Lebih Baik Beli Apartemen atau Rumah? Yuk Simak Tips Berikut – Banyak yang bingung dan mencari pertimbangan lebih baik membeli rumah atau apartemen. Terlebih jika anda tinggal di kota besar yang tentunya menuntut anda untuk memilih tempat tinggal yang praktis dan menjangkau keseharian anda. Tentunya ini menjadi pertimbangan saat anda memilih tempat tinggal jika anda tinggal di kota besar. Bila anda seorang karyawan, anda tentunya akan mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja anda.

Kini banyak apartemen yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah. Ini juga yang menyebabkan beberapa orang lebih memilih apartemen dibandingkan rumah yang harganya jauh lebih tinggi. Terlebih dengan keterbatasan lahan di kota besar juga yang terus disesaki oleh banyaknya bangunan. Maka dari itu, apartemen menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk tempat tinggal dimasa kini.

Namun, pebisnis property menyadari bahwa yang menjadi faktor banyak orang masih ragu memilih apartemen karena berjenis property yang menggunakan sertifikat starata tittle atau kepemilikan bersama. Untuk beberapa orang lainnya, hal ini tentunya bukan menjadi penghalang untuk memilih apartemen sebagai tempat tinggalnya. Dengan ini, para pengembang property kini semakin gencar melakukan iklan dan promosi.

Namun, tak sedikit orang yang masih bingung dalam Membeli Rumah atau Apartemen sebagai tempat tinggal, karena keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Jadi, bagaimana seluk beluk membeli apartemen atau rumah?, serta manakah yang lebih menguntungkan?. Nah, berikut akan kami jelaskan beberapa pertimbangan saat bingung membeli rumah atau apartemen untuk anda.

Ketahui Kebutuhan Serta Tujuan Sebelum Memilih Apartemen atau Rumah

Lebih Baik Beli Apartemen atau Rumah? Yuk Simak Tips Berikut
Lebih Baik Beli Apartemen atau Rumah? Yuk Simak Tips Berikut | Image Source : shutterstock.com

Perlu anda sadari bahwa membeli property membutuhkan biaya yang besar, maka dari itu haruslah dipikirkan dengan matang. Selain itu, pertimbangkan juga property seperti apa yang dibutuhkan dan lokasi yang diinginkan. Karena property yang anda beli, sudah tentu akan ditempati dalam waktu yang lama.

Pada umumnya, ada 2 jenis property yang digunakan sebagai hunian, yaitu :

  • Hunian vertical, seperti apartemen, rumah susun atau kondominium.
  • Rumah tapak.

Kebutuhan dan tujuan menjadi dasar dalam pembelian jenis hunian. Sebab hak dan kewajiban yang terkait dengan hunian vertical dan rumah tapak tentunya tidak sama. Ada perbedaan antara rumah tapak dengan rumah vertical, yang tentunya akan menambah atau mengurangi daya tarik masing-masing. Maka dari itu, membeli tempat yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan merupakan pertimbangan yang penting.

Pertimbangan umum yang biasanya digunakan sebelum membeli hunian, diantaranya :

  • Lokasi dan biaya
  • Luas bangunan yang diinginkan

Tentunya sangat penting untuk anda memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal diatas sebelum membeli hunian.

Pertimbangan Sebelum Beli Apartemen atau Rumah

Lebih Baik Beli Apartemen atau Rumah? Yuk Simak Tips Berikut
Ilustrasi Mempertimbangkan Membeli Apartemen Atau Rumah | Image Source : shutterstock.com

1. Pahami Status Hak Milik Rumah dan Apartemen

Hal satu ini tentunya sangat penting untuk diketahui dulu untuk calon pembeli hunian tersebut. Membeli rumah tapak sama artinya dengan memiliki rumah dan tanahnya sekaligus. Namun jika membeli apartemen, anda hanya akan memiliki ruangan di dalamnya saja. Paling tidak anda bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan untuk digunakan secara bersama-sama dengan penghuni lainnya.

2. Pertimbangan Proses dan Biaya Pemeliharaan

Jika anda membeli rumah, maka berarti anda bertanggung jawab untuk segala perawatannya. Sementara, jika anda membeli apartemen, pengelola yang bertanggung jawab atas semua pemeliharaannya. Besarnya biaya yang dikeluarkan tergantung pada kebijakan pengelola apartemen tersebut.

