Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Diberbagai Bidang – Saat akan melamar pekerjaan tentunya anda akan membawa surat lamaran kerja bukan?. Mungkin surat ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda karena sangat diperlukan. Menjadi sesuatu yang wajib saat anda melamar pekerjaan selain CV (Curriculum Vitae) yang juga digunakan dalam proses melamar pekerjaan.

Bagi perusahaan, surat lamaran kerja ini sangat penting karena perusahaan menjadi lebih tahu apa motivasi anda ingin melamar kerja di perusahaan tersebut. Selain itu, perusahaan juga dapat mengetahui tentang data diri dan latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja yang sudah kamu punya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Pada saat anda membuat surat lamaran kerja, sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu posisi pekerjaan yang akan anda lamar. Agar, anda lebih jelas pada saat menulis isi pada surat lamaran kerja ini. Jangan lupa untuk menyertakan informasi tentang keahlian anda dan pengalaman anda yang sesuai dengan yang pekerjaan yang anda lamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Diberbagai Bidang
Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Diberbagai Bidang | Image Source : Pexels.com

Dalam penulisan surat, anda harus menunjukan kepada manager sedikit informasi mengapa anda adalah kandidat yang baik untuk bisa diterima pada perusahaan tersebut. Selain itu, ada beberapa hal penting lain yang berkaitan dengan penulisan surat lamaran kerja umum diberbagai bidang :

  1. Harus Efektif

Surat lamaran tidak hanya berfungsi sebagai duta bagi si pengirimnya, akan tetapi juga harus dapat menarik perhatian dari calon atasan atau perusahaan. Jika surat lamaran ditulis secara efektif, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan balasan yang cukup baik dari pihak perusahaan.

  1. Ketahui siapa pembaca surat lamaran anda

Yang perlu diingat adalah anda menulis surat untuk melamar kerja, bukan sedang menulis surat cinta. Jadi harus tahu dan paham siapa saja yang nantinya akan membaca surat lamaran kerja anda, jadi buat yang paling terbaik dan profesional.

  1. Perhatikan susunan isi surat lamaran

Saat menulis surat lamaran kerja, anda harus memperhatikan dengan baik karena surat lamaran yang baik dan benar tidak terlepas dari susunan isi yang saling berkesinambungan.

  1. Sesuaikan dengan kualifikasi yang ada

Sebaiknya, anda tidak mencoba-coba untuk mengirim surat lamaran kerja dengan kualifikasi pekerjaan yang tidak terdaftar dalam lowongan pekerjaan yang ada. Maka, anda harus memeriksa kembali apakah kualifikasi pekerjaan yang anda inginkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak SDM (sumber daya manusia) dari perusahaan yang anda lamar.

  1. Kualifikasi CV ( Curriculum Vitae)

CV yang baik harusnya mempunyai beberapa hal berikut yaitu bersifat objektif, memuat riwayat pengalaman kerja yang anda miliki, membuat riwayat pendidikan anda, memuat keahlian dan kualifikasi anda, serta beberapa data pribadi anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Diberbagai Bidang

 

Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 10 Juli 2019

Kepada Yth.
HRD CIMB NIAGA FINANCE
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama Lengkap                      : Sempruliawan Megandas
Tempat & tanggal lahir        : Jakarta, 18 Agustus 1988
Alamat                                     : JL. KH. Mas Mansyur No. 17 Jakarta Pusat, Kebon Kacang, Kec. Tanah Abang.
No Tlp                                      : 081 999 017 662

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan CIMB NIAGA FINANCE untuk dapat diterima menjadi staff karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto 4×6 (2 lembar)

Demikian surat yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan berikut, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Nanda Prawira Dinata

Download Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Diberbagai Bidang disini.

Sekian Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Diberbagai Bidang Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang membuat surat lamaran kerja. Mau melamar salah satu Lowongan Kerja Jakarta atau Loker Jakarta jangan lupa untuk lamar menggunakan contah surat diatas ya. Semoga sukses!