Contoh CV Lolos ATS Untuk Melamar Kerja – CV dan Surat Lamaran Kerja merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan ketika melamar pekerjaan. Kedua dokumen ini merupakan syarat saat melamar kerja, sekaligus dokumen penting yang harus dibuat dengan baik dan benar. Penting untuk kamu membuat CV yang baik dan benar, agar dapat menarik perhatian HRD. Namun ada satu hal yang perlu kamu ketahui ketika melamar kerja, apakah itu? Yuk simak di bawah ini.

Pernah mendengar tentang CV ATS Friendly? Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang CV satu ini. Beberapa perusahaan menggunakan software ATS ini dalam proses perekrutan. Jadi, saat kamu melamar kerja pada perusahaan yang menggunakan software satu ini, kamu haruslah membuat CV ATS agar dapat lolos tahap perekrutan. Mungkin banyak yang belum paham tentang software satu ini, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu ATS?

Contoh CV Lolos ATS Untuk Melamar Kerja
Ilustrasi Proses Rekruitmen | Image Source : istockphoto.com

ATS atau Applicant Tracking System merupakan software yang digunakan dalam proses perekrutan karyawan. Sistem ini memiliki fungsi untuk, mengumpulkan CV, membaca CV, menyaring, dan memilih CV yang paling sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan. Sistem ATS juga bisa memantau progres lamaran kerja hingga membuat penawaran untuk kandidat.

Cara kerja sistem ATS :

  • Rekruter menerima banyak CV dan dokumen lamaran kerja
  • Semua dokumen yang diterima, dimasukan ke sistem ATS
  • ATS akan membaca dokumen
  • Lalu, ATS akan menyaraknkan kandidat yang paling pas untuk melanjutkan ke tahap interview

Perlu kamu ketahui, secara umum tugas dari ATS ini adalah menilai semua CV yang telah dikirimkan dan memberikan saran kandidat yang pas untuk di interview. Nantinya, rekruter yang akan mewawancarai kandidat yang disarankan oleh sistem ATS.

Apa CV ATS Friendly?

CV ATS Friendly adalah Curriculum Vitae yang di desain khusus agar lolos seleksi sistem ATS. Tentu, CV ini memiliki karakteristik, seperti font, desain dan lain sebagainya agar dapat lolos sitem tersebut. Yuk simak apa saja ciri-ciri dari CV yang ATS Friendly di bawah ini,

  • Font yang umum digunakan pada CV ATS Friendly adalah Helvetica, Arial, Georgia, dll.
  • Heading yang bisa dipakai, (tulis “Experience” bukan “What I’ve Done”, dll)
  • Tanpa Header dan Footer
  • Menggunakan Bullet Points yang sederhana

Jika format CV kurang jelas, maka sistem akan kesulitan dalam membacanya, yang secara otomatis software ini tak memahami semua informasi yang kamu buat. Alhasil, peluangmu untuk dipanggil interview akan hilang, hanya karena bentuk CV yang tidak sesuai. Untuk mengecek format CV, copy dan paste isinya ke Notepad atau sortware plain teks lainnya. Tampilan teks itulah yang akan dibaca oleh ATS.

Perlu kamu ketahui, bahwa penggunaan keyword juga sangat penting pada CV yang kamu buat. Penggunaan keyword yang tepat juga akan memperbesar peluangmu untuk lolos sistem ATS. Sistem akan merekomendasikan Curriculum Vitae dengan keyword yang paling sesuai, itulah mengapa hal  satu ini tidak boleh diabaikan. Semua keyword harus tertulis di deskripsi diri.

Tips Membuat CV ATS

Contoh CV Lolos ATS Untuk Melamar Kerja
Ilustrasi Membuat CV ATS | Image Source : itockphoto.com

1. Pahami posisi yang kamu lamar

Lakukanlah riset pada posisi yang kamu lamar saat membuat CV ATS, pastik, pastikan keyword sesuai dengan pekerjaan tersebut. Keyword ini penting di dalam CV, agar ATS dapat membaca dan mengetahui bahwa kamu kandidat yang sesuai. Agar lebih mudah di baca oleh sistem, sebaiknya gunakan Bahasa Inggris, meski lowongan yang kamu baca menggunakan Bahasa Indonesia. Selain mudah dibaca, menggunakan Bahasa Inggris dalam CV dapat mengartikan bahwa kamu memiliki kemampuan berbahasa asing.

