Biaya Bangun Kos 15 Kamar – Apakah kamu tertarik untuk memiliki sebuah usaha ? Pada saat ini usaha kos – kosan menjadi usaha yang menarik karena memiliki permintaan yang besar di masyarakat.

Dalam memulai sebuah bisnis kos – kosan banyak yang perlu kamu siapkan dan diperhitungkan dalam berbagai aspek. Berikut panduan bagi kamu tentang biaya membangun kos 15 kamar yang dilansir dari yukbisniskost.com.

Biaya Bangun Kos 15 Kamar 

Kos - kosan
Kos – kosan | Sumber : Pinterest

Kamu akan dapat memproyeksikan berapa biaya untuk membangun kos dari awal termasuk biaya pembelian tanah sampai finishing. Berikut uraian biaya – biayanya.

Simulasi Biaya Bangun Kos  

Misalkan, kamu ingin membuat kos – kosan dengan luas kamar 3×4 yang dibangun pada tanah sekitar 12 meter persegi. Lalu, misalnya kita katakan harga tanahnya sebesar Rp 1.250.000/meter persegi.

Anggap saja biaya pembangunan 1 kamar kos menghabiskan biaya sebesar Rp 2.500.000/meter persegi. Jadi perhitungannya menjadi seperti berikut:

  • Biaya Pembelian Tanah : 120 m² x Rp 1.250.000 = Rp 150.000.000
  • Biaya Pembangunan Kos 1 kamar :  12 m² x Rp. 2.500.000 = Rp 30.000.000

Mengacu pada perhitungan diatas, maka kamu mendapatkan berapa besaran biaya yang kamu butuhkan untuk membuat 1 kamar kos. Jadi untuk membangun 15 kamar kos perhitungannya sebagai berikut:

  • Biaya Membangun 15 Kamar Kos : Rp 30.000.000 x 15 kamar = Rp 450.000.000

Dengan demikian, biaya bangun kos 15 kamar yaitu sebesar:

  • Rp 150.000.000 + Rp 450.000.000 = Rp 600.000.000

Perhitungan Balik Modal 

Pasti tersirat dipikiranmu tentang pertanyaan kapan akan balik modal ? Mengacu perhitungan di atas, kamu dapat memproyeksikan kapan usahamu ini akan balik modal. Berikut ini terdapat gambaran balik modal berdasarkan dengan perhitungan kos 15 kamar di atas.

Misalkan kamu mematok harga sewa sebesar Rp 500.000, kapan sekiranya kamu akan balik modal di usaha ini ?

Jadi, kamu menyewakan kos – kosan sebanyak 15 kamar, maka dari itu, 1 kamar harus mencapai total harga sewa sebesar Rp 40.000.000. Hasil itu didapatkan dari Rp 600.000.000 : 15 kamar. Uang sewa sebesar Rp 40.000.000 akan didapatkan apabila kos – kosan mu disewa secara penuh sekitar 80 bulan.

Adapun perhitungannya seperti berikut:

  • Jangka Waktu Balik Modal Rp 40.000.000 : Rp 500.000 = 6,7 tahun

Jadi, mengacu pada proyeksi perhitungan diatas, kemungkinan kamu akan balik modal dalam 6,7 tahun atau 7 tahun. Perlu kamu ketahui, perhitungan tersebut bisa saja berbeda karena dipengaruhi banyak faktor. Namun kamu bisa menggunakan perhitungan diatas hanya saja sesuaikan dengan biaya – biaya dan kemampuan kamu dalam membangun sebuah usaha kos.

Tips Untuk Mengembangkan Bisnis Kos 15 Kamar

Setelah menyelesaikan pembangunan kos kamu, terdapat beberapa hal penting yang harus kamu pikirkan. Perlu kamu ketahui terdapat beberapa kegiatan yang harus kamu lakukan agar bisnis kos yang kamu bangun berjalan lancar dan memberikan keuntungan bagi kamu. Berikut ini adalah tips untuk mengembangkan bisnis kos kamu.

1. Urus Surat Perizinannya Bangun Kos 

Mengurus perizian dari kos yang kamu bangun adalah salah satu hal yang wajib untuk kamu lakukan. Mulai dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta izin – izin penting lainnya. Bahkan, kamu juga harus meminta izin kepada masyarakat sekitar demi kebaikan bersama di lingkungan tersebut. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengurangi resiko buruk yang bisa terjadi kedepannya.

2. Selalu Jaga Kebersihan Kamar Kos 

Penting bagi kamu untuk selalu memperhatikan kebersihan dari usaha kos-kosan kamu. Karena, yang menyewa kos kamu akan lebih betah dan nyaman untuk tinggal jika kos yang mereka bersih dan terawat. Oleh karena itu, kamu harus rutin membersihkan lingkungan sekitar kos kamu, agar kebersihannya tetap terjaga dan membuat penghuni kos merasa nyaman.

3. Keamanan 

Agar penghuni kos merasa aman, kamu harus meningkatkan tingkat keamanan kos kamu. Pada saat ini, tingkat kriminalitas sangat tinggi apalagi di kota – kota besar seperti Jakarta. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk meningkatkan keamanan usaha kos kamu, seperti memasang CCTV disetiap sudut rumah kos atau kamu juga dapat menyewa satpam atau keamanan setempat untuk berjaga. Dengan hal tersebut, penghuni kos akan lebih nyaman untuk tinggal dan tidak ragu untuk menyewa kos milik kamu.

4. Promosikan Kos Kamu

Agar kamu diketahui dan banyak orang berminat menyewa kos yang kamu bangun, kamu harus mempromosikannya. Kamu dapat mempromosikannya di berbagai sosial media atau website iklan properti, seperti cari-kos.com

Nah, di atas tadi sudah dijelaskan panduan lengkap untuk kamu tentang Biaya Bangun Kos 15 Kamar beserta perhitungan dan tips untuk mengembangkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis kos – kosan. Simak artikel menarik lainnya di Blog cari-kos.