Contoh Surat Kuasa Untuk Pengambilan Uang di Bank. Ternyata Mudah! – Saat pengurusan berbagai surat, yang bersangkutan memang diwajibkan untuk datang. Namun, terkadang yang bersangkutan tidak dapat hadir dan memilih diwakilkan. Saat memilih untuk diwakilkan, yang bersangkutan harus menyertakan surat kuasa sebagai bukti ketika ingin diwakilkan. Sama halnya saat anda tidak dapat hadir ketika pengambilan uang pada bank, anda disarankan untuk membuat surat kuasa pengambilan uang di bank.

Surat kuasa memang sudah lumrah digunakan oleh banyak orang. Namun tidak menutup kemungkinan jika masih banyak orang belum memahami tentang surat kuasa tersebut. Kurangnya pemahaman dengan cara pembuatan surat kuasa yang baik dan benar terkadang membuat orang yang belum mengerti kebingungan. Nah, ada baiknya sebelum membuat surat kuasa, anda harus memahami tentang cara pembuatannya agar tidak salah.

Apa Yang Dimaksud Surat Kuasa Untuk Pengambilan Uang di Bank ?

Contoh Surat Kuasa Untuk Pengambilan Uang di Bank. Ternyata Mudah!
Contoh Surat Kuasa Untuk Pengambilan Uang di Bank. Ternyata Mudah! | Image Source : Pexels.com

Surat Kuasa Untuk Pengambilan Uang di Bank  adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk memberikan wewenang kepada orang lain. Surat ini berisi wewenang tentang pengambilan uang yang disimpan di bank. Pengambilan uang do bank tidak bisa sembarangan terlebih nama dalam rekening tersebut bukan atas nama kita. Pihak bank mewajibkan kita untuk membuat surat kuasa sebagai pernyataan jika yang bersngkutan memang diwakilkan.

Hal tersebut merupakan peraturan yang berlaku hampir disetiap bank. Peraturan tersebut juga berguna untuk dapat menlindungi nasabahnya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk surat kuasa ini, formatnya masih sama dengan surat kuasa pada umumnya. Pembedanya hanyalah pada isinya yang memberikan kuasa untuk pengambilan uang di bank. Tidak ada pembeda lainnya, yang membedakannya hanyalah pada isi karena surat kuasa dibuat sesuai keperluan.

Sangat disarankan saat membuat surat kuasa, anda harus menulis dengan pernyataan yang jelas. Seperti Seperti identitas pemberi dan penerima kuasa dengan jelas. Tak hanya itu, Sertakan pula nama bank, nama pada rekening dan jumlah nominal yang akan diambil. Bertujuan agar bank dapat mempercayai bahwa yang bersangkutan memang memberikan kuasa untuk untuk mengambil uang pada bank.

Point Penting Dalam Pembuatan Surat Kuasa

Ada beberapa point penting yang harus diperhatikan saat menulis surat kuasa Pengambilan uang ini, antara lain :

  1. Surat kuasa dibuat tanpa ada unsur paksaan atau intimidasi dari pihak manapun.
  2. Surat kuasa yang berkaitan dengan keuangan atau harta benda sebaiknya ditujukan kepada orang yang benar-benar dapat dipercaya contohnya adalah keluarga.
  3. Pemberi dan penerima kuasa haruslah sudah dewasa dan sehat secara jasmani dan rohani.
  4. Menyebutkan secara jelas maksud dan tujuan dari surat kuasa tersebut.
  5. Menyebutkan secara jelas mengenai identitas baik dari pemberi ataupun penerima.
  6. Mencantumkan waktu pembuatan surat kuasa dan masa berlaku dari surat tersebut.
  7. Surat kuasa harus ditanda tangai oleh kedua belah pihak baik dari pemberi ataupun penerima sebagai bukti bahwa adanya kesepakatan yang telah disetujui bersama dan jangan lupa tambahkan materai.

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

 

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

  • Nama Lengkap : Gia Saptana Kusnandar
  • Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 17 Agustus 1992
  • Alamat : Jl. Raya Bojong Gede, Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat.
  • No KTP : 2214211708920003
  • No HP : 082343671161

Yang mana selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Bersamaan dengan surat ini memberikan kuasa kepada :

  • Nama Lengkap : Ajeng Nandandirah
  • Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 10 November 1994
  • Alamat : Jl. Raya Bojong Gede, Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat
  • No KTP : 2214211011940005
  • No HP : 088453337889

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Dengan ini saya selaku Pemberi Kuasa memberikan kuasa kepada istri saya yang bernama Ajeng Nandandirah (Penerima Kuasa) agar dapat melakukan pengambilan uang secara tunai dengan jumlah sebesar Rp. 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) pada rekening Bank Mandiri milik saya, dengan data-data sebagai berikut :

  • No Rekening : 890 258 900 8
  • Atas Nama : Gia Saptana Kusnandar
  • Nama Bank : Bank Mandiri

Hal-hal serta segala resiko yang mana disebabkan oleh Surat Kuasa ini akan menjadi tanggung jawab dari Pemberi Kuasa sepenuhnya. Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Surat ini berlaku hingga 12 Februari 2020

Bojong Gede,  12 Februari 2020

            Penerima Kuasa                                                                                                                                          Pemberi Kuasa

Materai

Ajeng Nandandirah                                                                                                                               Gia Saptana Kusnandar

 

Download Contoh Surat Kuasa Untuk Pengambilan Uang di Bank disini.

Demikian contoh surat kuasa dari kami. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan mencari contoh Surat Kuasa Untuk Pengambilan Uang di Bank yang baik dan benar. Terimakasih.