Contoh Surat Resign yang Baik dan Sopan – Pernah mengundurkan diri dari tempat kerja? Atau kamu saat ini ingin mengundurkan diri dari tempat kerjamu? Jangan lupa buat surat resign yang baik dan sopan ya.

Surat resign atau pengunduran diri ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga karena telah kerap digunakan. Meski begitu, tentunya masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat surat satu ini. Untuk itu, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu cara membuatnya, karena merupakan surat formal dan tidak bida dibuat dengan sembarangan.

Apa itu Surat Resign?

Contoh Surat Resign yang Baik dan Sopan
Ilustrasi Surat Resign | Image Source : Shutterstock.com

Surat resign atau pengunduran diri merupakan surat yang dibuat/ditulis sebagai pemberitahuan keinginan yang bertanda tangan di dalamnya untuk mengundurkan diri. Maka dari itu, surat satu ini menjadi syarat administratif dalam mengajukan pengunduran diri pada perusahaan tempat kamu bekerja.

Surat ini tidak bisa dibuat dengan sembarangan, ada beberapa tips dalam menulis surat pengunduran diri. Berikut kami akan berikan beberapa tips dalam mebuat surat surat resign yang baik dan benar.

  1. Isi surat harus dbuat dengan jelas, seperti tujuan dari pengunduran didi dari perusahaan tersebut dan gunakan bahasa yang sopan, baik dan benar.
  2. Cantumkan alasan pengunduran kamu dengan singkat, padat dan jelas. Tak perlu menulis alasan yang berlbelit-belit.
  3. Cari waktu yang tepat untuk membicarakan niat mengundurkan dirimu dari perusahaan pada HRD atau atasan.
  4. Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada atasan perusahaan beserta rekan-rekan satu pekerjaan di perusahaan.
  5. Sebutkan waktu dan tanggal mulai kapan kamu akan mulai resign dari perusahaan dan tentunya jangan terlalu mendadak.
  6. Sebelum resign, jangan sampai meninggalkan sisa kewajiban, iya ingatlah untuk selalu menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang profesional dalam bekerja.

Contoh Surat Resign Yang Baik dan Benar

………….., …………………..

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. …………

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : …………….

Tempat, Tanggal Lahir : …………….

No Pegawai : …………….

Jabatan : …………….

Departemen : …………….

Bekerja : …………….

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. ……………. . Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin ……………. . Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu, serta segenap direksi dan karyawan PT. ……………. .

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

(…………….)

Sekian Contoh Surat Resign yang Baik dan Sopan, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang berkeinginan untuk membuat surat resign. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Cari-kos Blog.

Ingin menyewa hunian seperti kos atau apartemen? Atau ingin pasang iklan untuk hunian yang kamu sewakan? Yuk Cari dan Pasang Iklan Sewa Hunian di Cari-kos.com saja. Jangan lupa untuk follow Instagram @carikosdotcom untuk mendapatkan informasi terbaru.