Musim silih berganti, waktu terus berjalan, namun nasib anak kos tetaplah stagnan. Kehidupan para anak kos memang penuh dengan perjuangan. Kebanyakan dari mereka akan mencari uang saku tambahan demi berlangsungnya kehidupan. Nah, kalau kamu ingin mencobanya. Lakukan beberapa bisnis musiman berikut ini. Lumayan juga lho untuk menambah uang saku.
Musim yang terus berubah dapat dimanfaatkan para anak kos. Karakteristik bisnis musiman yang berlangsung dengan waktu singkat dan silih berganti harus dimanfaatkan sebaik mungkin buat anak kos. Sebagai anak kos yang mandiri, kamu perlu tahu kapan dan dimana kamu mulai berbisnis musiman.

1. Ide pertama yakni bisnis souvenir di musim wisuda

Bisnis souvenir di musim wisuda | https://www.hipwee.com/
Bisnis souvenir di musim wisuda | https://www.hipwee.com/

Sebagai mahasiswa yang baik, kamu pasti tahu betul kapan musim wisuda akan datang. Alih-alih mengucapkan selamat kepada para wisudawan, kamu juga bisa menjadikan ini sebuah bisnis. Kamu bisa coba menjual bunga segar maupun plastik, boneka dengan atribut wisuda, dan beberapa hal apik lainnya yang di kemas dengan menarik.

2. Ide lainnya bisa kamu lakukan di musim tahun baru

Musim tahun baru | https://img-z.okeinfo.net/
Musim tahun baru | https://img-z.okeinfo.net/

Momentum tahun baru yang juga berdekatan dengan natal bisa menjadi sebuah ide bisnis musiman yang tepat. Peralatan seperti pohon natal, lampu hias, parcel, kartu ucapan, kado natal, terompet, kembang api dan peralatan simbolik lainnnya bisa coba kamu jual. Dengan membuka pre-order untuk barang-barang tersebut kamu sudah dapat memanfaatkan musim tahun baru menjadi bisnis juga kan.

3. Hal lain yang bisa kamu jadikan bisnis adalah di musim bulan ramadhan

Musim bulan ramadhan | http://poskotanews.com
Musim bulan ramadhan | http://poskotanews.com

Bisnis ini sudah banyak sekali dilakukan oleh para mahasiswa. Di bulana ramadhan tersebut, menjual takjil dan makanan untuk berbuka menjadi usaha yang cukup meyakinkan. Dengan biaya produksi yang fleksibel, kamu bisa memulainya kapanpun. Tempat-tempat yang ramai menjadi pilihan yang tepat untuk menjajakan barang daganganmu.

4. Musim kampanye dan pemilu menjadi peluang bisnis musiman yang cocok untuk mahasiswa

Musim kampanye | http://cdn-media.viva.id/
Musim kampanye | http://cdn-media.viva.id/

Siapa sangka musim kampanye seperti ini bisa dijadikan bisnis musiman bagi para mahasiswa. Kamu bisa bekerja sama dengan percetakan sablon untuk menciptakan atribut-atribut kampanye seperti kaos dan sticker. Lebih bagus lagi kamu bisa menanganinya sendiri dengan mengajak kelompok teman bisnismu.

Menurut kamu bisnis musiman apa yang cocok buat kamu? Atau malah kamu punya ide bisnis musiman yang lainnya?