10 Tips Mencari Kos Pasangan Untuk Suami Istri – Kos pasangan untuk suami istri bisa jadi salah satu pilihan bagi pasangan yang baru saja menikah. Seringnya pasangan muda sekarang ingin hidup mandiri dan terpisah dari orangtua namun belum mampu untuk mengontrak atau beli rumah sendiri. Nah, makanya banyak dari mereka yang menjatuhkan pilihan pada rumah kos pasutri.

Tapi, kamu dan pasangan perlu selektif juga untuk memilih tempat tinggal sementara ini. Pasalnya, 10 hal ini perlu dipertimbangkan demi keamanan dan kenyamanan. Apa saja sih?

  1. Range Harga

Sumber Gambar (www.indonesia.go.id)

Range harga tentu hal pertama yang wajib dipertimbangkan. Pilih harga wajar yang tak terlalu mahal tapi juga gak terlalu murah. Jika terlalu mahal, kamu dan pasangan tidak bisa menabung, tapi jika terlalu murah bisa jadi lingkungan yang ada di kos tersebut kurang nyaman. Mungkin kamu bisa memilih harga kos pasutri dengan range harga Rp 600 ribu hingga 1 jutaan.

  1. Lokasi Kos Pasangan

Sumber Data (www.tribunnewsbogor.com)

Lokasi juga hal perlu dipertimbangkan. Pilih rumah kos pasutri yang terletak tak terlalu jauh dari tempat kerjamu dan pasangan. Berada di lokasi strategis bisa jadi salah satu cara supaya kamu dan pasangan bisa hemat uang bensin.

  1. Dapur Terpisah

Sumber Data (www.rumahkunik.com)

Mungkin kalian merasa tertarik dengan kamar kos pasutri yang memiliki dapur di dalam karena bisa bebas memasak sendiri. Tapi, dapur justru sebaiknya berada di luar. Pertimbangannya adalah supaya kamar tak berbau apek ketika kamu memasak dan tetap memiliki sirkulasi udara yang sehat. Dapur bersama yang ada di luar juga tetap membuatmu leluasa memasak kapan saja kok.

  1. Kamar Mandi Dalam Untuk Kos Pasangan

Sumber Gambar (www.informazone.com)

Nah, jika dapur sebaiknya berada di luar maka kamar mandi sebaiknya ada di dalam. Memiliki kamar mandi di dalam tentu membuatmu dan pasangan lebih bebas dalam menjaga privasi. Selain itu, kamu juga bisa bebas mengatur jadwal bersih-bersih sendiri.

  1. Ruang Tamu Bersama Untuk Kos Pasangan

Sumber Gambar (www.wolipop.com)

Pertimbangkanlah untuk memiliki rumah kos yang punya ruang tamu bersama. Hal ini bakal memudahkanmu dan pasangan jika ada keluarga yang datang mengunjungi kalian. Sehingga keluarga atau teman gak perlu berdesak-desakan di dalam kamar.

  1. Kelengkapan Furniture Kamar Kos Pasangan

Sumber Gambar (www.furnitureroww.com)

Kamu dan pasangan sebaiknya memilih kamar kos yang sudah dilengkapi dengan isi furnitur dan beberapa alat elektronik. Misalnya saja seperti kasur, lemari, kipas angin, kulkas (optional). Perlengkapan yang sudah ada di dalam kamar bakal memudahkanmu ketika kamu akan pindahan nantinya.

  1. Khusus Pasangan Pasutri
Sumber Gambar (www.idntimes.com)

Sebaiknya kamu mencari kos khusus pasutri saja. Jangan mencari kos pasutri yang dicampur dengan pria atau wanita yang masih lajang. Memiliki tetangga yang sama-sama pasutri tentu bakal lebih nyaman untuk kalian.

  1. Aman Dari Tindakan Kriminal
Sumber Gambar (www.papandayancargo.com)

Selain harga, fasilitas dan lokasi, keamanan juga sangat penting. Jangan sampai kosan yang bisa jadi tempat yang nyaman untukmu justru mengundang bahaya dan barang-barangmu justru hilang. Mengerikan bukan?

Sebaiknya pilih kosan di daerah yang ramai, kalau perlu tambahkan gembok atau kunci pengaman agar barang-barang di kamar juga aman.

  1. Ukuran Kamar

Sumber Gambar (www.dekoruma.com)

Ukuran kamar berpengaruh besar pada harga kamar. Apalagi bila kalian ingin kamar yang luas. Maka bersiaplah mengeluarkan kocek yang besar. Ukuran kamar sendiri sangatlah beragam. Dari yang hanya bisa ditempati satu orang. Hingga yang bisa ditempati empat orang.  Pastikan terlebih dahulu seberapa besar kamar yang kamu butuhkan. Buat perkiraan juga akan barang-barang yang akan kalian bawa. Apakah cukup pada kamar dengan ukuran kecil atau tidak.

  1. Fasilitas Parkir

Sumber Gambar (www.anakui.com)

Terkadang fasilitas parkir tidaklah gratis. Maka kalau membawa kendaraan! Pastikan tidak ada biaya tambahan untuk fasilitas tersebut. Apalagi kalau membawa mobil. Mencari kos yang menyediakan parkir bagi kendaraaan beroda empat ini tidaklah mudah.  Kamu mungkin terpaksa membayar parkir di kos lain. Atau bahkan membayar pada area parkir umum di sekitar kos.

 

Itulah 10 TIPS MENCARI KOS UNTUK PASANGAN SUAMI ISTRI. Semoga dapat bermanfaat untuk membantu kalian dalam memilih kos sebagai pasangan muda yang baru menikah.