Rumah VS Apartement, Mana yang Lebih Baik? – Sebelum anda membeli sebuah tempat tinggal untuk ditempati atau untuk investasi, ada baiknya bagi anda untuk mempertimbangkan apa yang lebih cocok untuk anda beli. Apakah Rumah?? Ataukah Apartment??

Keuntungan dari kedua property ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Semuanya tergantung dari seberapa teliti diri anda memilah dan memilih sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah hunian ataukah membeli sebuah apartement. Karena jika anda sala perhitungan dalam membeli salah satu dari dua property tersebut, anda bisa saja mendapatkan kerugian yang tidak sedikit.

Rumah VS Apartment, Mana yang Lebih Baik?
Rumah VS Apartment, Mana yang Lebih Baik?

Lalu apa yang harus diperhitungkan saat anda sedang dihadapkan dalam sebuah pilihan antara membeli rumah atau apartement?? Silahkan simak beberapa alasan berikut ini :

  1. Tempat Tinggal yang Umum

Berbeda dengan negara lain yang jumlah penduduknya lebih besar daripada luas tanahnya seperti China, rumah adalah property yang lebih mahal dibandingkan dengan apartement. Sedangkan di negara kita sendiri (Indonesia) malah terjadi hal yang sebaliknya. Yaitu harga apartement lebih mahal dibandingkan dengan harga rumah.

  1. Sosialisasi

Banyak orang di Indoensia yang menganggap bahwa rumah adalah tempat yang paling cocok dihuni oleh sebuah keluarga karena dapat lebih mudah untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan tetangga sekitar. Sedangkan jika anda membeli apartement, pasti akan susah untuk bersosialisasi karena kebanyakan para pemilik apartement memiliki sifat individualis yang tinggi.

  1. Fasilitas

Apartment memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibanding rumah. Di lokasi apartement biasanya sudah disediakan fasilitas-fasilitas yang mudah di akses oleh para penghuninya. Seperti lapangan tennis, kolam renang, gym center, tempat spa, dll. Berbeda dengan rumah. Anda harus menggunakan biaya tambahan jika ingin menikmati fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan oleh para pemilik apartement.

  1. Praktis

Segala fasilitas yang berhubungan dengan kebersihan, keamanan dan pemeliharaan bangunan akan menjadi tanggung jawab pihak pengelola jika anda bertempat tinggal di apartement. Sedangkan jika anda bertempat tinggal di rumah, maka anda harus menjaga kebersihan, keamanan dan pemeliharaan bangunan anda sendiri.

  1. Lahan

Tidak seperti rumah hunian biasanya, apartement tidak di desain untuk memiliki halaman rumah. Hanya tersedia balkon di luar ruangan. Jadi jika anda ingin memiliki halaman rumah, lebih baik anda memilih untuk membeli sebuah rumah dibandingkan membeli apartement.

  1. Resiko Bangunan

Apartment yang memiliki bangunan berupa gedung bertingkat mempunyai resiko lebih besar dibandingkan dengan rumah hunian biasa. Contohnya adalah resiko kebakaran, gempa bumi, konsleting, dll.

  1. Renovasi

Bagi anda yang memiliki rumah, anda dapat sesuka hati anda kapan ingin merenovasi rumah anda, berbeda halnya jika anda memiliki apartement. Anda dilarang untuk melakukan perubahan terhadap bentuk bangunan apartement itu sendiri walaupun anda adalah pemilik apartement tersebut.

Rumah VS Apartment, Mana yang Lebih Baik?
Rumah VS Apartment, Mana yang Lebih Baik?

7 Hal itulah yang harus anda pikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah atau sebuah apartement (Rumah vs Apartment). Tetap saja setiap pilihan anda mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pikirkanlah matang-matang sebelum anda membeli agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Dan jika anda memerlukan Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah dalam hal ini, silakan klik disini