Istri Melahirkan

Denpasar, 4 November 2028

 

Perihal             : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

 

Yth. Bagian Manajemen Sumber Daya

PT. Arta Percaya Abadi

Jl. Gatot Subroto No.19x, Denpasar

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya,

Nama                                        : Dicky Cahyadi

Jabatan                                    : Staff Gudang

No Hp                                      : 081235463765

Nomer Induk Karyawan      : 85093457893475

 

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Arta Percaya Abadi, bahwasanya saya tidak bisa untuk bekerja pada hari ini Jumat, 5 November 2028 karena saya menemani istri saya untuk melahirkan. Sekian surat ini saya sampaikan, atas perhatian dari Bapak/Ibu Bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Arta Percaya Abadi, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

 

 

Hormat Saya

Dicky Cahyadi

6. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Saudara Meninggal

Denpasar, 5 Agustus 2024

Perihal             : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

 

Yth. Bagian Manajemen Sumber Daya

PT. Arta Percaya Abadi

Jl. Gatot Subroto No.19x, Denpasar

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya,

Nama                                       : Rudi Tabuti

Jabatan                                   : Admin

No Hp                                     : 08128765559

Nomer Induk Karyawan     : 2987293472934

Alamat                                    : Jl. Cokroaminoto 54

 

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Arta Percaya Abadi, bahwasanya saya tidak bisa untuk bekerja pada hari ini Jumat, 5 Agustus 2024 karena saya terdapat kerabat saya yang meinggal. Sekian surat ini saya sampaikan, atas perhatian dari Bapak/Ibu Bagian Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Arta Percaya Abadi, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

 

 

Hormat Saya

Rudi Tabuti

Nah sekian dari artikel 11 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat surat izin tidak masuk kerja. Simak artikel menarik dan informatif lainnya selalu di cari-kos.com

SEMOGA BERMANFAAT !