Tinggal di apartemen atau rumah? Mana Yang Lebih Cocok Untuk Kamu – Banyak orang bingung ketika menentukan memilih menetap di rumah atau tinggal di apartemen. Untuk kaum millennial cenderung praktis dalam memilih tempat tinggal, entah itu membeli ataupun menyewa. Jika dibandingkan antara rumah dan apartemen, sebenarnya kedua tempat hunian ini merupakan properti yang bagus untuk kamu jadikan investasi jangka panjang.

Merupakan properti yang sama-sama bagus dan inilah yang menyebabkan kebanyakan orang-orang bingung dalam memlih kedua tempat hunian ini. maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan tinggal pada kedua hunian tersebut. Disini, kami akan berikan beberapa perbedaan yang mendasar antara apartemen dengan rumah.

1. Harga Apartemen Lebih Murah Daripada Rumah

Tinggal di apartemen atau rumah? Mana Yang Lebih Cocok Untuk Kamu
Ilustrasi Apartemen | Image Source : shutterstock.com

Pada umumnya, harga apartemen cenderung lebih murah daripada harga rumah. ini tentunya jika kemewahan bukanlah syarat utama dalam memilih apartemen, tentunya akan lebih murah.

Sedangkan, untuk rumah dan tanah yang sudah pasti harganya yang jauh lebih tinggi. Untuk saat ini di kota-kota besar, sangat jarang ada rumah hunian dengan harga dibawah 1 miliar rupiah. Tentunya ini yang menyebabkan beberapa orang lebih memilih untuk tinggal pada apartemen. Walaupun lebih mahal, rumah tentunya memiliki nilai investasi yang lebih baik.

Maka dari itu, sebaiknya kamu harus dapat menyesuaikan dengan kondisi finansialmu. Jika finansialmu mampu untuk kredit rumah, maka belilah rumah yang sudah tentu nilai investasinya lebih bagus. Jika kamu ingin mencari yang lebih murah, maka apartemen studio 25 meter persegi bisa kamu pilih sebagai alternatif.

2. Apartemen Memiliki Biaya Bulanan

Tinggal di apartemen atau rumah? Mana Yang Lebih Cocok Untuk Kamu
Ilustrasi Biaya Bulanan | Image Source : shutterstock.com

Meskipun harga yang ditawarkan lebih murah, apartemen tentunya memiliki biaya bulanan yang harus dibayar. Biaya tambahan ini dibayar setiap bulan, biasa disebut Service Charge. Biaya bulanan ini diperlukan untuk pemeliharaan, keamanan, pembuangan sampah dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, Service Charge merupakan biaya bulanan diluar listrik, air telepon dan internet (jika tersedia). Pada setiap apartemen mempunyai biaya bulanan yang berbeda-beda, karena diukur dari luas kamar dan jenis apartemen itu sendiri.

Rumah juga memiliki iuran bulanan, seperti iuran kampung atau iuran warga yang wajib untuk dibayar setiap bulannya. Namun tentunya, jumlah iuran tersebut tidak sebear Service Charge apartemen, kecuali kamu tinggal pada komplek perumahan mewah.

3. Nilai Investasi Apartemen Tidak Sebagus Rumah

Tinggal di apartemen atau rumah? Mana Yang Lebih Cocok Untuk Kamu
Ilustrasi Rumah | Image Source : shutterstock.com

Dalam memilih hunian, tentunya point terpentingnya ada pada nilai investasinya. Jika dibandingkan antara apartemen dengan rumah, investasi rumah akan lebih bagus daripada investasi apartemen. Hal ini juga dapat berpengaruh kepada sulitnya menjual apartemen, kecuali apartemen yang memiliki harga murah. Jadi, jika kamu ingin berinvestasi jangka panjang dengan nilai yang bagus, sebaiknya kamu memilih rumah daripada apartemen.

4. Tinggal di Apartemen, Terkesan Privat dan Eksklusif

Ilustrasi Tinggal di Apartemen | Image Source : shutterstock.com

Terkesan lebih lebih privat dan eksklusif, bahkan kamu jarang juga bertemu atau saling mengenal antar tetangga sebelah dengan baik. Tidak seperti jika tinggal pada rumah, yang sudah tentu akan lebih mengenal tetangga sekitar, terlebih jika tinggal pada komplek perumahan.

Jika kamu lebih suka dengan kehidupan yang privat dan eksklusif, maka sangat cocok untuk kamu memilih apartemen. Selain eksklusif, tinggal pada apartemen juga praktis, sangat cocok untuk kamu yang tidak suka ribet.

5. Fasilitas Apartemen Lebih Lengkap

Ilustrasi Fasilitas Apartemen | Image Source : shutterstock.com

Untuk fasilitas, pada apartemen cenderung lebih lengkap. Fasilitasnya berupa kolam renang, tempat fitness, spa, dokter gigi, taman, kafe sampai food court. Semua fasilitas ini biasanya ada pada apartemen. Adapula apartemen yang dibangun tepat diatas pusat perbelanjaan yang tentunya akan dapat lebih memudahkan.

Jika kamu suka dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, kamu bisa mengambil sebuah unit apartemen yang sesuai dengan kondisi finansialmu.

Itu tadi beberapa perbedaan yang paling mendasar antara apartemen dengan rumah. Tentunya setiap orang memiliki kenginan atau selera yang berbeda-beda, nah kalau kamu pilih yang mana nih? Ingan sesuaikan dengan kondisi finansial yaa!

Sekian Tinggal di apartemen atau rumah? Mana yang lebih cocok buat kamu. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan dalam menentukan apartemen atau rumah. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos.com.