Tidak bisa dihindari, menemukan hunian yang besar sekarang sangat sulit. Ada banyak sekali opsi hunian, tapi pasti sebagian besar adalah hunian yang minimalis. Mau tidak mau, hunian yang minimalis tetap harus dimaksimalkan untuk menjadi hunian yang baik. Nah, lalu bagaimana ya agar ruangan yang minimalis bisa tetap maksimal? Inilah beberapa ulasan tips menata ruangan minimalis.

Pasang Krei Jendela

Jika ruangan kalian sempit, usahakan kalian tetap nyaman ada di dalamnya. Nah, untuk ruangan yang sempit, kalian bisa memasang tirai atau krei di jendela. Fungsinya banyak loh! Fungsinya tidak hanya menjaga privasi, namun juga menghalangi pantulan sinar matahari langsung yang mengganggu kenyamanan di ruangan. Bahan pembuat atau model tirai yang kalian gunakan haruslah yang simpel dan minimalis juga. Kalian pasti bisa memilih tirai sesuai selera dan ukuran ruangan bukan?

(Sumber Gambar : i0.wp.com)
(Sumber Gambar : i0.wp.com)

Furnitur Mengambang

Tips kedua adalah memasang perabotan yang tidak menempel secara langsung di lantai. Beberapa inspirasi yang mungkin kalian ketahui adalah perabotan yang menempel di dinding. Selain itu, kalian juga bisa memasang furnitur yang disanggah oleh kaki-kaki beberapa sentimeter. Kesan yang akan dihasilkan adaah sejuk dan luas pada ruangan. Jadi kalian bisa membeli perabot dengan kaki tidak hanya pada sofa, namun juga pada ranjang tidur, lemari, dan kabinet.

Rak Gantung untuk Penyimpanan

Rak gantung merupakan pilihan furnitur yang sangat pas mengisi ruangan sempit dan bergaya minimalis. Modelnya yang simpel dan tidak memiliki sekat membuatnya sangat pas menopang koleksi buku atau perabotan kalian. Kalian tinggal menyesuaikan rak gantung dengan cat dinding yang ada di ruangan. Pastikan warnanya cocok. Dengan adanya rak gantung ini, ruangan akan tetap luas, dan efektif untuk menyimpan barang lainnya.

kamarsempit4 -home-designing.com
Sumber : storage.jualo.com

Karpet Lebar

Kalau ruangan sudah sempit, kalian harus memasang karpet yang lebar, selebar ruangan tersebut. Tutupi semua lantai dengan karpet tersebut. Dengan adanya karpet itu, maka akan ada kesan ruangan yang lebih luas daripada yang sebenarnya.

Hiasan Dinding Lebar

keluarga1
Sumber : rumahkeluarga.com

Sama halnya dengan karpet, mengisi ruangan dengan karya seni gantung seperti foto atau lukisan di dinding  berukuran kecil hanya akan membuat ruangan terlihat sempit. Jadi, sebaiknya pilih pajangan yang proporsional ukurannya untuk mengisi ruangan. Tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Lukisan atau foto pemandangan yang kesannya luas, juga akan membawa suasana ruangan kalian menjadi luas juga.

Tag : Anak Kos