Contoh Surat Pernyataan Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik Dan Benar – Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi masa kini yang dapat kita rasakan pada saat ini. Komunikasi dengan saudara yang jauh pun kita tidak perlu menggunakan surat lagi, lebih cepat menggunakan handphone. Penggunaan surat sebagai media komunikasi sekarang ini memang sudah semakin jarang kita temukan lagi. Handphone menjadi barang yang sangat penting untuk berkomunikasi dengan cepat dan dapat terhubung ke berbagai daerah. Terlebih untuk tujuan komunikasi secara pribadi. Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan media telepon, chatting, maupun email untuk melakukan komunikasi. Namun sepertinya hal tersebut hanya berlaku untuk komunikasi perseorangan. Sebab terbukti sampai sekarang ini media surat masih sering dipergunakan oleh berbagai perusahaan, instansi, lembaga, maupun organisasi. Hingga saat ini masih digunakan sebagai media komunikasi yang bersifat formal.

Surat juga seringkali dipergunakan oleh perseorangan yang ditujukan kepada suatu organiasaiatau lembaga untuk menyatakan ketidakhadiran. Salah satunya adalah contoh surat tidak masuk sekolah. Surat izin ini biasanya ditujukan kepada yang berhubungan dengan kepentingan seseorang. Misalnya, seperti surat izin tidak masuk sekolah.

Surat Pernyataan Izin Tidak Masuk Sekolah

Contoh Surat Pernyataan Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Pernyataan Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar | Image Source : Pexels.com

Surat izin tidak masuk sekolah adalah salah satu surat formal yang dikirimkan atau akan diberikan kepada wali kelas. Pada surat ini berisi pernyataan bahwa salah satu siswa tidak dapat mengikuti pelajaran pada hari itu. Berisikan pernyataan tidak masuk sekolah menyatakan alasan kenapa siswa tersebut tidak sekolah. Dalam pembuatan surat ini, pernyataan yang dibuat haruslah benar terjadi dan tidak direkayasa. Ditambah lagi berisikan tanda tangan orang tua siswa yang bersangkutan agar tidak digunakan dengan sembarangan.

Tujuan Pembuatan Surat

Ada beberapa tujuan pembuatannnya, berikut tujuannya :

  1. Untuk memberitahukan kepada Wali kelas bahwa salah satu siswa izin sekolah.
  2. Sebagai tanda bukti siswa izin sekolah karena alasan tertentu.
  3. Menghindari siswa bolos sekolah
  4. Surat formal yang berisikan tanda tangan orang tua sebagai agar tidak disalah gunakan.

Prosedur Pembuatan Surat

  1. Kop Surat
  2. Tanggal dan tempat pembuatan surat
  3. Tujuan pengiriman surat
  4. Salam pembuka
  5. Kalimat pembuka surat
  6. Identitas siswa
  7. Isi surat
  8. Salam penutup
  9. Tanda tangan orang tua

Sementara biasanya setiap sekolah atau perusahaan memiliki beberapa aturan mengenai izin untuk ketidakhadiran seseorang baik dalam sekolah ataupun pekerjaan. Jika dala sekolah biasanya memiliki kelonggaran, sehingga yang bersangkutan dapat meminta izin untuk tidak masuk dalam waktu yang tidak ditentukan. Dibawah ini akan diberikan contoh surat izin untuk anak tidak masuk sekolah yang bisa digunakan sebagai refrensi ketika hendak membuat surat izin :

Contoh Surat Pernyataan Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar

 

Surat Izin

Denpasar , 10 Oktober 2018
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII MIPA 5
SMA Negeri 1 Denpasar

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Gst. Bagus Suaraham Ardita Nararya
Siswa : XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Denpasar
Alamat : Jl. Sulatri, Kesiman, Denpasar

Ingin memberitahukan bahwa pada hari ini Rabu, 10 Oktober 2018 anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa, dikarenakan sakit. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII MIPA 5 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih banyak.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Gst. Nyoman Bagus Sudana Artdita Nararya, S.Ag

Download Contoh Surat disini.

Sekian Contoh Surat Pernyataan Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik dan Benar dari kami. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang mencari contoh surat izin sekolah.