Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa 

Apartemen mejadi salah satu alternatif hunian di kota-kota besar. Sekarang banyak pebisnis properti yang menawarkan apartemen dengan fasilitas lengkap dengan harga yang terjangkau. Maka dari itu, apartemen menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi para perantau yang datang ke kota besar. Terlebih lokasi dari apartemen ini sangatlah strategis, karena berada di pusat perkotaan. Salah satu hunian yang pas untuk kamu yang merantau ke kota untuk pekerja atau mahasiswa.

Selain itu, terbatasnya lahan untuk pembangunan serta harga yang tinggi, menjadi alasan kebanyakan orang untuk memilih apartemen. Di kalangan milenial, mereka cenderung memilih suatu kemudahan dengan tinggal di apartemen, yang tentunya akan memberikan mereka beberapa kemudahan dan berbagai fasilitas.  Terlebih jika fasilitas tersebut dapat membantu keseharian dan bermanfaat untuk mereka selama tinggal disana.

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen | Image Source : Shutterstock.com

Ada beberapa hal yang perlu anda perhitungkan sebelum membeli apartemen, agar anda lebih siap dan dapat menentukan tipe yang sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti yang kita ketahui, apartemen memiliki banyak tipe unit yang dapat dipilih dan tentunya akan membuat anda kebingungan dalam memilihnya. Mungkin beberapa orang belum mengetahui dengan tentang tipe-tipe dari apartemen. Untuk itu, kami akan beritahu anda tipe unit apartemen yang wajib anda ketahui sebelum membeli atau menyewa.

Tipe Apartemen

1. Apartemen Studio

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Tipe Apartemen Studio | Image Source : Shutterstock.om

Tipe satu ini merupakan tipe yang paling umum dan popular ditemukan di Indonesia. Tipe Apartemen ini merupakan tipe unit yang hanya terdiri dari satu ruangan saja yang mencakup temapat tidur, dapur, area belajar, lemari, termasuk kamar mandi. Biasanya ukuran atau luas dari tipe apartemen ini berukuran 20 meter persegi – 35 meter persegi. Tipe ini memiliki harga yang cenderung lebih murah dari yang lainnya.

2. Apartemen Alcove

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen Alcove | Image Source : shutterstock.com

Tipe satu ini tidak berbeda jauh dengan tipe yang sebelumnya. Yang menjadi pembeda, apartemen alcove ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dengan denah berbentuk membelok seperti huruf L. Yang dimana, area tempat tidur berada di ruanng terpisah dari fungsi ruang lainnya.

3. Apartemen Convertible

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen Convertible | Image Source : Shutterstock.com

Tipe apartemen satu ini adalah salah satu yang cocok untuk anda yang tinggal sendirian atau berdua saja. Terdiri dari satu ruangan saja sama seperti apartemen studio. Bedanya hanya pada ukuran yang cenderung lebih luas pada tipe ini, sehingga anda dapat menambahkan partisi-partisi untuk memisahkan area tertentu.

4. Apartemen 1 Bedroom

Ilustrasi Apartemen 1 Bedroom | Image Source : shutterstock.com

Sangat pas untuk anda yang ingin tinggal sendiri,dan mampu memberikan privasi lebih, ialah apartemen 1 bedroom. Tipe ini memiliki satu kamar tisur yang terpisah dari tuang utama lainnya yang mengakomodir fungsi lain, seperti ruang keluarga dan dapur.

5. Apartemen 2 Bedroom

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen 2 Bedroom | Image Source : shutterstock.com

Apartemen satu ini menawarkan unit dengan 2 kamar tidur, yang terdiridari satu kamar utama dan satu kamar tidur untuk anak dengan ukuran yang lebih kecil. Namun, tak jarang kedua kamar ini disediakan dengan ukuran yang sama. Ini menjadi pilihan alternative untuk anda yang masih tidak cukup dengan unit 1 bedroom.

6. Apartemen Duplex atau Triplex

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen Duplex atau Triplex | Image Source : shutterstock.com

Ini merupakan salah satu apartemen yang cenderung sulit ditemukan di Indonesia. Apartemen tipe ini merupakan unit dengan bentuk vertical yang terdiri dari 2 lantai yang disebut duplex hingga 3 lantai yang disebut triplex. Pada umumnya, jenis tipe ini mempunyai fasilitas umum layaknya rumah, seperti dapur, ruang makan, dan ruang keluarga pada lantai dasar dan area kamar tidur pada lantai atas.

7. Apartemen Loft

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen Loft | Image Source : shutterstock.com

Sama seperti yang sebelumnya, termasuk jarang ditemukan, namun jenis apartemen ini bisa anda temukan di kota-kota besar. Jenis ini hadir dengan ruangan berplafon tinggi dan tambahan lantai mezzanine yang biasanya dimanfaatkan sebagai area kamar tidur. Lalu pada bagian bawah menjadi area-area fungsional seperti kamar mandi, dapur, ruang keluarga dan sejenisnya.

8. Apartemen Garden

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen Taman | Image Source : Shutterstock.com

Merupakan salah satu apartemen dengan keunikan berada di lantai paling dasar atau bahkan bisa juga pada bagian basement dari bangunan apartemen. Jadi, sangat memungkinkan setiap unit untuk mendapatkan view taman yang sesuai dengan nama tipenya.  Banyak orang yang memilih tipe satu ini sebagai huniannya karena memiliki taman dan berada di lantai paling bawah bangunan.

9. Classic Six

Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa
Ilustrasi Apartemen Classic Six | Image Source : Shutterstock.com

Mungkin jenis apartemen satu ini sangat jarang kita temukan di Indonesia, atau bahkan belum ada di Indonesia. Namun di Eropa dan Amerika, jenis apartemen satu ini sangat populer dan selalu menjadi pilihan. Kerap menggunakan bangunan tua yang masih kokoh berdiri. Dengan ukuran yang relatif luas dibandingkan dengan jenis apartemen lainnya dengan 3 kamar tidur. Karena ukuran yang luas, sehingga dapat memberikan kelegaan bagi penghuninya.

Setiap apartemen dirancang untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan yang berbeda. Maka dari itu, ada banyak pilihan  jenis apartemen yang bisa anda pilih. Untuk anda yang ingin membeli atau menyewa, pilihlah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan artikel ini, sangat diharapkan anda dapat menentukan tipe atau jenis yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sekian artikel Tipe Apartemen yang Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli atau Menyewa. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membeli atau menyewa apartemen. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos.com.