Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu! – Menjadi anak kos tidaklah semudah yang kerap dipikirkan. Pasalnya, tinggal sendiri berpisah dengan orang tua dan keluarga membuat kamu harus hidup mandiri. Tak hanya itu, kamu juga harus pintar menage waktu dan keuangan kamu saat kos. Ini tentu tidak mudah dan kamu harus belajar tentang hal ini.

Sebagai anak kos, kamu harus mempelajari beberapa hal penting sebelum memilih untuk hidup mandiri jauh dari orang tua, contohnya dalam mengatur keuangan. Ini menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh kebanyakan anak kos. Bekal mereka kerap habis sebelum waktunya dan akan membuat mereka kebingungan.

Untuk itu, baiknya kamu mulailah untuk belajar mengatur keuangan agar lebih pandai memanage uang saat kamu kos. Kami akan memberikan cara mengatur keuangan untuk kamu anak kos yang sering bermasalah dengan keungan. Yuk simak caranya di bawah ini agar kamu bisa mengatur dan tidak cepat habis sebelum akhir bulan.

Cara Mengatur Keuangan Ala Anak Kos

1. Membuat anggaran keuangan

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Membuat Anggaran | Image Source : iStockphoto.com

Jika kamu menjadi anak kos, ada baiknya kamu membuat anggaran keuangan. Saat kamu baru menerima kiriman uang atau mendapatkan gaji, kamu haruslah membuat anggaran keuangan dengan cermat. Kamu perlu membuat anggaran keuangan kamu selama satu bulan. Selain itu, catat juga selaga pengeluaran kamu setiap harinya selama satu bulan. Mulai dari uang makan, transportasi, belanja bulanan, hingga uang untuk membeli pulsa atau kuota.

Setelah kamu menghitung keseluruhan, maka kamu dapat menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki. Kamu bisa mengalokasi sebagian dana kamu untuk hiburan, namun jangan sampai melebihi kebutuhan yang penting. Tujuan membuat anggaran ini agar kamu dapat lebih teratur dalam mengeluarkan uang dalam satu bulannya.

2. Perhatikan kebutuhan, bukan keinginan

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Menentukan Kebutuhan | Image Source : iStockphoto.com

Kita biasanya sering mengeluarkan uang untuk membeli hal yang tidak butuhkan namun menjadi keinginan. Hal ini biasnya yang menjadikan kita tidak dapat mengatur keuangan kita dengan baik. Maka dari itu, ada baiknya kami mulai untuk memperhatikan kebutuhan utama daripada mementingkan keinginan.

Sebaiknya tahan keinginanmu untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Utamakan kebutuhanmu, mengingat kamu saat ini hidup mandiri. Jika kebutuhanmu sudah terpenuhi, barulah kamu membeli apapun yang kamu inginkan. Jangan sampai menghabiskan uangmu hanya untuk memenuhi keinginan, tetaplah untuk memberikan limit untuk belanja keingiananmu.

3. Mulailah menabung

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Menabung | Image Source : iStockphoto.com

Salah satu kesulitan yang kerap dirasakan oleh anak kos adalah sulitnya mereka untuk memulai menabung karena kebutuhan mereka setiap harinya. Nah untuk kamu yang kerap merasakan kesulita menabung, ada baiknya agar kamu menentukan dulu apa tujuan kamu menabung. Jika kamu sudah menemukan tujuan menabung untuk apa, barulah kamu mulai. Lakukanlah dengan komitmen, sehingga kamu bisa membangun kebiasaan baik untuk menabung. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk menyimpan uang receh, yang nantinya akan dapat membantu keuangan kamu.

4. Bawalah uang pas di dompet

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Bawa Uang Pas | Image Source : iStockphoto.com

Membawa uang cash dengan jumlah yang banyak akan membuat kita terlalu mudah untuk mengeluarkan uang. Jika selama ini kamu selalu membawa uang cash dengan jumlah yang banyak, ada baiknya manage dari sekarang. Lebih baik bawa secukupnya saja. Menyediakan uang pas di dompet bisa membantu kamu untuk menjadi lebih hemat.

5. Jangan menunda pembayaran kewajiban

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Membayar Kewajiban | Image Source : iStockphoto.com

Ketika menjadi anak kos, tentunya kamu akan memiliki kewajiban tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya, seperti membayar kos misalnya. Jangan sampai kamu menunda pembayaran agar keuanganmu tetap terkontrol dengan baik. Setelah kamu mendapat kiriman uanga atau gaji bulanan, maka sebaiknya langsung sisihkan untuk melakukan pembayaran semua tagihan. Dengan begitu, keuangan kami akan dapat terorganisir dengan baik tanpa hambatan.

6. Potong biaya yang tidak perlu

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Menghitung Biaya | Image Source : iStockphoto.com

Jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Contohnya seperti membeli barang yang tidak penting atau hal lainnya seperti nongkrong mungkin yang sebaiknya dikurangi. Lebih baik kamu memulai untuk menabung.

7. Memasak dan membawa sendiri

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Memasak | Image Source : iStockphoto.com

Salah satu yang membuat anak kos menjadi boros adalah makanan. Terlebih bagi mereka anak kos yang jarang memasak dan lebih memilih membeli makanan di luar. Mereka terkadang kalap saat baru diberikan uang bekal dan makan sana sini. Hal ini akan membuat kalian boros, sehingga uang kamu akan cepat habis.

Untuk itu, ada baiknya kamu mulai untuk memasak sendiri, sebab akan jauh lebih hemat. Kamu juga dapat membawa bekal ketika bepergian seperti sekolah atau bekerja. Selain hemat, kamu juga akan lebih sehat. Cobalah untuk mulai memasak untuk makan agar keuanganmu lebih tertata.

8. Menambah pendapatan

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Berjualan Online | Image Source : iStockphoto.com

Jika pengeluaranmu lebih besar dari pemasukanmu, cobalah untuk menambah pendapatan. Selain mengandalkan kiriman orang tua dan gaji, alangkah baiknya kamu tambah pendapatan di waktu luangmu. Contohnya kamu bisa membuka bisnis online atau menjadi freelancer yang bisa menambah pendapatan.

9. Manfaatkan fasilitas umum

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Memanfaatkan Fasilitas Umum | Image Source : iStockphoto.com

Untuk menghemat pengeluaranmu, kamu bisa manfaatkan fasilitas umum yang telah disediakan. Kebanyakan anak kos sering menghabiskan uang mereka untuk membeli kuota internet. Nah untuk mensiasatinya, kamu bisa menggunakan Wi-Fi yang biasanya sudah tersedia di kos. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhemat.

10. Belanja bulanan 

Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu!
Ilustrasi Belanja Bulanan | Image Source : iStockphoto.com

Kebutuhan sehari-hari biasanya membuat kita menjadi boros. Untuk lebih hemat, sebaiknya kamu melakukan belanja bulanan sekaligus. Ini penting untuk menghindari pembengkakan pada pengeluaran karena kamu suka mencicil beli kebutuhan bulanan. Dengan ini juga dapat membantu kamu memanage keuangan dengan baik.

***

Sekian Cara Mengatur Keuangan, Anak Kos Wajib Tahu! Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu. Ikuti cara di atas agar kamu dapat menghemat pengeluaran saat kos. Simak berbagai artikel menarik seputar anak kos hanya di Cari-kos Blog.