Bagi kalian yang akan mencari sekolah maupun pekerjaan, tentu sangat familiar dengan istilah psikotes bukan? Pada tahap seleksi, sering kali psikotes ini menentukan apakah kita akan diterima atau tidak. Nah untuk menambah wawasan kalian tentang psikotes sebelum mengikutinya, ada baiknya kalian mengenal jenis-jenis psikotes tersebut. Salah satunya adalah tes DISC. Ada yang pernah mendengar sebelumnya? DISC adalah sebuah alat tes yang berbentuk pelaporan diri. Alat ini dikembangkan oleh William Moulton dan digunakan untuk memahami tipe-tipe perilaku dan gaya kepribadian. Istilah DISC berasal dari empat elemen ukur tes, yaitu Dominance Influence, Steadiness dan Conscientiousness. Apa saja pengertian dari keempat elemen itu? Yuk simak artikel berikut untuk Mengenal DISC Dalam Psikotest!

1. Dominance dalam DISC

Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com
Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com

Dominance adalah dorongan untuk mengontrol, meraih tujuan/target tertentu. Nah bagi kalian yang dominan di elemen dominan ini, kalian adalah orang yang suka mengendalikan lingkungan dan merasa puas saat berhasil menggerakkan orang-orang sekitar. Umumnya, orang dengan elemen dominan ini merasa sangat senang ketika diberi tugas penting. Apalagi jika berhubungan dengan hal-hal yang bersifat pengambilan keputusan. Maka dari itu, posisi pemimpin adalah posisi yang diharapkan oleh orang-orang dengan elemen ini. Apakah kalian termasuk yang memiliki jiwa pemimpin?

2. Influence dalam DISC

Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com
Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com

Influence adalah dorongan untuk mempengaruhi orang lain, di dengarkan dan bebas berekspresi. Jika kalian suka dengan aktivitas yang memungkinkan kalian bertemu orang banyak, bekerja sama dengan orang, dan berada dalam lingkungan pertemanan yang luas, kemungkinan besar kalian adalah orang dengan elemen influence! Orang dengan karakter influence ini memiliki kecenderungan bekerja tim. Sehingga sering kali mereka tidak suka bekerja sendirian. Jadi, kalian lebih senang bekerja sendiri atau bekerja tim?

3. Steadiness dalam DISC

Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com
Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com

Steadiness adalah dorongan tetap stabil dan konsisten. Biasanya, orang-orang dengan elemen steadiness ini adalah mereka yang pendiam, tidak terlalu suka perubahan, dan terkesan membosankan. Jika kalian jago mengatur sesuatu secara sistematis, bertahap, dan teratur, kemungkinan besar kalian memiliki kecenderungan elemen steadiness ini! Apabila kenyataan tidak berjalan sesuai rencana, biasanya mereka akan merasa tidak nyaman. Namun disisi lain, orang-orang dengan karakter steadiness ini memiliki kecenderungan sabra, dapat diandalkan dan loyal.

4. Compliance dalam DISC

Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com
Mengenal DISC Dalam Psikotest | sumber: www.pexels.com

Compliance adalah dorongan untuk mendapatkan sesuatu yang benar, pasti dan tidak menimbulkan masalah. Orang yang dominan di aspek ini sangat menyukai akurasi dan ketelitian. Jika kalian biasa merencanakan sesuatu dengan detail, menyeluruh, dan matang, bisa jadi kalian memiliki kecenderungan compliance ini. Selain itu, kecenderungan compliance ini juga terlihat dari mereka yang memiliki standar yang tinggi terhadap sesuatu atau perfeksionis. Apabila ada hal-hal baru, seringkali mereka menganalisa dengan kritis dan bersikap skeptis agar menerima dan menelaah semuanya dengan baik.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang elemen untuk Mengenal Tes DISC Dalam Psikotest. Jika kalian sudah bersiap untuk mencari sekolah, atau kerja, ada baiknya mengenal beragam tes psikotes terlebih dahulu dan mencobanya. Baca juga artikel 3 Pekerjaan Unik Buat Anak Kos untuk menambah pengetahuan kalian tentang pekerjaan yang akan kalian tekuni. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tag : Anak Kos, Kost, tips