7 Cara Menghasilkan Uang Dari Kamar Kos Kamu – Menempuh pendidikan setamat SMA dan harus merantau ke daerah yang terdapat perguruan tinggi memang merupakan resiko yang harus diemban mahasiswa. Dengan merantau berarti harus mendapat suplai dana dari orang tua tiap awal bulan dan bisa jadi dana tersebut habis  sebelum akhir bulan. Oh no!

Sehingga banyak mahasiswa yang melakukan pekerjaan sampingan agar mereka bisa mendapat uang tambahan untuk ‘bertahan hidup’ ketika jauh dari keluarga. Walaupun kita semua tahu kalau mahasiswa memiliki jadwal kuliah yang padat.

Ditengah kesibukan yang padat, tidak sedikit mereka yang nyambi pekerjaan sampingan agar keuangan mereka tetap mengalir. Karena biasanya uang kiriman orang tua kalau tidak benar benar dihemat akan habis sebelum akhir bulan tiba. Sehingga mereka harus melakukan pekerjaan sampingan untuk menutup biaya kebutuhan mereka.

Nah, buat kamu yang merasakan keadaan diatas dan sedang mencari ide tentang kerjaan sampingan yang tidak mengganggu aktivitas kuliah namun tetap mendapat hasil yang menjanjikan, baca artikel ini sampe habis ya.

Gimana sih Caranya Anak Kos Dapat Uang Tambahan Jajan?

1.     Menjadi Pebisnis Dropshipper atau Reseller

Menjadi Pebisnis Dropshipper atau Reseller | http://www.sablonjogjaid.com
Menjadi Pebisnis Dropshipper atau Reseller | http://www.sablonjogjaid.com

Secara pengertian, sistem kerja dropshiper adalah kamu sebagai seller mempromosikan produk milik suplier, namun kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk modal usaha tersebut. Ketika ada pesanan produk yang kamu promosikan, kamu tinggal bilang ke suplier dan suplier tersebut akan mengirimkan langsung barang yang dipesan pembeli atas nama kamu.

Sedangkan reseller berarti kamu harus beli barang terlebih dahulu, lalu menjualnya kembali. Sistem keuntungan dalam reseller yaitu semua uang yang kamu terima dari pemesan menjadi hak milik kamu. Sedangkan menjadi dropshiper berarti hanya menjadi promotor dari sebuah produk dan keuntungannya bagi hasil antara kamu dengan supliernya.

2.     Menjadi Blogger atau Vlogger

Menjadi Blogger atau Vlogger | http://www.isaumya.com
Menjadi Blogger atau Vlogger | http://www.isaumya.com

Pekerjaan yang satu ini merupakan pekerjaan sekaligus hobi yang sedang merebak di kalangan masyarakat. Banyak orang termasuk dari golongan mahasiswa yang menjadi Blogger maupun Vlogger. Jika Kamu serius untuk menjadi Bloger Vlogger maka bukan tidak mungkin konten yang kamu buat sukses mencuri banyak perhatian orang dan kamu bisa mendapatkan uang lewat iklan yang dipasang di konten kamu.

3.     Menjadi Freelancer

Menjadi Freelancer | http://www.entrepeneur.com
Menjadi Freelancer | http://www.entrepeneur.com

Menjadi seorang freelancer juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan oleh anak kos. Apalagi jika di kosan terdapat koneksi wifi maka pekerjaan inipun akan semakin mudah dilakukan.

Lowongan kerja yang bisa didapatkan para freelancer ini biasanya diposting di website freelance seperti sribulancer.com , Projects.co.id , lokerbali.info, lokerjakarta.id, lowonganhotelbali.com, lowonganhoteljakarta.com , hhrmahotel.com dan masih banyak lagi. Dengan berbagai variasi dan jenis job yang tersedia disana membuatmu mudah untuk memilih salah satu job yang diinginkan. Dan jika kamu memerlukan Jasa CV yang cepat dan Praktis dengan banyak pilihan design keren, kunjungi saja BikinCV.

4.     Membuka Tempat Privat Maupun Bimbingan Belajar

Membuka Tempat Privat Maupun Bimbingan Belajar | http://www.tabloidpeluangusaha.com
Membuka Tempat Privat Maupun Bimbingan Belajar | http://www.tabloidpeluangusaha.com

Jika kamu mengambil jurusan pendidikan di perkuliahan, tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja menjadi pengajar privat maupun ditempat les. Dengan bekerja menjadi pengajar, secara tidak langsung juga membuatmu belajar dan mengasah kemampuan berbicara didepan banyak orang.

Uang yang dihasilkan dari mengajar bisa dibilang relatif tinggi karena durasi les yang hanya 1,5 jam sampai 2 jam. Sehingga salah satu pekerjaan sampingan ini cocok buatmu untuk menambah uang jajan yang menipis setiap saat

5.     Membuka Jasa Desain Grafis

Membuka Jasa Desain Grafis | http://www.morphacademy.com
Membuka Jasa Desain Grafis | http://www.morphacademy.com

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam mendesain berbagai hal yang berhubungan dengan 2D dan 3D, maka hal ini bisa kamu coba. Saat ini semakin banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis seperti misalnya mendesain banner, brosur, undangan pernikahan, dan lain lain.

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan jika kamu memiliki skill  dalam desain grafis. Penghasilan yang didapat juga lumayan tinggi lho. Minimal cukuplah untuk menambah uang saku.

6.     Jasa Pengetikan Makalah dan Tugas

Jasa Pengetikan Makalah dan Tugas | https://youqueen.com
Jasa Pengetikan Makalah dan Tugas | https://youqueen.com

Jasa pengetikan makalah ini juga bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan kamu karena jasa ini masih ‘laku’ dikalangan mahasiswa khususnya mahasiswa yang malas ngetik tugas maupun makalahnya sehingga lebih memilih orang lain yang melakukannya.

Jika saja per makalah dihargai 50 ribu rupiah, ini masih harga normal lho, maka tinggal dikalikan dengan jumlah orderan yang didapat. Padahal bisa dibilang kalau tugas dan makalah merupakan hal yang paling sering didapat mahasiswa pada saat menempuh pendidikan kuliah.

Sehingga bagi mereka yang membutuhkan jasa ketik tugas dan makalah, maka kamu bisa mencalonkan diri menjadi juru ketik mereka dan mendapat uang jajan tambahan dari hasil mengetik tersebut.

7.     Reparasi dan Instalasi Komputer

Reparasi dan Instalasi Komputer| PortalBisnisOnline.com
Reparasi dan Instalasi Komputer| PortalBisnisOnline.com

Biasanya skill reparasi dan instalasi komputer merupakan keahlian anak Teknik Informatika. Jika kamu merupakan mahasiswa fakultas Teknik Informatika, maka kamu bisa mencoba ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliahan dengan membuka jasa reparasi dan instalasi komputer karena semua itu sudah didapatkan mahasiswa Teknik Informatika di mata kuliah mereka

Rata – rata untuk sekali instalasi komputer maupun laptop akan dihargai 50 ribu rupiah. Coba bayangkan bila dalam sehari ada 3 temanmu yang membutuhkan instalasi ulang laptop mereka karena berbarengan terkena virus. Kamu sudah panen uang banyak dari situ.

Bagaimana denganmu? Apakah tertarik untuk mencoba salah satu peluang usaha sampingan yang bisa memberimu uang jajan tambahan? Berani mengambil resiko merupakan langkah awal yang bagus untuk mencapai suksesmu. Termasuk mengambil resiko untuk mencoba peruntungan di dunia kerja sampingan yang bisa kamu lakukan di waktu senggangmu. Semoga bermanfaat.