Manfaat Lilin Aromaterapi dan Cara Pemakaian Yang Aman – Lilin aromaterapi dipercaya dapat menghilangkan stress dan tenang. Maka dari itu, kini banyak orang yang terobsesi dengan jenis lilin satu ini. Selain manfaat, tentunya ada beberapa bahaya lilin aromaterapi yang mengancam kesehatan.

Lilin aromaterapi memang memiliki manfaat, dengan aroma yang bisa memberikan ketenangan, sehingga dinyatakan mampu meredakan atau bahkan menghilangkan stres. Kandungan aromaterapi dalam lilin akan menguap ketika di bakar, lalu uap tersebut akan mengisi udara di area sekitar.

Manfaat Lilin Aromaterapi

Manfaat Lilin Aromaterapi dan Cara Pemakaian Yang Aman
Ilustrasi lilin aromaterapi | Image Source : istockphoto.com

Lilin aromaterapi  memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Bagi kamu yang belum tahu dengan manfaatnya, berikut kami telah rangkum beberapa manfaat dari lilin ini.

1. Menurunkan stres

Melansir dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Kementrian Pertanian Republik Indonesia, lilin aromaterapi dikenal mampu membantu menurunkan kadar stres. Lilin aromaterapi beraroma lavender salah satunya yang paling direkomendasikan apabila ingin merelaksasi tubuh.

Biasanya sering digunakan saat yoga untuk menciptakan keadaan relaksasi yang lebih dalam. Selain minyak lavender, penggunaan campuran minyak esensial lain, seperti cendana, mawar, serta kenanga juga sangat ideal membantu mengurangi stres.

2. Bantu menjaga konsentrasi

Lilin aromaterapi juga dipercaya mampu kamu untuk menjaga konsentrasi. Salah satunya pilihan yang tepat adalah lilin dengan aroma citrus. Aroma ini dipercaya cukup efektif dalam menjaga konsentrasi. Selain itu, penggunaan aroma seperti basil, thyme, serta cypress juga tidak kalah efektif dan sangat direkomendasikan. Sebab aroma ini mampu mendorong refleksi serta menuntun pikiran agar lebih mendalam.

3. Mengatasi insomnia

Selain membantu konsentrasi, lilin aromaterapi ini juga berguna untuk mengatasi insomnia. Salah satu yang populer untuk mengatasi insomnia adalah aroma clary sage. Aroma ini bisa membantu kamu agar bisa tidur dengan cepat. Penggunaan aroma chamomile juga cukup direkomendasikan, karena tidak kalah efektif untuk mengurangi rasa gelisah.

4. Atasi alergi serta infeksi

Manfaat lilin aromaterapi kayu putih ini dipercaya dapat membantu untuk menghilangkan alergi serta berbagai infeksi yang dialami oleh seseorang. Lalu, lilin dengan aroma tersebut juga mampu untuk mengatasi kelelahan atau pusing akibat bau yang kuat dan menyengat, seperti aroma kapur barus.

5. Dapat atasi nyeri otot

Penggunaan aroma peppermint dipercaya sempurna dalam mengatasi permasalahan pada otot. Sebab, aroma tersebut akan sangat membantu untuk mengatasi rasa sakit pada kepala, nyeri otot, bahkan masalah pada pencernaan. Kamu juga dapat mempertimbangkan penggunaan lilin dengan aroma jeruk serta kayu manis. Aroma tersebut juga tidak kalah ampuh untuk meningkatkan energi.

Lilin Aromaterapi Bahaya untuk Kesehatan?

Manfaat Lilin Aromaterapi dan Cara Pemakaian Yang Aman
Ilustrasi lilin aromaterapi | Image Source : istockphoto.com

Meski lilin aromaterapi ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun ternyata ada dampak yang berbahaya dari penggunaannya yang mengancam kesehatan. Dilansir dari klikdokter, para ahli menyebutkan jika penggunaan lilin aromaterapi ini dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebab, bahan yang digunakan pada lilin tersebut berpotensi menghasilkan racun yang berbahaya ketika dihirup. Namun, tidak semua jenis akan menimbukan potensi ini.

Agar kamu dapat terhindar bahaya dari lilin aroma terapi tersebut, ada baiknya kamu lebih waspada. Perlunya kamu mengetahui lebih jelas tentang bahan yang terkandung di dalam lilin yang digunakan untuk membuat lilin aromaterapi.

Untuk menanggulangi bahayanya, di beberapa negara maju, seperti Inggris, perusahaan yang memproduksi sudah diminta pemerintah untuk mengurangi emisi yang timbul dari lilin tersebut. Selain itu, pemerinta juga meminta perusahaan lilin aromaterapi agar selalu memberikan peringatan kepada para konsumen mengenai dampat negatif dari produk yang dijual bagi kesehatan.

Jika menelisik lebih dalam mengenai penyebab timbulnya bahaya dari lilin aromaterapi, hal ini tidak lain karena sebagian besar terbuat dari paraffin wax. Bahan tersebut telah diteliti dan memang berpotensi mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan paru.

Resiko timbulnya bahaya lilin ini akan semakin tinggi, jika jenis lilin yang digunakan sumbunya terbuat dari sumbu berinti logam. Sebab, penggunaan bahan tersebut berpotensi melepaskan zat toxin yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru.

Cara Menggunakan Lilin Aromaterapi yang Aman

Manfaat Lilin Aromaterapi dan Cara Pemakaian Yang Aman
Ilustrasi lilin aromaterapi | Image Source : istockphoto.com

Melansir dari Klikdokter, agar manfaat lilin aromaterapi bagi kesehatan mental tetap bisa didapatkan tanpa mengganggu kesehatan tubuh, maka cobalah untuk memilih lilin aromaterpi yang memang dibuat dari bahan wax alami, seperti kedelai. Penggunaan lilin aromaterapi alami ini lebih sedikit mengeluarkan jelaga serta zat kimia berbahaya dibanding dengan lilin yang terbuat dari paraffin wax.

Pilih juga lilin aromaterapi alami yang memiliki sumbu pendek dan tidak menggunakan inti logam untuk mengurangi produksi polusi udara dan jelaga. Jangan lupa untuk mengecek kandungan yang tertera pada labelnya dan pastikan tidak ada zat berbahaya di dalamnya. Selain itu, kamu juga harus membatasi waktu pemakaian lilin aromaterapi ini untuk mengurangi jumlah zat kimian yang ada di dalam ruangan.

***

Sekian Manfaat Lilin Aromaterapi dan Cara Pemakaian Yang Aman. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu untuk meningkatkan kualitas hidup mu. Simak beragai artikel menarik seputar kesehatan lainnya hanya di Cari-kos Blog.