Bagaimana Membersihkan Rumah yang Tepat? – Ketika musim liburan ataupun sedang berakhir pekan, membersihkan rumah menjadi satu aktivitas yang wajib. Biasanya, semua anggota keluarga dikerahkan untuk membersihkan semua sudut rumah. Nah, ternyata ada banyak sekali tips yang bisa ditiru untuk membersihkan rumah dengan baik dan efektif. Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

Bagaimana Membersihkan Rumah yang Tepat?
Ilustrasi Membersihkan Rumah
Bagaimana Membersihkan Rumah yang Tepat?
Berish-bersih Rumah

Rumah Minimalis yang luas dan juga sangat mendetail sangat mengerahkan banyak tenaga untuk menyelesaikannya. Sehingga, cara jitu yang bisa dilakukan adalah melakukan pembersihan rutin pada bagian-bagian tertentu saja. Asalkan pekerjaan ini ringan, maka tidak membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang banyak.

Membersihkan Rumah yang Tepat

Misalnya, anda bisa menyapu lantai, membersihkan meja, kamar mandi dan hal lainnya yang dirasa penting. Dengan melakukan hal-hal kecil tersebut rutin setiap harinya anda akan selalu mendapatkan keadaan rumah yang nyaman dan terjaga setiap harinya. Contoh yang lain misalnya pada perkakas dapur anda seperti kompor.

Rajin untuk membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api adalah cara jitu untuk mengurangi pekerjaan rumah. Cara membersihkannya bisa menusuk lubang dengan jarum atau dengan sikat supaya kotoran yang ada didalam lubang keluar. Karena kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah.

Bagaimana Membersihkan Rumah yang Tepat?
Ilustrasi bersih-bersih
Bagaimana Membersihkan Rumah yang Tepat?
Ilustrasi Mmbersihkan Kaca

Anda juga bisa melakukan pembersihan kamar mandi dengan rutin tanpa harus menunggu kamar mandi sangat kotor, misalnya pada lantai kamar mandi. Lantai kamar mandi yang berkerak kuning kecokelatan dapat dihilangkan dengan cara berikut ini, kerak digosok berkali-kali dengan batu apung dan air sabun, kemudian dibilas dengan air bersih.

Citroenzuur (asam sitrat) ditaburkan pada dinding dalam atau luar dan dasar bak mandi yang sudah dibasahi sebelumnya, biarkan asam sitrat bereaksi selama satu jam. Kemudian, disikat dan disiram dengan air bersih dan dibilas sampai benar-benar bersih. Selanjutnya keringkan dengan lap kering. Asam sitrat atau sering disebut sitrun yang berbentuk bubuk berwarna putih tersebut dapat diperoleh di toko-toko perlengkapan kue.

Bagaimana Membersihkan Rumah yang Tepat?
Ilustrasi Bersih-Bersih

Siapkan Alat-alat Untuk Membersihkan Rumah

Membersihkan bagian rumah yang lainnya juga bisa anda lakukan secara rutin tanpa harus menunggu semuanya sangat kotor, misalnya anda bisa menyapu semua lantai rumah dengan rutin, mengepal lantai, merapikan rak buku dan perabotan secara rutin, sampai dengan melakukan pengecatan dinding rumah tanpa harus menunggu semuanya mengelupas karena cuaca.

Anda harus memilih alat dan bahan yang aman dan juga baik untuk proses pembersihan. Alat dan bahan kebersihan yang baik juga harus aman untuk semua orang yang mengenakan dan menggunakannya. Jangan sampai kesehatan anda sebagai orang yang menggunakannya terganggu, misalnya kulit yang mengelupas, sampai dengan gatal-gatal karena alergi obat dan bahan kebersihan rumah. Semoga tips singkat ini bisa membuat anda lebih semangat dalam membersihkan semua sudut rumah anda.

Sekian Tips Membersihkan Rumah yang Tepat. Jangan lupa untuk selalu membersihkan rumah ya. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Cari-kos Blog.