Tips Mencari Kos di Kota Jogja – Bagi anda yang merencanakan untuk berkuliah atau bersekolah di Kota Jogja yang terkenal dengan Kota Pelajar, anda perlu mempersiapkan dan memikirkan banyak hal terlebih dahulu. Kondisi hidup sendiri dan jauh dari orang tua akan menuntut anda mandiri dan mengurusi semuanya sendirian. Bukan hal yang tidak mungkin pastinya, tetap anda perlu mempersiapkannya terlebih dahulu. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan ketika anda akan tinggal di kos di Kota Jogja?

Tips Mencari Kos di Kota Jogja
Tugu Jogja sebagai Icon Kota Pelajar

Hal pertama yang mungkin bisa anda manfaatkan adalah chanel atau kenalan anda yang sudah terlebih dahulu tinggal di Jogja. Mereka bisa menjadi sumber informasi bagi anda. Pastinya mereka akan memiliki rekomendasi dan pilihan yang terbaik untuk anda.

Pasti anda akan memilih kos yang paling dekat dengan kampus anda, iya bukan? Justru di area sekeliling kampus, ada banyak sekali kos yang ditawarkan dan anda perlu pikirkan untuk memilih yang terbaik. Tetapi anda perlu menyadari bahwa ada untung dan ruginya bagi anda yang ingin menyewa kamar kos di dekat kampus. Simak Tips Memilih Kos di bawah ini.

Tips Mencari Kos di Kota Jogja
Kamar Kos di Yogyakarta

Tips Mencari Kos 

Berbagai alasan simpel yang ternyata menguntungkan anda tinggal di dekat kampus mungkin tidak anda sadari. Pertama, anda akan sangat mudah bersosialisasi dengan teman sekampus. Kedua, anda mungkin tidak lagi memerlukan alat transportasi untuk berangkat ke kampus, karena anda cukup berjalan kaki saja. Apalagi jika anda adalah aktivis dan harus bolak balik ke kampus dalam sehari, anda tidak perlu khawatir ribet dengan transportasi ketika anda bolak balik kos dan kampus.

Jika anda bangun tidur cukup mepet dengan jadwal kuliah, jangan khawatir, karena anda hanya membutuhkan waktu yang tidak lama untuk tiba dikampus. Selain itu, yang cukup penting adalah ketersediaan logistik, misalnya makanan atau peralatan kuliah. Jika anda sudah tinggal di area dekat kampus, maka anda akan menemukan banyak sekali tempat makan, toko alat tulis, dan tempat-tempat lain yang menunjang kehidupan anda sebagai mahasiswa.

Tips Mencari Kos di Kota Jogja
Kamar Kos di Yogyakarta

Dibalik banyak kelebihan, ada juga beberapa kekurangan kos-kos yang ada di dekat kampus. Pertama, mungkin harganya cukup mahal dibandingkan area kos yang lain. Kedua, privasi anda akan terganggu, karena kos di dekat kampus kadang dijadikan basecamp teman-teman anda yang mau istirahat atau menunggu jam kuliah. Terkadang juga akses ke dalam kos agak susah dan sempit, karena semua area kosong dijadikan kos dan disewakan, dan jalanannya menjadi sangat sempit.

Tips Mencari Kos di Kota Jogja
Kamar Kos di Yogyakarta

Percayalah, jika anda ingin memilih kos di Jogja, anda tidak akan pernah menyesal, karena kos di Jogja sungguh nyaman. Hampir semua area kos adalah area kondusif, dan dekat dengan kebutuhan anda sehari-hari sebagai anak kos maupun sebagai mahasiswa. Harga sewa kos di Jogja juga lumayan murah, dan sesuai dengan fasilitas yang ada. Pastikan, jika anda ingin menyewa kamar kos, anda harus benar-benar yakin dengan fasilitas yang di dapat dan sudah membandingkan dengan beberapa kamar kos yang lain.