3. Fitur Komunikasi Apartemen Lebih Tertata dengan Rapi

Setiap hunian tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan, apartemen tentunya memiliki kelebihan seperti fitur komunikasi. Fitur yang dimaksudkan disini misalnya lapangan tenis, kolam renang atau fasilitas berbasis masyarakat lainnya menjadi lebih mudah digunakan dan dipelihara. Sementara jika membeli rumah tradisional, tentu saja fitur tersebut akan mengeluarkan biaya yang mahal karena dari pembangunan hingga pemeliharaan ditanggung sendiri.

Hal yang Turut Dipertimbangkan Sebelum Beli Apartemen atau Rumah

Lebih Baik Beli Apartemen atau Rumah? Yuk Simak Tips Berikut
Ilustrasi Menghitung Biaya | Image Source : shutterstock.com

Sebelum membeli jenis hunian, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Disini kamu akan memberikan beberapa tips yang tentunya dapat anda jadikan pedoman.

  1. Pertimbangkan lokasi, pastikan lokasi hunian anda berada di tempat yang strategis.
  2. Bandingkan harga untuk mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasar
  3. Pertimbangkan fasilitas yang ditawarkan
  4. Keamanan dan perawatan
  5. Jangan lupa untuk cek legalitas pengembang properti untuk menghindari masalah-masalah yang tidak diinginkan dikemudian hari. Untuk rumah, Sertifikat Hak Milik (SHM) harus ada. Untuk apartemen biasanya diberikan Sertifikan Hak Guna Bangunan (HGB) yang biasanya batas waktu penggunaannya sampai 20 tahunan.
  6. Perhatikan privasi. Di apartemen tentunya privasi lebih terjaga dibandingkan di rumah. Namun, kelebihan rumah adalah anda lebih mudah bersosialisasi dengan tetangga sekitar.

Keuntungan Memiliki Apartemen atau Rumah

Lebih Baik Beli Apartemen atau Rumah? Yuk Simak Tips Berikut
Ilustrasi Keuntungan| Image Source : shutterstock.com

Tentunya, kedua properti ini memiliki keuntungannya sendiri. Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk membeli properti ini, pastikan anda mengetahui apa saja keuntungan properti yang hendak anda beli. Tentu ini sangat penting dan wajib anda ketahui. Maka dari itu, simak keuntungan dari rumah dan apartemen berikut ini :

Keuntungan Apartemen

  1. Lokasi lebih strategis, mudah dijangkau karena berada di perkotaan dan tentunya dekat dengan perkantoran. Untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi, apartemen cocok untuk anda.
  2. Mempunyai berbagai fasilitas yang bisa dibilang lengkap dan tentunya mewah. Banyak fasilitas yang disediakan, mulai dari lapangan tenis, kolam renang, pusat kebugaran, spa dan lain sebagainya.
  3. Apartemen memberikan solusi gaya hidup praktisbagi pembelinya. Sebab, segala falitas yang berhubungan dengan kebersihan dan pemeliharaan gedung sudah menjadi tanggung jawab pengelola. Pemilik apartemen hanya tinggal membayar Service Charge
  4. Memiliki apartemen meningkatkan prestise bagi pemiliknya. Memberikan symbol kesuksesan, kemandiriian finansial, dan juga status sosial.Terlebih apartemen hampir mirip dengan hotel, maka persepsi seperti ini tidak ada salahnya.

Keuntungan Memiliki Rumah

  1. Nilai investasi rumah tentunya lebih baik dari apartemen. Jika dibandingkan antara apartemen dengan rumah, investasi rumah akan lebih bagus daripada investasi apartemen. Hal ini juga dapat berpengaruh kepada sulitnya menjual apartemen, kecuali apartemen yang memiliki harga murah. Jadi, jika kamu ingin berinvestasi jangka panjang dengan nilai yang bagus, sebaiknya kamu memilih rumah daripada apartemen.
  2. Memiliki 2 legalitas yang tentunya membuat pemilik rumah menjadi lebih nyaman. Dalam sertifikat yang legal, mempunyai 2 kepemilikan yaitu tanah dan rumah. Kemudahan dalam mengelola rumah dari sisi anggaran keuangan membuat rumah lebih fleksibel untuk perencanaan keuangan jangka panjang.
  3. Rumah mempunyai keunggulan lebih mudah untuk dijual kembali karena sudah memiliki sertifikat yang legal. Selain itu, rumah juga mudah seandainya ingin digadaikan.

Itulah keuntungan dari kedua properti yang sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Sangat diharapkan, dengan ini anda dapat menentukan pilihan anda tanpa ada keraguan. Serta pastinya anda tidak akan bingung lagi dalam menentukannya, karena sudah mempertimbangkan dengan baik sesuai kebutuhan dan kemampuan anda.

Sekian artikel ini, terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan dalam menentukan pilihan pada kedua properti ini, Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos.com.