Contoh Undangan Pernikahan Adat Jawa – Surat undangan adalah jenis surat yang mengandung undangan kepada individu atau kelompok untuk menghadiri suatu kegiatan. Pembuatan surat undangan menjadi suatu keharusan ketika ada acara, baik itu berupa peristiwa adat maupun acara resmi lainnya. Pastinya, kita sudah tidak asing lagi dengan surat undangan ini. Secara umum, surat undangan dapat dianggap sebagai pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang kepada penerima undangan. Isi dari surat undangan mencakup ajakan untuk hadir ke suatu acara pada waktu dan tempat yang telah ditentukan sebelumnya. Setiap surat undangan dibuat sesuai dengan keperluannya, seperti yang sering terjadi dalam acara adat pernikahan sebagai salah satu contohnya.

Pernikahan adalah momen sakral yang merayakan persatuan dua individu dan sering kali dihiasi dengan berbagai tradisi budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri dalam pembuatan undangan pernikahan, mencerminkan keanekaragaman budaya yang kaya di seluruh negeri. Contoh yang menarik dapat ditemukan dalam undangan pernikahan di Bali, yang sering menampilkan keindahan seni tari dan ukiran khas Bali. Sementara itu, undangan pernikahan Adat Batak cenderung memiliki nuansa yang kental dengan simbol-simbol tradisional Batak, seperti ulos dan motif-motif khas. Namun, ketika berbicara tentang undangan pernikahan Jawa, terlihat bahwa unsur budaya Jawa sangat kuat dalam desain dan bahasa yang digunakan. Bahasa Jawa sering digunakan dalam undangan ini, menciptakan nuansa yang khas dan sarat makna. Desainnya pun identik dengan unsur-unsur budaya Jawa, mungkin mencakup motif batik, gambar wayang, atau ornamen tradisional Jawa lainnya.

Walaupun zaman terus berubah, karakteristik adat Jawa tetap dihormati dan dijaga dalam pembuatan surat undangan pernikahan. Hal ini menunjukkan kesungguhan untuk mempertahankan warisan budaya dan nilai-nilai tradisional dalam merayakan momen penting seperti pernikahan. Bagi yang penasaran, berikut ini mungkin beberapa contoh surat undangan pernikahan Jawa yang dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai kekayaan budaya dalam pembuatan undangan tersebut.

Contoh Undangan Pernikahan Adat Jawa

Pasangan Pengantin Adat Jawa
Pasangan Pengantin Adat Jawa – Sumber : Istock

Assalmu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kanthi nyanding sihberkahing Gusti Allah SWT ingkang Maha Asih,

Ing pangangkah kawula sagotrah badhe anglaksanakaken pawiwahan

dhaup saha syukuran anak kulo :

Ayu Juliet

Putri Bapak Juliet & Ibu Juliet

Kaliyan

Ahmad Romeo

Putra Bapak Romeo & Ibu Romeo

Menggah titi wancanipun :

Dinten : Selasa

Surya Kaping : 24 November 2020

Wanci Tabuh : 19.00 – 21.00 Wekdal iring kilen

Manggen Wonten : Jl. Patimura, Kebayoran baru, Jakarta Selatan

Satuhu damel bombong lan bingahing manah kulo sagotrah,

Bilih sarana dhanganing penggalih lan sepen ing sembekala,

Bapak/Ibu/Sedherek kesdu rawuh angestreni saha paring donga pangestu dhateng sang pengantin kekalih

Wusana kawula sagotrah ngaturaken agunging panuwun, saha nyuwun paringing pangkaksami bilih wonten kekirangan lan kelepatan

kulo nuwun pengapunten

Assalmu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Atur taklim kulo :

Keluarga                                                                                Keluarga

Bpk. Soedarmo                                                                    Bpk. Windu Syamsul

Ibu Ningsih Prabalaras                                                      Ibu Hati Susilawati

Menggah Ijab Kabulipun badhe kaangkah ing :

Dinten Sabtu, Surya Kaping 24 November 2020

Wanci : 14.00 wekdal iring kilen

Panggenan : Masjid

Contoh Undangan Pernikahan Adat Jawa diatas dikutip dari weddingku.id.

Undangan Pernikahan adalah salah satu hal yang penting untuk disiapkan. Biasanya undangan pernikahan dibuat dari kertas dan dicetak sesuai dengan jumlah undangan. Namun, seiring perkembangan zaman kamu dapat membuat Undangan Pernikahan Digital untuk menghemat biaya dan dapat lebih mudah di akses oleh tamu undangan.

Nah, sekian Contoh Undangan Pernikahan Adat Jawa yang dapat kamu jadikan sebagai refrensi dalam membuat undangan pernikahan. Simak artikel informatif tentang rumah, kos – kosan dan informasi lainnya selalu di cari-kos.com.