Berapa Biaya Untuk Membangun Kos 10 Kamar? Simak Rincian Biayanya – Ingin menjadi juragan kost? Yuk simak biaya pembangunannya disini.

Banyak yang ingin berbinis kos-kosan yang katanya banyak memberikan keuntungan. Tentunya memulai bisnis ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebelum memulainya, tentu saja anda harus meperhitungkan biaya yang akurat dan teliti dalam berbagai aspek. Terlebih modal yang diperlukan sangatlah besar dan dengan perkiraan balik modal yang tidak menentu.

Pada umumnya, orang-orang yang ingin memulai bisnis kos-kosan ini biasanya akan membangun 5 sampai 10 kamar. Tentu modal yang harus anda perlukan juga besar. Untuk mendapatkan gambaran berapa modal yang diperlukan dalam membangun kos 10 kamar, kami akan berikan anda uraiuan biaya membangun kos 10 kamar yang kami lansir dari yukbisniskost.com.

Biaya Membangun Kos 10 Kamar

Berapa Biaya Untuk Membangun Kos 10 Kamar? Simak Rincian Biayanya
Ilustrasi Kost | Image Source : Pinterest

Disini kami akan mengulas biaya pembangunan mulai dari nol, jadi kami akan mengulas semua biasa termasuk pembelian tanah. Untuk itu, perhatikan uraian biaya yang kami berikan berikut ini.

Simulasi Biaya Pembangunan

Sebagai contoh, anda hendak membangun rumah kos dengan luas kamar 3×4 dengan luas tanah sekitar 12 meter persegi. Lalu, harga tanah dapat kita katakan sebesar Rp. 1 juta rupiah per meter perseginya. Maka, biaya pembangunan kos per kamar diperkirakan menyentuh angka Rp. 2 juta per meter persegi, dengan rincian sebagai berikut :

  • Biaya pembelian tanah : 120 m² x Rp.1.000.000 = Rp.120.000.000
  • Biaya pembangunan kos 1 kamar : 12 m² x Rp. 2.000.000 = Rp.24.000.000

Berdasarkan perhitungan diatas, maka anda akan mendapatkan perhitungan untuk 10 kamar

Jadi, baiaya pembangunan kos 10 kamar = Rp.24.000.000 x 10 kamar = Rp.240.000.000

Dengan demikian, biaya pembangunan kos 10 kamar yang anda perlukan adalah :

Rp.120.000.000 + Rp.240.000.000 = Rp.360.000.000

Perhitungan Balik Modal

Kapan balik modal? Tentunya pertanyaa ini kerap kali timbul dalam sebuah bisnis. Berdasarkan uraian diatas tentang pertihungan pembangungan, kita dapat mengandaikan kapan akan bisa balik modal. Berikut kami akan memberikan gambaran balik modal berdasarkan hitungan pembangungan kos 10 kamar diatas.

Misalkan harga sewa yang anda akan kenakan per kamar tersebut Rp.400.000, kapan akan balik modal?

Jadi, kamar yang disewakan tersebut sebanyak 1o kamar. Maka per kamar mesti mencapai total harga sewa sebesar Rp.36.000.000 yang di dapat dari Rp.360.000.000 : 10. Uang sewa sebesar Rp.36.000.000 ini akan anda dapatkan apabila kamar disewa sekitar 90 bulan.

Perhitungannya seperti ini :

Rp.36.000.000 : Rp.400.000 = 7,5 (tahun)

Jadi, sesuai dengan perhitungan diatas, maka anda akan balik modal dalam kurun waktu 7,5 tahun atau sekitar 90 bulan. Perlu diketahui, perhitungan tersebut bisa saja berubah tergantung kebutuhan dan faktor-faktor lainnya. Anda tentunya dapat menyesuaikan angka-angka dengan kemampuan anda. Namun, metode dan caranya kurang lebih sama dengan simulasi di atas.

Tips Sukses Bisnis Kos Dengan 10 Kamar

Berapa Biaya Untuk Membangun Kos 10 Kamar? Simak Rincian Biayanya
Ilustrasi Rumah Kos | Image Source : Pinterest

Setelah bangungan kos telah rampung dibangun, tentunya anda beberapa tips agar perhitungan balik modal sesuai dengan rencana awal. Selain itu juga, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar bisnis kos yang anda jalani akan terus berkelanjutan dan memberikan hasil yang optimal.

1. Mengurus surat perizinan

Penting untuk anda lakukan terkait kos-kosan yang anda bangun ialah dengan mengurus perizian. Mulai dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta beberapa hal penting lainnya. Bahkan, anda juga harus meminta izin kepada tetangga sekitar demi kebaikan bersama di lingkungan tersebut. Hal ini perlu anda lakukan untuk mengurangi resiko buruk yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

2. Promosikan kos

Tentunya anda harus mempromosikan kos milik anda agar kos dapat terisi dengan penuh. Anda dapat mencoba berbagai macam jenis promosi, salah satunya dengan mempromosikan kos anda pada website pemasangan iklan kos, seperti si cari-kos.com dengan mudah.

3. Keamanan

Tentunya hal satu ini jangan sampai terlewatkan. Demi kenyamanan penghuni kos, anda juga dapat memberikan keamanan dengan meningkatkan keamanan. Seperti yang kita ketahui, kejahatan bisa saja terjadi dimana-mana dan tak pandang bulu. Maka dari itu, penting bagi anda untuk meningkatkan keamanan, seperti memasang CCTV disetiap sudut rumah kos atau anda juga dapat menyewa satpam atau keamanan setempat untuk berjaga. Dengan ini, penghuni kos akan lebih nyaman untuk tinggal dan tidak ragu untuk menyewa kos milik anda.

4. Perhatikan Kebersihan 

Selain keamanan, anda juga perlu memperhatikan kos dan sekitar kos. Karena, penyewa kos akan betah dan akan nyaman untuk tinggal jika kos yang mereka tempati ketika kos tersebut bersih dan terawat. Maka dari itu, anda harus rutin membersihkan lingkungan sekitar kos anda, agar kebersihannya tetap terjaga dan membuat pengghuni kos merasa nyaman.

Sekian artikel tentang Biaya Untuk Membangun Kos 10 Kamar beserta rinciannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk berbisnis kos-kosan. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos Blog.