Siapa disini yang memilih untuk kos bersama teman untuk menghemat pengeluaran? Tidak jarang para anak kos yang berbagi kamar ini dihadapkan dengan situasi genting, tidak kondusif dan berpotensi memunculkan amarah. Mereka yang tinggal bersama dalam satu kamar kos, butuh ekstra kesabaran dan pengertian. Karena memiliki kebiasaan yang berbeda, selera yang berbeda, dan gaya hidup yang berbeda. Memahami karakter teman satu kamar kos adalah kunci agar hubungan tetap kondusif. Namun yang namanya manusia, tentu tidak luput dari kekurangan. Bisa saja di suatu waktu tertentu, emosi dan amarah tidak dapat dibendung. Nah untuk menghadapi situasi tidak kondusif ini, kalian perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengontrol emosi dan amarah. Apa sajakah itu? Yuk simak Tips Mengontrol Emosi dan Amarah berikut!

1. Berpikir Sebelum Bicara

Sering kali sebuah pertikaian kecil berbuntut panjang karena kata-kata yang diucapkan. Tentu kalian sering mendengar ungkapan ‘mulutmu harimaumu’ bukan? Iya ungkapan itu memang benar. Apabila kalian merasa sedang dalam emosi, alangkah bijaknya jika kalian bisa mengendalikan kata-kata yang ingin kalian ucapkan. Ketika emosi, mudah untuk mengatakan hal-hal yang menyakitkan dan akan disesali kemudian. Sebelum berbicara, ambilah waktu untuk memikirkan apakah perkataan kalian dapat diterima atau tidak. Apakah kata-kata itu lebih baik diucapkan atau tidak. Untuk mengendalikan diri, tariklah nafas yang panjang kemudian hembuskan perlahan. Sembari pikirkan kembali apa efek dari kata-kata yang ingin kalian ucapkan.

Tips Mengontrol Emosi dan Amarah | sumber: www.pexels.com
Tips Mengontrol Emosi dan Amarah | sumber: www.pexels.com

2. Ekspresikan Perasaan dengan Tenang

Membiarkan perasaan negatif dan amarah menguasai diri tidak akan baik bagi kesehatan jiwa kalian. Ketika kalian sedang emosi dan marah, cobalah untuk tetap mempertahankan situasi tenang dimulai dari menampilakn ekspresi yang tenang. Setelah sudah cukup tenang, pikirkan inti dari permasalahan yang membuat kalian tersulut amarah. Selanjutnya, petik manfaat baik yang bisa dijadikan pelajaran positif untuk menghalau emosi buruk kalian. Dengan pikiran tenang, kalian justru bisa mendapatkan sisi positif dari perdebatan dengan teman guna mencari kelebihan dan kekurangan demi keharmonisan hubungan ke depannya.

Tips Mengontrol Emosi dan Amarah | sumber: www.pexels.com
Tips Mengontrol Emosi dan Amarah | sumber: www.pexels.com

3. Maafkan dan Jangan Dendam

Setelah mampu mengendalikan situasi, cobalah untuk tidak membiarkan kemarahan menutupi perasaan positif. Seperti nasehat kebanyakan, memaafkan adalah kunci yang dapat melepaskan ketegangan dan permusuhan. Jangan biarkan diri kalian tenggelam dalam sakit hati atau perasaan tidak adil. Tentu hubungan baik dengan teman lebih berharga daripada emosi negatif dalam diri kalian. Jadi, maafkanlah dan jangan dendam!

Tips Mengontrol Emosi dan Amarah | sumber: www.pexels.com
Tips Mengontrol Emosi dan Amarah | sumber: www.pexels.com

Nah itu dia Tips Mengontrol Emosi dan Amarah. Semoga kalian tidak sampai dikalahkan emosi negatif ya! Karena dengan pengendalian diri, situasi kondusif dan harmonis akan tetap dapat kita jaga. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga artikel tentang Pilihan Aroma Pengharum Ruangan Buat Anak Kos. Siapa tau bisa jadi referensi untuk kalian memilih pengharum ruangan untuk suasana baru kamar kalian.