Apa Sebenarnya Fungsi Jendela Rumah? – Menarik untuk kita mempelajari fungsi jendela secara lengkap. Dapat dipastikan bahwa di semua bangunan akan memiliki jendela. Tetapi apakah semua orang sudah mengetahui tentang fungsi jendela tersebut?

Jenis Jenis Jendela

Jendela bangunan bermacam-macam bentuknya, mulai dari yang persegi atau persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan bahkan juga bentuk-bentuk yang abstrak. Dengan meninggalkan bentuk jendela yang ternyata tidak mempengaruhi fungsi dan kegunaan jendela, jendela sangat wajib memenuhi kebutuhan seluruh ruangan. Perbedaan bahan pembuat gawang jendela juga tidak mempengaruhi fungsinya.

rumahminimalismediadotcom
Fungsi Jendela Sangat Penting Sumber : rumahminimalismedia.com

Nah, lalu apa sebenarnya fungsi jendela itu? Jendela berfungsi sangat penting sebagai jalur sinar matahari yang masuk dari luar rumah ke dalam ruangan. Hal ini sangat penting karena sinar matahari yang masuk ke dalam setiap sudut ruangan akan membantu membunuh kuman ataupun bakteri yang akan menimbulkan berbagai penyakit. Selain itu, tentunya cahaya matahari akan menggantikan cahaya lampu di siang hari yang tidak perlu dinyalakan.

desainrumahnyadotcom
Fungsi Jendela Sangat Penting Sumber : desainrumahnya.com

Manfaat Jendela

Manfaat jendela untuk penghuni rumah yang lain adalah sebagai media untuk sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah, sehingga keadaan rumah anda tidak pengap ataupun lembab dan apek. Dengan jendela yang dibuka, maka udara yang ada di dalam rumah akan ditukar dengan udara baru yang lebih fresh dan bersih dari luar ruangan. Kelebihan jendela yang lainnya adalah bisa menjadi sarana untuk melihat kondisi luar rumah, dan menjadi sarana relaksasi mata ataupun pikiran.

Apalagi jika lingkungan luar rumah anda masih banyak pepohonan yang asri. Maka jika jendela anda buka, anda bisa lebih menyatu dengan alam dan lingkungan. Fungsi lain yang secara tidak sengaja bisa digunakan adalah sebagai pintu darurat jika di dalam rumah terjadi musibah dan tidak memungkinkan anda dan keluarga keluar dari pintu utama, misalkan terjadi kebakaran, dan lainnya.

berlinhappensdotwcom
Fungsi Jendela Sangat Penting Sumber : berlinhappens.com

Kemudian, fungsi yang lain dari jendela yang ada di rumah anda adalah sebagai dekorasi ataupun pemanis rumah. Jika rumah anda yang mewah dan besar dibangun tanpa adanya jendela, maka akan terlihat sangat aneh. Bahkan orang akan merasa ada sesuatu yang hilang, sehingga rumah mewah anda jadi terlihat tidak menarik lagi. Pada saat kalian menaruh barang harus melihat dari arah feng sui agar tepat.

Buat kamu yang lagi cari Info Kost di Jakarta atau Cari Apartemen di Jakarta, artikel ini tentu sangat berguna karena tanpa jendela, kamar yang tidak menggunakan AC akan pengap dan lembab. Sekian dulu ya, semoga artikel ini membantu kamu Cari Kos yang nyaman buat kamu.