Pencahayaan adalah aspek yang penting di dalam rumah. Pencahayaan yang bagus adalah yang bisa menyebar sampai ke seluruh sudut ruangan, dan membuat semua hal terlihat dengan jelas. Pencahayaan yang bagus juga datang dari cahaya matahari, karena sinarnya dapat membunuh bakteri yang tersebar di dalam ruangan, termasuk juga jamur-jamur yang timbul karena kelembaban. Tetapi tidak dipungkiri juga, cahaya atau sinar yang ada dalam ruangan terkadang juga akan mengganggu. Hal ini disebabkan karena intensitasnya yang terlalu besar.

Pasti akan tidak nyaman jika pencahayaan terlalu terang di dalam ruangan, sehingga kamu harus mensiasati kondisi tersebut dengan berbagai hal, agar pencahayaan di ruangan pas. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah :

saibot-blogblogspotcom
Kerai Mencegah Cahaya Masuk (Sumber : saibot-blog.blogspot.com)

Kerai atau Gorden

Satu trik yang paling simpel adalah memasang kerai atau gorden untuk jendelamu. Perbedaannya adalah kamu harus memasangnya di luar jendela atau di dalam jendela. Jika kamu memasang kerai, sinar matahari yang sangat terik tidak akan masuk dan mengganggu aktivitasmu. Tetapi dengan kerai juga, sinar matahari akan sedikit masuk ke dalam celah-celahnya, dan membuat ruangan juga lebih fresh.

Cat Dinding

Terkadang orang akan banyak memilih cat dinding yang berwarna putih untuk membuat ruangan menjadi terlihat bersih dan simpel. Tetapi ternyata, cat dinding berwarna putih akan membuat ruangan menjadi silau jika ada sinar yang masuk. Ada baiknya, jika kamu ingin menghindari sinar matahari yang terlalu terang terrasa di dalam ruangan, kamu bisa memilih cat dinding yang berwarna selain putih. Misalnya biru, atau yang lainnya. Kamu juga bisa menggunakan wallpaper agar pemantulan cahaya tidak terlalu maksimal.

Eits, jangan memilih warna yang terlalu gelap juga, seperti hitam atau ungu sangat tua. Kedua warna ini menyerap panas, sehingga walaupun di matamu terasa lebih sejuk, tapi warna ini akan membuat ruangan menjadi semakin gerah.

bibitbungacom
Tanaman Rambat Mencegah Ruangan Panas (Sumber : bibitbunga.com)

Tanaman Rambat

Beberapa rumah menggunakan tanaman rambat untuk mencegah cahaya matahari masuk terlalu panas ke dalam ruangan. Mungkin kamu perlu menerapkan cara ini juga. Tambahkan tanaman rambat di dinding luar tepat kamar itu berada. Tanaman rambat akan melapisi dinding sehingga mencegah sinar matahari menerpa kamarmu secara langsung. Cek kondisi tanaman setiap dua minggu untuk mencegah akarnya merusak dinding rumah.

ciricaracom
Matikan AC & Buka Jendela (Sumber : ciricara.com)

Hemat Energi, Jangan Nyalakan AC

Jika siang hari, sebisa mungkin jangan menyalakan AC. Kalau panas, kamu bisa menggunakan kipas angin. AC yang terkena panas akan membuatnya bekerja lebih keras, sehingga listrik di rumahmu akan lebih boros. Kondisi ruangan juga tidak fresh karena tidak ada udara alami yang masuk. Ada baiknya jika kamu menggunakan kipas angin, atau membuka jendela sedikit saja agar hawa panas sinar matahari yang ada di dalam ruangan bisa keluar dari ruangan tersebut.