Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dimulai sejak akhir tahun 2019 lalu. Dimulai dari seleksi administrasi, kini proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019  ditahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Bagi kalian yang sudah lolos seleksi administrasi, kini saatnya mempersiapkan diri untuk mengikuti tes SKD. Seleksi tahap ini dilaksanakan oleh instansi masing-masing. Jadi kalian harus aktif mencari informasi mengenai pelaksanaan seleksi tahap ini. Baru-baru ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI meliris informasi mengenai kisi-kisi SKD CPNS 2019. Apa saja ya kisi-kisinya? Yuk baca informasi penting mengenai Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 dibawah!

1. Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2019

Dalam Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019, kalian akan mengerjakan soal-soal tentang Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Jumlah soal TKP adalah sebanyak 35 soal. Hal-hal yang akan dinilai dari tes ini meliputi: pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, dan profesionalisme. Jadi bagi kalian yang sedang bersiap mengikuti seleksi kompetensi dasar, ayo mulai pelajari materi seputaran karakteristik pribadi ini ya!

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 | image source: www.pexels.com
Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

2. Tes Wawasan Kebangsaan CPNS 2019

Tes berikutnya adalah Tes Wawasan Kebangsaan atau biasa disingkat TWK. TWK terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Adapun penilaian dari tes ini meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. Tentu pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan sudah kalian dapatkan sejak sekolah dasar kan. Maka dari itu, sekarang tinggal memantapkan saja agar bisa mengerjakan soal-soal ini dengan lancar!

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 | image source: www.pexels.com
Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

3. Tes Intelegensia Umum CPNS 2019

Tes terakhir adalah Tes Intelegensia Umum atau juga disebut TIU. Pada tes ini, kalian akan mengerjakan 35 soal. Penilaian untuk Tes Intelegensia Umum terdiri dari: kemampuan verbal, kemampuan numerik dan kemampuan figural. Kemampuan verbal adalah kemampuan kalian dalam menguasai analogi, silogisme dan analitis. Sementara kemampuan numerik adalah kemampuan kalian dalam menguasai berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif dan soal cerita. Kemudian terakhir mengenai kemampuan numerik dan kemampuan figural, kalian akan diuji mengenai analogi, ketidaksamaan dan serial.

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 | image source: www.pexels.com
Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

Nah itu dia informasi mengenai SKD CPNS 2019 yang dirilis oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Dalam seleksi tahap ini, kalian akan mengerjakan soal dengan waktu 90 menit. Jumlah soal sebanyak 100 soal pilihan ganda. Tes dikerjakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dengan demikian, bagi kalian yang akan mengikuti seleksi tahap ini, silahkan mempersiapkan diri sebaik mungkin! Kalian juga bisa mencari referensi tempat tinggal untuk persiapan dan perencanaan apabila kalian harus pindah tempat tinggal sesuai wilayah kerja kalian. Informasi seputara kos di Bali, Jakarta, Surabaya, Bandung, bisa langsung mengunjungi website cari-kos.com! Atau jika kalian butuh tips seputar Tips Mengatur Pos Keuangan, silahkan baca artikel berikut!

Tag : Anak Kos, CPNS, Karir, SKD, tips