Bagi kalian yang suka membuat kue, maka kalian sudah tidak asing dengan Baking Soda. Baking Soda adalah salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk membuat adonan kue, misalnya bolu, atau kue kering. Baking Soda akan membuat kue menjadi mengembang. Tapi siapa tahu, selain menjadi campuran adonan kue, Baking Soda ternyata punya kegunaan lain, terutama untuk mendukung kebersihan rumah.

Nah, lalu apa saja manfaat Baking Soda untuk kebersihan rumah?

Pembersih Toilet

Baking Soda bisa menjadi media pembersih toilet yang handal. Taburkan sedikit baking soda ke dalam toilet, kemudian sikat, dan bilas dengan cara di flush. Hasilnya toilet pun bersih tanpa ada kotoran membandel yang tersisa. Dengan adanya Baking Soda, kalian tidak perlu lagi membeli cairan pembersih noda toilet lagi.

anekasharecom
Sumber : anekashare.com

Penghilang Noda Membandel

Noda membandel seperti tinta dan makanan biasanya akan sukar dibersihkan dari pakaian. Untuk itu kalian bisa coba membersihkannya dengan baking soda. Cukup campurkan ¼ gelas baking soda dan deterjen ke dalam mesin cuci. Diamkan selama 30 menit kemudian cuci seperti biasa. Baking soda akan mengangkat kotoran yang susah untuk dibersihkan.

beyond-steelcom
Sumber : beyond-steel.com

Mencuci Buah dan Sayuran

Baking soda juga dapat menghilangkan kuman yang melekat pada sayur dan buah-buahan. Jadi sebelum mengonsumsinya, isi air ke dalam sebuah mangkuk atau panci besar kemudian tambahkan 2-3 sendok makan baking soda. Selanjutnya cucilah buah dan sayuran di mangkuk tersebut. Menurut pakar, membersihkan benda dengan baking soda hasilnya akan jauh lebih baik jika dibandingkan mencuci dengan air biasa saja.

panduanhidupsehatcom
Sumber : panduanhidupsehat.com

Membersihkan Perabotan Dapur

Biasanya dapur akan menghasilkan banyak perabotan memasak yang kotor, terutama kerak-kerak yang membandel. Nah, kalian bisa membersihkannya dengan Baking Soda. Campurkan baking soda, cairan pencuci piring, serta air panas kemudian rendam panci dan wajan selama 15 menit. Setelah itu, gosok dan bersihkan seperti biasa. ALhasil, kerak dan kotoran yang membandel akan hilang seketika.

tipsunikibucom
Sumber : tipsunikibu.com

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Selain kelebihannya untuk membersihkan noda dan kerak, baking soda juga bisa membantu menghilangkan bau tak sedap yang kadang muncul di dalam kulkas. Letakkan baking soda ke dalam wadah dan simpan di dalam kulkas. Dengan sendirinya baking soda akan menetralisir bau tersebut.

Bau lain yang cukup menyengat adalah bau busuk pada tempat sampah. Atasi dengan cara menaburinya dengan baking soda. Kalian juga bisa menyingkirkan bau asap rokok di ruangan dengan menaruh baking soda pada asbak.

infokucom
Sumber : infoku.com

Membersihkan Saluran Air

Saluran air di rumah mampet dan tidak lancar? Jangan khawatir karena ada Baking Soda. Taburkan segelas baking soda dan satu botol air panas ke dalam saluran pembuangan. Dengan cara ini, maka kerak dan kotoran yang ada di saluran tersebut akan hilang, bahkan juga akan menghilangkan bau tak sedap dari dalam saluran air tersebut.

ketahuicom
Sumber : ketahui.com