Contoh Surat Pernyataan Tidak Bekerja Yang Baik Dan Benar – Surat pernyataan tidak bekerja memang sangat diperlukan saat ini untuk berbagai keperluan. Contohnya saja saat ingin mendaftar ke tempat pelatihan kerja, anda harus memiliki surat pernyataan belum bekerja. Sebut saja Rabella anak lulusan tahun ini yang sangat ingin mengikuti pelatihan di salah satu tempat pelatihan kerja. Rabella sangat ingin mengikuti pelatihan karena dia belum pernah bekerja sebelumnya sehingga belum memiliki pengalaman dalam bekerja. Namun, ketika mendaftar, Rabella ditanya tentang surat pernyataan belum bekerja, sontak membuat Rabella kebingungan dan bertanya tentang cara pembuatannya.

Dewasa ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui tentang surat pernyataan belum bekerja. Masih banyak orang yang kebingungan dengan surat pernyataan belum bekerja dan cara pembuatannya. Sebaiknya, pahami terlebih dahulu tentang cara pembuatannya agar anda tidak keliru. Karena digolongkan surat formal, maka yang bertanda tangan harus membuat surat dengan bahasa yang baku, singkat, padat dan jelas.

Apa yang dimaksud surat pernyataan tidak bekerja ?

Contoh Surat Pernyataan Tidak Bekerja Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Pernyataan Belum Bekerja Yang Baik dan Benar | Image Source : Pexels.com

Surat yang menyatakan bahwa orang yang bertanda tangan didalamnya, benar-benar sedang tidak memiliki ikatan pekerjaan di perusahaan atau instansi manapun. Dikeluarkan lengkap berisi data diri yang bertanda tangan dan pernyataan bahwa tidak bekerja, berisi materai dan tanda tangan.

Surat ini biasanya dikeluarkan untuk menyatakan bahwa benar tidak sedang bekerja. Dikeluarkan untuk  mengurus sesuatu, contohnya mengurus tentang pengurusan pajak, melamar pekerjaan , mendaftar ke badan pelatihan kerja, untuk urusan kampus. Jadi, apa yang dinyatakan di dalamnya haruslah yang sebenarnya, tidak boleh ada rekayasa sedikitpun.

Format yang digunakan masih sama dengan surat formal pada umumnya, tetap menaati kaidah-kaidah pembuatan surat formal pada umumnya, sebagai berikut :

  • Judul Surat
  • Data Diri
  • Isi Surat
  • Tangga Surat
  • Tanda Tangan

Berikut kami akan berikan Contoh Surat Pernyataan Belum Bekerja Yang Baik dan Benar untuk anda yang masih kebingungan dalam pembuatannya. Yuk simak contoh berikut.

Contoh Surat Pernyataan Tidak Bekerja Yang Baik dan Benar

 

SURAT PERNYATAAN BELUM BEKERJA

 

Saya, yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                                       : Rabella Setyar Arini Alila

Jenis Kelamin                        : Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir        : Bandung, 11 Januari 2000

Warga Negara                        : Indonesia

Agama                                     : Islam

No. KTP                                   :

Alamat                                     : Jl. Bahureksa, Bandung

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya hingga saat ini belum bekerja.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dan saya tanda tangani dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari surat pernyataan ini tidak benar atau keterangan yang saya berikan palsu, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa melibatkan pihak Kelurahan Citarum atau Pihak Kecamatan Bandung Wetan

Bandung, 15 Juli 2018

Yang Mengetahui,                                                                       Yang Menyatakan,

Saksi I            : …………………..                                                         [materai 6000]

Saksi II           : …………………..                                                   …………………………………..

 

Download Contoh disini.

Sekian Contoh Surat Pernyataan Tidak Bekerja Yang Baik dan Benar. Somoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan mencari contohnya.