Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah– Pemilihan warna cat rumah dapat mempengaruhi suasana dan karakter dari rumah itu sendiri. Karena itulah, pemberian cat warna pada rumah harus dipikirkan matang-matang agar sesuai dengan fungsi ruang di dalam rumah dan juga sesuai dengan kepribadian dari sang penghuni rumah itu sendiri.

Pada lingkaran warna sendiri, ada 3 warna primer yaitu merah, kuning dan biru. 3 warna sekunder yaitu jingga, ungu dan hijau. Serta berbagai macam warna tersier yang merupakan hasil dari perpaduan warna primer dan sekunder. Setiap warna sendiri juga memiliki karakter, seperti warna merah, jingga, kuning dan turunannya masuk ke dalam kategori hangat. Sedangkan warna biru, ungu, hijau dan turunannya memiliki kesan dingin.

Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah
Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah

Untuk memilih warna yang tepat untuk cat rumah anda, perlu diketahui effect psikologis yang dapat dihasilkan oleh setiap warna. Jadi pikirkan baik-baik sebelum anda mulai untuk memberi cat warna pada dinding rumah anda agar tidak menyesal nantinya ketika hasil yang sudah ada tidak memuaskan. Apa saja effect psikologi yang dapat diberikan oleh warna? Silahkan simak beberapa penjelasan dibawah ini Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah :

  1. Merah

Warna merah adalah warna yang paling cepat ditanggap oleh mata serta dapat membangkitkan semangat. Cocok untuk digunakan di dalam ruang kerja karena warna merah juga dapat meningkatkan aktifitas kita dan berkesan panas.

  1. Jingga

Warna jingga memiliki kesan yang ceria serta dapat merangsang kreativitas kita. Cocok digunakan sebagai warna di ruang tamu karena warna jingga juga dapat menimbulkan kegembiraan dan menyebarkan energi positif.

  1. Kuning

Warna kuning merupakan warna aktif yang memberi kesan menyenangkan. Cocok untuk ruang bermain karena warna kuning juga memberikan effect kebebasan untuk berpikir dan mendorong spontanitas kita.

  1. Hijau

Warna hijau cocok digunakan sebagai warna dinding di dapur dan ruang makan. Karena warna hijau ini dapat menghadirkan suasana sejuk, segar serta berkesan higienis. Di tambah lagi warna hijau juga sering diasosiasikan dengan alam dan pertumbuhan yang dapat menambah nafsu makan kita.

  1. Biru

Warna biru dapat memberikan ketenangan dan perasaan rileks. Cocok digunakan sebagai warna di kamar mandi karena warna biru juga memiliki kesan dingin dan dapat membantu konsentrasi.

  1. Ungu

Ungu merupakan warna unik yang dapat berkesan hangat dan dingin, tergantung dominasi warnanya merah atau biru. Cocok digunakan sebagai warna ruang tidur karena dapat menghadirkan kemewahan dan suasana spiritual.

  1. Merah Muda

Warna murah muda memiliki kesan lembut, feminim dan manis. Cocok digunakan sebagai warna ruang tidur anak perempuan.

  1. Cokelat

Warna Coklat memiliki kesan natural dan hangat serta tidak mudah terlihat kotor. Cocok digunakan sebagai warna di ruang duduk dan dapur.

 

Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah
Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah

Masing-masing warna memiliki gradiasi terang dan gelapnya masing-masing sehingga dapat mempengaruhi suasana yang dihasilkan. Saat memilih kombinasi warna cat untuk dinding rumah anda, ada baiknya anda tidak mencampurkan lebih dari 2 warna kontras dalam satu ruangan agar tidak memberikan kesan yang berat. Dan kalian harus memperhatikan dalam Memilih Warna Cat Rumah Minimalis.

Perpaduan warna yang berdekatan dalam lingkaran warna dapat menciptakan suasana ruang yang tenang, nyaman dan harmonis. Begitu juga dalam pemilihan warna yang monokromantik atau satu warna dan gradasinya dapat memberikan kesatuan teman dalam ruangan. Kalian harus memperhatikan Kesalahan Ketika Mengecat Furniture

Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah
Tips Memilih Warna Untuk Cat Rumah

Satu hal yang harus selalu di ingat dalam memilih warna cat rumah anda, karena warna berinteraksi langsung dengan mata, maka pilihkan warna cat yang menyenangkan dan serasi dengan warna furniture yang ada di dalam ruangan.