Libur panjang Lebaran baru saja berakhir nih! Buat anak kos yang merantau dan tinggal jauh dari keluarga, momen libur panjang biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. Entah hanya untuk duduk santai berbagai cerita, hingga liburan ke tempat wisata baru. Namun kadang tidak semua momen libur Lebaran dapat digunakan untuk pulang mudik. Terkadang ada saja beberapa urusan di rantauan yang tidak bisa ditinggal. Sehingga mau tidak mau libur Lebaran hanya bisa dinikmati singkat. Tetapi meskipun begitu, para anak kos yang bernasib seperti ini masih punya harapan untuk menikmati liburan kok! Kalian bisa menghabiskan liburan untuk solo travelling atau dengan teman-teman sesama anak kos. Takut biaya liburan mahal? Tenang, dalam artikel ini akan dibahas tentang Tips Liburan Hemat Buat Anak Kos yang bisa menyelamatkan keuanganmu, namun tetap membahagiakan diri!

1. Rencanakan Liburan dengan Matang

Tips Liburan Hemat Buat Anak Kos | source: www.pexels.com
Tips Liburan Hemat Buat Anak Kos | source: www.pexels.com

Perencanaan yang matang sangat menentukan liburan kalian! Mulai dari perencanaan tanggal, tempat tujuan, hingga perencanaan budget. Perencanaan awal liburan yang bisa kalian jadikan start adalah merencanakan tanggal. Carilah hari yang tepat dimana tidak berbenturan dengan jadwal kegiatan kalian lainnya. Setelah mendapatkan tanggal, kalian bisa lanjut dengan merencanakan tujuan liburan. Jangan lupa untuk mengecek apakah tempat kalian itu dibuka atau tidak pada tanggal yang sudah kalian rencanakan. Nah setelah menentukan tempat tujuan, kalian bisa mulai merencanakan budget. Dengan sudah mengetahui tempat tujuan, kalian bisa memperkirakan biaya yang akan kalian habiskan mulai dari untuk menempuh perjalanan hingga tiket masuk destinasi tujuan.

2. Hindari Hotel Berbintang untuk Tempat Menginap Selama Liburan

Tips Liburan Hemat Buat Anak Kos | source: www.pexels.com
Tips Liburan Hemat Buat Anak Kos | source: www.pexels.com

Sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum kalau menginap di hotel menghabiskan biaya yang cukup banyak. Apalagi kalau menginap di hotel berbintang, tentu akan merogoh budget yang tinggi. Bagi anak kos yang akan liburan, menginap di hotel berbintang ini haruslah dihindari. Untuk menyiasati tempat tinggal selama liburan, kalian bisa mencari homestay atau rumah-rumah warga sekitar yang bisa ditumpangi menginap. Biasanya di daerah pariwisata, tempat menginap yang ramah dompet seperti ini cukup mudah untuk ditemukan. Apalagi jika kalian atau teman kalian punya kerabat di daerah tujuan wisata kalian, bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat menginap gratis tuh! Yang terpenting adalah, hindari hotel berbintang jika mau liburan kalian hemat budget.

3. Gunakan Jalur Darat dan Angkutan Umum Jika Memungkinkan

Tips Liburan Hemat Buat Anak Kos | source: www.pexels.com
Tips Liburan Hemat Buat Anak Kos | source: www.pexels.com

Jika tempat tujuan kalian bisa ditempuh dengan jalur darat, lebih baik kalian menggunakan transportasi darat. Biasanya menggunakan transportasi darat dapat menekan budget pengeluaran yang lumayan banyak. Apalagi jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi udara, perbedaan biaya yang dikeluarkan sangatlah terasa. Selain menggunakan jalur darat, akan lebih menghemat jika kalian memanfaatkan angkutan umum untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain menghemat, pengalaman liburan dengan angkutan umum tentu akan lebih berkesan daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Nah itu dia tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk libur panjang selanjutnya! Satu hal terpenting ketika melakukan perjalanan liburan adalah kalian menikmati liburan dan mendapatkan pengalaman. Meskipun dengan liburan low budget dan berusaha menghemat semampunya, jangan berhemat sampai keterlaluan. Karena nantinya bisa menimbulkan penyesalan. Jadi berhematlah sewajarnya ya! Atau bagi kalian yang ingin menghabiskan liburan dengan mencari pekerjaan sampingan, bisa baca artikel 3 Pekerjaan Unik Buat Anak Kos untuk menambah uang jajan kalian! Semoga artikel ini bermanfaat.