5 Hal Penting yang Tidak Boleh Diabaikan Anak Kos – Menjadi anak kos berarti kalian sudah harus siap menjalankan segalanya secara mandiri. Ada beberapa hal penting yang tidak boleh kamu abaikan sebagai anak kos. Kalau kamu abaikan hal-hal penting yang satu ini, maka jangan kaget kalau nanti malah kesulitan dan tak betah tinggal di kosan. Apa saja hal-hal penting yang tidak boleh diabaikan anak kos? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Kelola Uang dengan Baik

Kelola Uang dengan Baik | http://cdn.jitunews.com
Kelola Uang dengan Baik | http://cdn.jitunews.com

Anak kosan seringkali mengeluarkan uang jatah bulanan atau gajiannya di tanggal awal-awal bulan. Menghabiskan banyak uang dengan berfoya-foya diawal bulan adalah hal yang salah. Untuk menghindari terjadinya besar pasak daripada tiang, kamu harus pintar-pintar mengelola uang kamu sendiri. Jangan sampai di hari esok saat tanggal tua kamu malah kesulitan soal uang.

2. Makan Teratur

Makan Teratur | http://smartdetox20hari.com
Makan Teratur | http://smartdetox20hari.com

Menjadi anak kos memang bebas untuk melakukan apapun semaumu. Tapi tidak berarti kamu harus mengabaikan hal yang satu ini. Pola makan yang tidak teratur akan membuatmu menjadi seseorang yang malas. Tak heran bila anak kos kebanyakan malah menjadi kurus atau sebaliknya. Sebaiknya untuk menjaga kesehatan, kamu juga perlu makan teratur dengan gizi seimbang. Kurangi juga memakan-makanan instan terlalu banyak diakhir bulan.

3. Tidur Cukup

Tidur Cukup | http://cdn.ayopreneur.com/
Tidur Cukup | http://cdn.ayopreneur.com/

Kalau sudah menjadi anak kos yang penuh dengan kebebasan, makan kamu akan menjalani hidup dengan waktu tidur sangat minim. Kamu biasanya akan begadang apabila terlalu asik dengan kegitanmu. Mulai dari mengerjakan tugas, ngebut dengan deadline. Atau bahkan terlalu asik ngobrol dan bermain dengan teman semalaman. Begadang bukan hal yang baik lho! Begadang akan membuatmu mengantuk dikeesokan harinya bahkan akan kehilangan konsentrasi. Karnanya kamu harus memperhatikan waktu tidurmu juga ya!

4. Belajar

Belajar | https://infobekasi.co.id/
Belajar | https://infobekasi.co.id/

Belajar merupakan hal penting yang sangat sering dilupakan oleh anak kosan. Kamu harus ingat dan menanamkan hal ini dalam diri. Bukankah tujuan kamu ngekos untuk mendapatkan ilmu demi masa depan yang baik? Menghabiskan banyak waktu bersama teman-teman memang dibolehkan. Namun, jangan sampai lupa juga untuk belajar. Atau bahkan kamu juga bisa membuat kelompok belajar dengan teman-temanmu.

 5. Manfaatkan Waktu Luang

Manfaatkan Waktu Luang | https://cdns.klimg.com/merdeka.com/
Manfaatkan Waktu Luang | https://cdns.klimg.com/merdeka.com/

Kamu harus benar-benar dapat memanfaatkan waktu luang yang dimiliki. Waktu luang bisa kamu isi dengan berkomunikasi dengan keluarga kamu. Atau kamu juga bisa menggeluti sebuah kerjaan sampingan. Dan salah satu hal penting, kamu perlu menyisihkan waktu kamu untuk berolahraga dan beristirahat.

Itu dia 5 Hal Penting yang Tidak Boleh Diabaikan Anak Kos, kamu sudah menjalankan semuanya kan? Jangan sampai mengabaikan hal-hal tersebut ya!