Tips Memilih Tipe Apartemen yang Cocok Untuk Kamu – Kebingungan dalam memilih apartemen? Hampir setiap orang yang mengalami hal tersebut dalam menentukan pilihan saat akan menyewa/membeli apartemen. Terlebih jika anda seorang pemula dalam membeli property satu ini, wajar saja jika kebingungan. Untuk itu, sebelum memilih apartemen, ada baiknya anda ketahui dulu tipe-tipe unit apartemen. Ini tentunya sangat membantu anda dalam memilih, karena dengan ini anda dapat memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Nah, tentu saja anda akan memilih unit apartemen yang sesuai kebutuhan anda, yang tentunya dapat menunjang keseharian anda. Setiap orang tentunya mempunyai kepentingan yang berbeda-beda, contohnya untuk seorang pekerja yang cenderung memilih unit yang lebih luas agar dapat menunjang aktifitas kesehariannya. Lain halnya dengan keluarga, yang membutuhkan ruang keluarga dan ruang makan yang cukup luas.

Untuk itu, yang pertama kali anda harus ketahui adalah mengenal tipe dari unit apartemen. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai tipe apartemen berserta dengan ukuran dan spesifikasinya. Tipe yang paling sering ditemui oleh calon penghuni apartemen di Indonesa adalah Tipe Studio, 1BR, 2BR, dan 3BR. Dengan ini, kami akan berikan informasi selengkapnya tentang tipe unit apartemen yang harus anda ketahui sebelum menyewa atau membelinya.

Tipe-tipe Unit Apartemen

Tips Memilih Tipe Apartemen yang Cocok Untuk Kamu
Ilustrasi Tipe Apartemen | Image Source : Image Source : shutterstock.com

1. Apartemen Tipe Studio

Apartemen tipe studio ini merupakan tipe yang menggabungkan kamar tidur dengan dapur dalam satu ruangan. Namun untuk kamar mandinya ada di ruangan yang terpisah. Biasanya pada tipe studio ini, kamar mandi dilengkapi dengan Bathtub, namun ada juga yang hanya dilengkapi dengan shower.

  • Ukuran : 20 meter persegi – 35 meter persegi.
  • Kapasitas : Untuk kapasitas pada tipe ini, hanya bisa dihuni oleh 1-2 orang saja.

Tipe ini sangat cocok untuk orang yang masih lajang dan tinggal sendiri. Atau bisa juga untuk pasangan yang sudah menikah namum belum memiliki anak. Terlebih jika anda seorang mahasiswa, ini salah satu pilihan yang cocok untuk anda.

2. Apartemen Tipe 1 Bedroom (1BR)

Tipe satu ini berbeda dengan tipe apartemen diatas. Memiliki ukuran yang lebih luas dengan ruang tengan, dapur dan kamar yang terpisah. Untuk kamar biasanya dilengkapi dengan lemari pakaian. Serta untuk unit 1BR yang mewah, berisikan kamar mandi tambahan yang berukuran lebih kecil.

  • Ukuran : 32 meter persegi – 34 meter persegi, lebih luas dari ukuran apartemen tipe studio.
  • Kapasitas : Untuk kapasitas, tipe ini masih sama dengan studio. Dapat dihuni 1-2 orang.

Tipe satu ini untuk pasangan yang belum mempunyai anak atau untuk pekerja lajang yang tinggal sendiri. Mempunyai ruang yang lebih luar, tentunya unit satu ini banyak diminati oleh setiap orang.

3. Apartemen Tipe 2 Bedroom (2BR)

Salah satu tipe yang menjadi pilihan kebanyakan orang yang sudah berkeluarga. Ukuran yang cenderung lebih besar, dilengkapi dengan 2 kamar tidur yang terpisah. Biasanya disetiap kamar dilengkapi dengan lemari pakaian. Kamar tidur, ruang tengah, dapur dan kamar mandi terpisah. Meski begitu, di beberapa apartemen, ruang tengah dan dapur seringkali berada dalam satu area.

  • Ukuran : 45 meter persegi – 90 meter persegi
  • Kapasitas : 3-4 orang, karena mempunyai ukuran yang luas dan mempunyai 2 kamar tidur.

