Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui – Jauh dari orang tua, kerap membuat beberapa anak kos tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan. Terlebih bagi mereka yang memiliki banyak aktivitas atau kesibukan, sehingga lebih rentan terserang penyakit. Ada baiknya, kamu lebih memerhatikan kesehatan saat jauh dari orangtua ya.

Ada beberapa masalah kesehatan yang kerap dialami oleh anak kos, seperti flu, batuk, pilek, bahkan stress. Penyakit ini timbul karena ativitas yang padat dan kebiasaan hidup yang kurang sehat. Misalnya, sering begadang, mengonsumsi makanan tidak sehat dan tidak teratur, jarang berolahraga, kebersihan kamar atau lingkungan kos.

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos

Karena jauh dari orang tua, mereka enggan untuk peduli dengan kesehatan mereka. Jika kamu seorang anak kos, sebaiknya mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit. Berikut kami akan berikan beberapa tips menjaga kesehatan untuk kamu sebagai anak kos.

1. Konsumsi makanan bergizi

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Makanan Bergizi | Image Source : istockphoto.com

Mengonsumsi makanan bergizi akan membuat tubuhmu fit, bertenaga dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kamu juga akan memiliki berat badan yang ideal dan stabil. Contoh makanan bergizi tersebut ialah daging, sayuran, ikan, telur, nasi, buah dan susu.

Kamu juga dapat mengonsumsi beberapa camilan yang sehat, seperti kacang, buah kering, pisang, apel atau jeruk. Popcorn juga bisa kamu jadikan camilan sehat, asalkan tidak ditambahkan garam, mentega atau karamel. Hindari camilan yang kurang sehat, seperti biskuit, coklat, atau makanan ringan lainnya.

2. Mengonsumsi suplemen

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Suplemen | Image Source : istockphoto.com

Selain mengonsumsi ragam makanan dan camilan bergizi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen apabila memang diperlukan sebagai penambah asupan nutrisi yang kurang. Suplemen yang bisa kamu konsumsi adalah suplemen vitamin B, C, E, Kalsium, Zinc, dan Zat besi.

Jika mengonsumsi suplemen, sangat dianjurkan untuk konsumsi sesuai aturan yang tercantum. Agar lebih aman, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memperjelas jenis dan dosis suplemen yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Cukupi kebutuhan tidur

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Tidur | Image Source : istockphoto.com

Jangan sampai tugas kantor, tugas kuliah atau kegiatan lainnya mengganggu jam tidur mu. Kurang tidur dapat membuat konsentrasi mu menurun, rentan sakit dan mudah stress. Tidur yang cukup pada malam hari, dengan durasi 8-9 jam akan membuatmu lebih fokus dan bertenaga. Dengan begitu kamu akan dapat bekerja dengan lebih produktif.

Kerap kali anak kos kekurangan tidur karena tugas kantor atau kuliah menumpuk. Sebaiknya mulailah untuk mengatur waktu dengan membuat jadwal agar semua pekerjaan atau tugas kuliah tidak menumpuk dan selesai tepat waktu. Dengan ini juga kamu bisa menghindari stress dan dapat beristirahat tanpa beban.

4. Berolahraga

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Berolahraga | Image Source : istockphoto.com

Jika aktivitasmu terasa padat, maka luangkan sedikit waktumu untuk berolahraga, minimal 2,5 jam setiap minggu. Sebab, olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak gampang terkena penyakit.

5. Rajin mencuci tangan

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Cuci Tangan | Image Source : istockphoto.com

Jangan sepelekan hal satu ini, mecuci tangan juga cara untuk menjaga kesehatan, terlebih dimasa pandemi seperti sekarang ini. Mencuci tangan sebelum dan setelah makan, datang dari bepergian, setelah berkegiatan, setelah menggunakan toilet dan yang lainnya. Ini dapat mencegah mu tertular dari berbagai penyakit. Bila kamu sedang berada di luar rumah, sebaiknya membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun di tempat yang tidak ada air dan sabun.

6. Rajin bersihkan kamar dan lingkungan kos

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui
Ilustrasi Memberihkan Kamar Kos | Image Source : istockphoto.com

Lingkungan yang kotor merupakan sarang berbagai penyakit. Maka dari itu, rajinlah untuk membersihkan kamar agar tidak menjadi sarang penyakit. Bersihkan kamar setiap hari agar kamar tidak dipenuhi debu yang menyebabkan alergi, batuk, pilek, flu, dan penyakit pernapasan kronis.

Ganti seprai dan bersihkan lantai untuk menghindari terkena infeksi kutu atau gigitan serangga. Jangan malas untuk mengganti sprai dan menyapu atau mengepel lantai. Kamar yang bersih akan memberimu kenyamanan untuk beristirahat. Jangan malas, lap debu yang menempel di jendela atau barang lainnya, sapu dan pel lantai, sikat wc dan lantai kamar mandi hingga bersih.

***

Sekian Tips Menjaga Kesehatan Bagi Anak Kos Yang Perlu Diketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu kamu untuk dapat menjaga kesehatan. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar kos hanya di Cari-kos Blog.