10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos – Bisnis makanan ringan tentunya salah satu bisnis yang bagus saat ini maupun masa mendatang. Mengingat bahwa target pasar tak hanya anak-anak, melainkan juga remaja hingga orang tua. Maka tak heran jika bisnis makanan ringan telah menjamur di berbagai daerah.

Bisnis satu ini juga cocok untuk para anak kos yang memiliki waktu luang dan cocok untuk pemula. Modal yang digunakan juga tidak besar, sehingga sangat cocok untuk anak kos. Ada beragam jenis makanan ringan yang bisa kamu jual, muali dari kripik, gorengan dimsum dan yang lainnya.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis makanan ringan, ada baiknya kamu buat persiapan terlebih dahulu. Perencanaan tentunya sangat penting dalam memulai sebuah bisnis, entah besar atau kecil agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Sebelum memulai, lakukanlah riset dan analisa pasar, meski pun bisnis makanan ringan memiliki peluang besar. Tujuannya, agar kamu dapat memilih camilan yang memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Apa kunci sukses bisnis makanan ringan?

Setiap bisnis memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik, entah itu bisnis besar, menengah atau kecil sekali pun. Agar sukses, kamu tentu harus tekun agar memiliki pelanggan tetap. Ditambah makanan ringan yang kamu jual sangat bervariatif dan rasanya enak. Selain itu, ada beberapa hal yang turut mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam melakukan bisnis makanan ringan, diataranya :

1.  Inovasi Produk dan Pemasaran

Pebisnis makanan ringan harus berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda. Sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak masalah jika produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang kamu jual terebut berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar.

2. Makanan Ringan Berkualitas

Makanan yang kamu jual haruslah memiliki kualitas yang bagus, baik dari bahan, pengolahan dan pengemasan. Bahan yang digunakan harus higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya menggoreng makanan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Lalu kemaslah makanan dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

3. Ciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Layani semua pelanggan dengan baik, entah kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Berikan kesan baik pada pelanggan, agar pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali. Manfaatkan juga media sosial untuk membranding makanan ringan yang kamu jual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan. Sebab, hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan.

4. Strategi Penjualan

Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, sebab itu sebagai pemula bisnis makanan ringan. Kamu tentunya harus memikirkan strategi penjualan yang tepat, serta mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan. Contohnya, seperti diskon, menambah bobot makanan, atau membagikan sampel produk secara gratis di area pangsa pasar.

5. Visioner, Think Big, Think Positif

Selalu berfikir ke depan dan menyeluruh, serta berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran pebisnis. Dalam menjalankan bisnis, kamu dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik.

Dengan pikiran yang jernih, kamu akan dibantu untuk berfikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu ber[ikir positif.

Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos

Ada beragam bisnis makanan ringan dengan modal kecil. Untuk kamu yang bingung, yuk simak beberapa ide bisnis makanan ringan dengan modal kecil di bawah ini.

1. Dessert Box

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Dessert Box | Image Source : istockphoto.com

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam membuat aneka kue basah, seperti brownies, tiramisu dan yang lainnya, ada baiknya gunakan untuk berbisnis. Dessert merupakan salah satu makanan yang laris di pasaran. Tak heran jika banyak yang memilih makanan satu ini untuk menambah penghasilan.

Makanan ini bisa kamu kreasikan semenarik mungkin, begitupun kemasannya. Kamu bisa mempromosikan makanan satu ini di sosial media untuk membantu penjualan. Ciptakan rasa yang berkesan, sehingga konsumen tertarik untuk membeli kembali.

2. Dimsum

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Dimsum | Image Source : pexels.com

Dimsum merpakan camilan yang sangat populer di Indonesia. Berasal dari Tiongkok, makanan ini banyak peminat dari muda hingga orang tua. Ada beragam jenis dimsum yang bisa kamu jajakan. Beberapa jenis dimsum yang dijual dan populer di Indonesia, seperti :

  • Siomai atau Siu Mai
  • Bakpao atau Bao Zi
  • Pangsit sup atau Xiao Long Bao
  • Angsio ceker atau Zheng Feng Zhua
  • Hakau atau Har Gao
  • Mantau atau Mantou
  • Lumpia atau Chun Juan

3. Roti Bakar

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Roti Bakar | Image Source : istockphoto.com

Roti bakar menjadi salah satu makanan yang menjadi favorit hampir setiap orang di Indonesia. Sejalan dengan perkembangannya yang begitu pesat, kini bisa ditemukan disetiap suduh daerah. Memiliki berbagai varian rasa yang nikmat, maka tak heran jika banyak yang suka dengan makanan satu ini.