Dengan ukuran dan dapat menampung penghuni sebanyak 3-4 orang, tipe satu ini direkomendasikan untuk pasangan yang sudah menikah dan memiliki anak. Maka dari itu, banyak orang sudah berkeluarga lebih memilih apartemen dengan tipe ini.

4. Apartemen Tipe 3 Bedroom (3BR)

Tak jauh berbeda dengan tipe 2BR, yang menjadi pembeda hanyalah terdapat ruangan tambahan pada tipe ini. Selain itu, pembedanya hanya pada ukuran dari apartemen tersebut, lebih luas dari tipe sebelumnya.

  • Ukuran : 54 meter persegi – 108 meter persegi
  • Kapasitas : 4-5 orang

Ukurannya yang lebih luas, membuat kapasitas penghuninya lebih banyak. Dengan ukuran sedemikian, setidaknya dapat menampung penghuni 4-5 orang. Maka dari itu sangan cocok untuk pasangan lama yang mempunyai anak lebih dari 2.

Tips Memilih Tipe Unit Apartemen

Tips Memilih Tipe Apartemen yang Cocok Untuk Kamu
Ilustrasi Apartemen | Image Source : Image Source : shutterstock.com

Ada beberapa pertimbangan saat anda membeli atau menyewa apartemen yang perlu anda ketahui.. Yuk simak beberapa tips saat memilih apartemen dibawah ini.

1. Mengurutkan prioritas dalam memilih apartemen

Hal ini tentunya harus anda lakukan sebelum membeli apartemen. Anda tentunya harus mengetahui kebutuhan anda terlebih dahulu, dari yang penting hingga yang kurang penting.

  • Sewa bulanan murah
  • Apartemen berbiaya rendah
  • Lingkungan nyaman
  • Prosedur pindang dengan mudah
  • Maintenance yang baik
  • Ketahui fasilitasnya
  • Tampilan interior dan eksterior
  • Ukuran
  • Tampilan
  • Jarak dari tempat yang akan anda tempuh stiap harinya, misalkan jarak dengan kantor atau sekolah.

2. Kenali kekurangan dan kelebihan dari setiap tipe pada unit apartemen

Tentu saja, dalam setiap pasti terdapat kelebihan dan keurangannya. Ini merupakan salah satu hal yang harus anda ketahui sebelum membeli apartemen. Karena setiap tipe memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, maka dari itu ada baiknya anda ketahui apa saja kelebisan dan kekurangannya.

Dengan mengenali hal ini, tentunya anda sangat diharapkan untuk dapat memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menghidarkan anda dari segala penyesalan yang mungkin saja muncul ketika anda salah dalam memilih unit.

3. Perkirakan luas ruangan

Salah satu hal yang penting juga untuk anda pikirkan, ukuran ruangan yang disesuaikan dengan furniture yang anda miliki. Hal ini bisa anda lakukan, agar nantinya anda tidak kebingungan dalam menaruh barang-barang yang akan anda isi di apartemen anda.

4. Pastikan unit dengan luas terbatas dapat disiasati

Tentu saja semua akan kembali ke budget anda. Toh jika budget anda tidak cukup untuk membeli unit yang sesuai, anda juga dapat membeli unit yang murah dengan luas yang terbatas. Untuk itu, anda harus memastikan unit yang anda beli dapat anda siasati. Siasatilah ruangan yang sempit dengan cara :

  • Hanya membawa furniture yang penting saja dan tidak terlalu besar.
  • Siasati dengan rak tempel dinding untuk menaruh barang, seperti buku atau hal lainnya.
  • Gunakan warna cerah dalam ruangan, seperti warna putih agar ruangan dapat terlihat luas.
  • Gunakan lemari pakaian tanpa pintu, agar dapat menghemat ruang.

5. Bandingkan unit sejenisnya

Jika anda sudah menemukan unit apartemen idaman, jangan terburu-buru untuk menyewa atau membelinya. Anda dapat mencari informasi tentang apartemen yang lainnya, dan bandingkan unit-unit lainnya. Karena, harga unit berbeda-beda yang dipengaruhi lokasi, kredibilitas developer, fasilitas, dan sebagainya.

Sekian artikel tentang Tips Memilih Tipe Apartemen yang Cocok Untuk Kamu. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membeli atau menyewa apartemen. Jangan lupa untuk simak juga artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos.com.