Kamar kos sudah menjadi tempat pulang utama bagi para perantau, terutama para mahasiswa yang berkuliah di luar kota. Tak jarang kamar kos yang disediakan biasanya berukuran kecil yang hanya cukup untuk 1 sampai 2 orang atau kamar dengan ukuran sedang yang bisa memuat hingga 3 orang.

Kamar kos yang kecil tentunya membuat para penghuninya memutar otak supaya tetap bisa digunakan dengan nyaman. Dengan adanya konsep dekorasi kamar kos minimalis dan estetik yang sering ditemukan di kanal YouTube dan juga media sosial saat ini, banyak anak kos yang mengikuti anjuran mendekorasi kamar kos minimalis yang nyaman.

Lalu, apa saja produk yang dibutuhkan untuk menambah kesan estetik pada kamar minimalis, ya? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Kasur yang Nyaman

Sumber : Pexels.com/Geber86

 

Kasur menjadi komponen utama dalam sebuah kamar karena produk satu ini menjadi tujuan utama saat kita memasuki kamar. Tentunya dengan menggunakan kasur yang nyaman membuat kualitas tidur kamu lebih baik lagi. Tidur yang berkualitas dan teratur juga sangat penting untuk menjaga kesehatanmu terutama setelah seharian berkuliah atau bekerja.

Untuk kamar kos berukuran minimalis, kamu bisa gunakan kasur single yang bisa muat satu orang saja. Selain dapat memudahkan kamu saat membereskan tempat tidur, kamu juga bisa menggunakan tempat yang tersisa untuk meletakan benda lain seperti meja kecil untuk belajar atau mungkin lemari kecil tempatmu menyimpan barang.

  1. Wallpaper Dinding

Siapa yang tidak tahu dengan produk andalan satu ini? Produk ini bisa kamu manfaatkan untuk menutupi lubang-lubang kecil yang mungkin ada di dinding kamar kosmu. Dengan menggunakan wallpaper dinding ini kamu juga bisa menghemat waktu daripada mengecat dinding. Selain lebih repot karena harus menunggu cat mengering dan menempel sempurna, bau yang ditimbulkan oleh cat sering kali mengganggu. Bukan hanya itu, wallpaper dinding juga lebih murah dibandingkan mengecat keseluruhan kamar.

Membeli wallpaper dinding akan sangat membantumu membuat kamar kos lebih rapi dan nyaman. Kamu bisa memilih wallpaper dinding tanpa motif dengan warna pilihan warna seperti nude, soft pink, soft blue, atau cream untuk menghadirkan suasana menenangkan dan tetap estetik.

  1. Humidifier dan Air Purifier

Alat pelembap udara ini jarang digunakan di kamar kos, mereka biasanya hanya mengandalkan AC untuk menyejukkan ruangan. Namun, dibandingkan AC yang lama kelamaan membuat kulit kering, humidifier bisa menjadi pilihan yang tepat. Alat ini bekerja dengan memberikan kelembapan yang sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Hal ini pasti sangat berguna, bukan hanya untuk membuat tampilan kamar lebih estetik, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatanmu. Letakkan di tempat yang kering seperti di dekat tempat tidurmu dan jangan letakkan di tempat yang sudah lembap seperti kamar mandi karena menaruh humidifier di tempat yang sudah lembap dapat menimbulkan jamur. Pastikan kamu membersihkan humidifier secara rutin untuk menjaganya dari berbagai kotoran yang menempel dan bisa bekerja secara optimal.

Selain humidifier, kamu tentu sering mendengar perangkat air purifier. Meskipun humidifier dan air purifier sekilas sama bentuknya, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Humidifier untuk melembapkan udara, sedangkan air purifier untuk membersihkan udara dari debu dan kotoran lainnya. Memiliki kedua alat ini tentu tidak ada salahnya untuk menjaga kualitas udara di kamar kos kamu.

  1. Lampu Tumbler

Sumber : Pexels.com/Hamann La

 

Lampu dengan kabel panjang dan warna yang cantik ini wajib kamu pasang di dindingmu untuk mempercantik tampilan dinding polosmu. Kesan estetik makin terasa dengan menambahkan foto polaroid di sela-sela lampu kecil yang berkedip sepanjang malam. Selain membuat kamar lebih estetik, kamar kos kamu bahkan bisa menjadi spot selfie yang menarik dan Instagrammable.

  1. Tanaman Kecil

Siapa bilang kamar kos yang terkesan minimalis tidak akan mampu menampung tanaman di dalamnya? Sekarang ada banyak pilihan tanaman kecil seperti tumbuhan sukulen atau kaktus kecil contohnya. Kamu bisa mencari di toko penjual tanaman secara langsung untuk mengetahui tanaman kecil apa yang cocok untuk diletakkan di kamar dan cara merawatnya.

Buat kamu yang sibuk dan mungkin tidak bisa merawat tanaman, tanaman kecil palsu yang banyak dijual di laman situs belanja online atau toko pernak-pernik di daerahmu bisa menjadi pilihan. Biasanya tanaman palsu ini didesain semirip mungkin dengan tanaman aslinya dengan warna dan model yang bervariasi. Produk ini juga tergolong murah sehingga kamu tetap dapat mendekorasi kamar walau dengan anggaran terbatas sekalipun.

Itulah dia produk yang wajib kamu beli untuk mengubah dan menambah kesan minimalis nan estetik. Dengan berbagai pilihan produk di atas, terasa cukup mudah untuk mewujudkan tampilan kamar minimalis yang rapi, nyaman, dan tetap estetik, ya. Lalu, bagaimana denganmu, sudah memiliki salah satunya?