2. Pilih template yang ATS Friendly

Perlu kamu ketahui, jika tidak semua template dapat dibaca oleh sistem ATS. Maka dari itu, hindari template dengan warna yang mencolok dan terlalu banyak bentuk atau hiasan lainnya. Ini tentunya sangat penting untuk kamu pahami, agar dapat menghindari kesalahan formating dan lolos sistem ATS. Sebaiknya gunakan template berlatar putih dengan font hitam dan tidak menyisipkan gambar.

3. Gunakan judul bagian-bagian yang jelas

Pada CV terdapat bagian-bagian, seperti profil, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan yang lainnya. Bagian-bagian tersebut sebaiknya dipisahkan dengan heading dan hindari penggunaan tabel yang berpotensi tidak dibaca oleh sistem. Sebaiknya gunakan Bahasa Inggris untuk CV ATS, contoh Bahasa Inggris untuk bagian judulnya :

  • Profil
  • Contact
  • Education
  • Work experience
  • Skill

4. Cantumkan informasi yang relevan

Masukan informasi yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Jika tidak sesuai, maka sistem akan menganggap kualifikasi tidak sesuai. Pastikan juga tidak ada kesalahan seperti penulisan “typo”, sebab tak jarang terjadi salah ketik pada CV yang dibuat, dan ini membuat kamu tidak lolos.

5. Gunakan font yang sesuai

Menyinggung masalah font, hanya ada beberapa font yang dapat dibaca oleh sistem ATS, seperti :

  • Calibri
  • Helvetica
  • Cambria
  • Lato
  • Georgia
  • Verdana
  • Arial

Beberapa font di atas sangat baik digunakan karena terdeteksi oleh sistem. Hindari penggunaan font yang lainnya, yang memungkinkan CV kamu tidak terdeteksi oleh sistem.

6. Simpan dengan format file yang benar

Format yang bisa dibaca oleh sitem ATS adalah DOC yang umum. Kamu juga bisa diminta untuk upload CV dalam format PDF oleh peruahaan tertentu. Format PDF lebih mudah untuk dibaca saat proses screening oleh rekruter.

7. Lakukan test ATS

Lakukan test CV dengan tester online dan minta pendapat dengan rekanmu yang sudah pernah membuat CV ATS. Gunakan tester inline untuk menge-test CV yang telah kamu buat. Pastikan CV bisa terbaca ATS tester, mudah dibaca manusia, sesuai format ATS Friendly, tidak ada typo.

Contoh CV Lolos ATS

Contoh CV ATS | Sumber : www.bikincv.com
Contoh CV ATS | Sumber : www.bikincv.com

Di atas adalah contoh CV ATS Friendly yang baik dan benar. Jika kamu ingin membuat CV dengan template di atas, langsung saja buat di BikinCV. BikinCV menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang kerap kebingungan dalam membuat CV, terutama CV ATS Friendly, karena disini sudah disediakan beberapa template yang sesuai dengan kentuan sistem ATS. Kamu juga bisa membuat CV Bahasa Inggris atau menggunakan Bahasa Indonesia. Terlebih, BikinCV menyediakan fitur-fitur menarik yang dapat memudahkan kamu dalam membuat CV lamaran kerja.

Sekian Contoh CV lolos ATS Friendly untuk melamar kerja, Semoga bermfaat dan dapat membantu kamu yang berkeinginan membuat CV lolos ATS. Simak berbagai informasi menarik lainnya seputar contoh CV, surat lamaran kerja dan informasi tentang dunia kerja lainnya. Serta informasi tentang rumah kos murah dan tips kos yang menarik untuk kamu hanya di Cari-kos Blog.