Bisnis satu ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memulai bisnis makanan. Kamu dapat mengkreasikan varian rasa, sehingga dapat menarik konsumen untuk membelinya. Berikan kesan baik kepada konsumen, sehingga mereka akan datang lagi untuk membeli makanan yang kamu jual.

4. Tahu Kremes

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Tahu Kremes | Image Source : istockphoto.com

Camilan satu ini banyak diminati, tak heran jika hingga saat ini bisnis tahu kremes menjamur di Indonesia. Tahu kremes merupakan tahu yang dilapisi tepung garing, sehingga sangat cocok sebagai camilan.

Makanan ini bisa kamu kreasikan dengan menambahkan isian daging atau sayuran di dalamnya untuk menambah kenikmatan. Terlebih makanan satu ini sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak. Jadi bisnis makanan satu ini memiliki prospek usaha yang sangat bagus.

5. Singkong Keju

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Singkong Keju | Image Source : istockphoto.com

Sempat buming beberapa tahun yang lalu dan hingga kini masih ada peminatnya. Singkong keju merupakan camilan yang digemari oleh banyak orang. Meski kini penjualnya sudah sedikir, bukan berarti makanan ini sepi peminat.

Ada beberapa varian rasa, seperti singkong keju pedas, singkong keju coklat dan yang lainnya. Kamu juga dapat mengkreasikan rasanya, sehingga dapat menarik perhatian pembeli.

6. Aneka Olahan Pisang

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Pisang Keju | Image Source : istockphoto.com

Pisang bisa kamu jadikan berbagai makanan dan camilan, seperti pisang goreng, pisang keju, kripik dan masih banyak yang lainnya. Jika kamu memiliki kemampuan dalam mengolah pisang menjadi camilan yang lezat, ini bisa kamu jadikan bisnis loh.

Peminat olahan pisang sangat banyak di Indonesia, hampir di semua kalangan. Ini tentunya menjadi prospek usaha yang sangat bagus. Terlebih jika kamu dapat mengkreasikan varian rasanya sehingga menjadi lebih nikmat. Tentu makanan yang kamu jual ini akan menjadi pilihan.

7. Salad Buah

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Salad Buah | Image Source : istockphoto.com

Makanan sehat tentu sangat baik untuk dikonsumsi pada masa pandemi seperti saat ini. Buah-buahan menjadi salah satu yang harus dikonsumsi untuk mencukupi vitamin dan mineral dalam tubuh. Tentu makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi.

Salad buah menjadi pilihan untuk memulai Gaya Hindup Sehat. Baik di konsumsi oleh semua kalangan, menjadikan makanan satu ini banyak peminatnya. Tentu ini menjadi ladang bisnis bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam mengolah makanan sehat, salah satunya salad buah.

Bisnis ini memiliki prospek usaha yang bagus. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal yang minim loh. Sangat cocok untuk anak kos yang ingin mencari uang tambahan.

8. Aneka Kripik

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Kripik | Image Source : istockphoto.com

Jenis bisnis satu ini cukup menjanjikan, melihat dari banyaknya peminat kripik, namun penyedia jenis makanan ini tidak banyak. Kamu dapat menjual berbagai jenis kripik, seperti kripik kentang, pisang, kripik singkong dan yang lainnya.

9. Gorengan

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Gorengan | Image Source : istockphoto.com

Gorengan adalah salah satu makanan ringan yang tidak ada matinya dan selalu diminati oleh semua orang. Ada beragam jenis gorengan yang biasa dijual di, seperti gorengan tempe, tahu, pisan, risoles, cireng, dan masih banyak yang lainnya.

Bisnis ini cukup menjanjikan, melihat makanan satu ini ada matinya dan peminatnya sangat banyak. Ini menjadi peluang bagi kamu untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

10.  Bomboloni

10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos
Ilustrasi Bomboloni | Image Source : istockphoto.com

Ide bisnis makanan selanjutnya adalah menjual bomboloni yang mirip dengan donat. Bedanya, bomboloni tidak memiliki bagian yang bolong di tengahnya. Melainan diisi dengan berbagai pilihan rasa vla atau krim yang banyak di gemari.

Makanan satu ini berasal dari italia, makanan satu ini bisa menjadi ide bisnis makanan yang mendatangkan cuan. Cara membuatnya hampir sama dengan donat. Usaha camilan ini bisa kamu kreasikan sekreatif mungkin. Seperti menerima pesanan untuk ulang tahun atau semacamnya.

Sekian 10 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Anak Kos. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu yang sedang berkeinginan untuk membuka suatu bisnis makanan. Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar anak kos hanya di Cari-kos Blog.