8 Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial – Saat ini, banyak pebisnis property yang menawarkan apartemen fasilitas lengkap dengan harga yang terjangkau. Dibandingkan dengan rumah, harga yang ditawarkan untuk apartemen cenderung lebih murah. Inilah yang menyebabkan beberapa orang lebih memilih untuk membeli apartemen daripada rumah yang harganya cenderung lebih tinggi. Terlebih lokasi apartemen yang lebih strategis karena berada di pusat kota yang dekat dengan fasilitas umum, membuat apartemen banyak diminati.

Untuk kalangan milenial, biasanya mereka akan lebih memilih suatu kemudahan dengan tinggal di apartemen. Beragam fasilitas umum yang disediakan dan dapat digunakan sangat menambah ketertarikan. Terlebih jika apartemen yang dipilih dapat menunjang keseharian, tentu saja akan dipilih.

Saat memilih apartemen, tentunya ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum membeli. Ini bertujuan agar transaksi yang anda lakukan aman dan apartemen yang anda beli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang hendak membeli apartemen. Berikut tips membeli apartemen untuk generasi milenial.

Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial

1. Persiapkan Dana

8 Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial
Ilustrasi Uang | Image Source : Shutterstock.com

Hal yang paling umum dilakukan sebelum membeli sesuatu adalah menentukan budget. Hal ini sangat penting anda lakukan, karena dari sini anda akan dapat memudahkan anda dalam mencari apartemen yang hendak anda beli. Bukan hanya dana untuk membeli apartemen saja yang harus anda perhitungkan, namun ketahui juga biaya-biaya lainnya seperti pajak dan iuran.

2. Pilih Unit Apartemen Sesuai Kebutuhan

8 Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial
Ilustrasi Pilih Unit Apartemen | Image Source : shutterstock.com

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam tipe apartemen, mulai dari studio, 1 bedroom, 2 bedroom dan sebagainya. Tentu saja, harga yang diberikan juga berbeda-beda dalam setiap tipenya. Maka dari itu, sesuaikan tipe unit yang sesuai dengan kebutuhan anda, agar tidak rugi dikemudian hari.

3. Hitung Pajak dan Biaya Lainnya

8 Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial
Ilustrasi Menghitung Pajak | Image Source : shutterstock.com

Seperti yang sudah dibahas pada persiapan dana diatas, ada baiknya anda menghitung juga pajak dan biaya iuran di apartemen tersebut. Tentunya anda perlu menanyakan besaran pajak serta iuran lainnya, seperti biaya keamanan, parkir, air dan sebagainya.

4. Cari Tahu Kredibilitas dan Track Record Pengembang

8 Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial
Ilustrasi Pembuatan Apartemen | Image Source : shutterstock.com

Ini penting juga untuk anda lakukan, terlebih jika anda membeli unit pada saat soft launching. Tentu pada saat tersebut unit yang anda inginkan belum dibangun. Maka dari itu, agar terhindar dari modus penipuan san developer nakal, sebaiknya cari tahu kredibilitasnya sebelum membeli. Agar lebih gampang, anda dapat mencari informasi ini lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

5. Cek Izin dan Legalitas Bangunan Apartemen

8 Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial
Ilustrasi Pengecekan Izin dan Legalitas Apartemen | Image Source : shutterstock.com

Penting untuk anda mencari tahu kredibilitas pengembang dari izin dan legalitas apartemen. Pastikan pihak developer telah mengantongi sertifikat HGB, IMB dan SIPPT dari pemerintah setempat. Ini dapat anda lakukan saat anda membeli apartemen baru atau seken/bekas.

6. Gunakan Jasa Agen Properti Profesional

Ilustrasi Jasa Agen Properti | Image Source : shutterstock.com

Jika anda baru pertama kali terjun dalam proses jual-beli apartemen, mungkin akan sedikit susah. Maka dari itu, anda bisa menggunakan agen properti untuk mengurus segala hal. Dengan agen property ini, segala urusan jual-beli apartemen, seperti mencari lokasi, unit terbaik, negosiasi, hingga merngurus surat-surat dilakukan sepenuhnya oleh agen.

7. Ketahui Fasilitas Pada Apartemen

Ilustrasi Fasilitas Apartemen| Image Source : shutterstock.com

Pada apartemen, tentunya ada berbagai fasilitas yang bisa anda dapatkan. Fasilitas dibedakan menjadi 2, fasilitas umum dan fasilitas pendukung. Fasilitas pendukung merupakan fasilitas yang tersedia di area apartemen, serta diperuntukan bagi para penghuni saja. Maka pastikan fasilitas apa saja yang akan anda dapatkan saat akan membeli unit apartemen.

8. Perhatikan Fasilitas Umum Sekitar Apartemen

Ilustrasi Sekitar Apartemen | Image Source : shutterstock.com

Sebelum anda membeli apartemen, ada baiknya anda amati fasilitas umum di sekitar apartemen. Pastikan lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, kampus, dan sebagainya. Hal ini tentunya penting dilakukan karena nantinya dapat melakukan aktivias sehari-hari secara mudah dan cepat.

Sekian 8 Tips Membeli Apartemen Untuk Generasi Milenial. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membeli apartemen. Jangan lupa untuk siimak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di cari-kos.com.