Siapapun yang mendengar kabar virus ini pasti merasa was-was, apalagi kamu yang tinggal di perantauan alias anak kost. Tinggal jauh dari rumah di tengah kondisi wabah ini pasti rasanya khawatir.

Merasa khawatir itu wajar, tapi tak perlu sampai panik, ya! Sebab, penularan virus corona bisa kita cegah dengan cara yang tepat. Nah, untuk anak kost, yuk, simak tips mencegah corona di bawah ini.

1. Tidak Bepergian Jika Tidak Mendesak

Sumber Gambar (www.kompas.com)

Virus corona dapat ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui interaksi jarak dekat. Untuk menghindari wabah yang semakin meluas, sebaiknya kamu berada di dalam rumah atau di kost saja. Apabila hendak mengadakan acara di luar kota, ada baiknya jika perjalanan tersebut ditunda sampai kondisi menjadi kondusif kembali.

Kita tidak tahu apakah seseorang yang tidak menunjukkan gejala adanya virus corona memang benar-benar sehat ataukah memiliki virus yang berada dalam masa inkubasi. Sebisa mungkin tunda waktu mudik agar tidak mempertinggi peluang penularan virus.

2. Mengurangi Kegiatan Perkumpulan atau Keramaian

Semakin banyak orang yang berkumpul di suatu tempat, semakin besar pula kemungkinan penyebaran virus. Pemberitaan yang beredar menyatakan bahwa pemerintah melarang kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Kegiatan perkuliahan dan kegiatan kost perlu selektif kamu pilih.

Apabila terpaksa harus berkumpul, hindari kegiatan berjabat tangan, cium pipi, atau kontak sentuhan lainnya. Selain itu, jangan menyentuh bagian wajah, mata, hidung, dan mulut setelah berinteraksi.

3. Sering Mencuci Tangan

Virus corona memiliki karakteristik penularan melalui cairan tubuh. Sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Interaksi dengan orang lain sangat sering melibatkan kontak fisik, terutama tangan. Jika tangan tidak sengaja terkena virus, tanpa proses cuci tangan yang bersih bisa mengakibatkan penularan virus ke tempat lainnya.

Cara cuci tangan yang benar untuk menghindari virus corona cukup mudah. Jangan lupa menggunakan sabun anti bakteri. Agar lebih praktis, kamu juga dapat membawa hand sanitizer atau membuatnya sendiri. Sudah tersedia informasi cara membuat hand sanitizer resmi dari BPOM dengan langkah singkat dan bahan yang mudah diperoleh.

4. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Sumber Gambar (www.suara.com)

Untuk kamu yang sudah memiliki tempat tinggal, penyebaran virus dapat diminimalisir dengan membersihkan rumah. Anak kost pun juga tidak boleh ketinggalan untuk membersihkan tempat tinggalnya. Lap benda-benda yang sering disentuh tangan, seperti lampu tidur, meja belajar, hingga almari pakaian. Agar proses pembersihan maksimal, gunakan desinfektan yang efektif membunuh kuman. Baca dengan cermat cara menggunakan desinfektan tersebut agar tetap efektif. Biasanya, desinfektan akan berfungsi optimal apabila permukaan yang akan dibersihkan dalam keadaan sedikit basah.

5. Mengamankan Binatang Peliharaan

Sudah bukan hal yang asing lagi jika anak kost sering membawa hewan peliharaan sebagai teman. Hewan yang dibawa pun bermacam-macam, mulai dari ikan, kura-kura, kucing, anjing, atau hewan lain yang tidak membuat keributan. Ketika membersihkan kamar kost, hewan tersebut perlu diamankan agar proses pembersihkan bisa menyeluruh.

6. Melakukan Pembersihan Secara Rutin

Sumber Gambar (www.liputan6.com)

Jika kamu hanya tinggal seorang diri di kamar kost dan tidak pernah beraktivitas di luar ruangan, kecil kemungkinan virus bisa masuk. Namun, apabila kamu banyak berinteraksi dengan dunia luar dan sering didatangi teman,  disarankan untuk sering membersihkan kamar kost. Fasilitas umum di kamar kost seperti dapur, ruang tamu, dan ruang makan pun juga tidak boleh dilewatkan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona mampu bertahan di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu. Dengan proses pembersihan berulang kali, penularan virus dari orang sakit ke orang sehat dapat dicegah. Selain itu, kamu perlu meningkatkan frekuensi bersih-bersih kamar kost jika ada teman kost yang sakit.

Demikian Tips Mencegah Penularan Virus Corona Bagi Anak Kost, semoga dapat bermanfaat dan membantu teman-teman. Ingatlah selalu menjaga kesehatan ya !