Jakarta, selalu dikenal dengan kota besar yang terus berkembang dalam segala lini kehidupan. Mulai dari sektor ekonomi, pendidikan, pariwisata, dan sosial budaya. Salah satu yang terus berkembang sangat pesat di kota metropolitan ini adalah huniannya. Hunian yang dimaksud mulai dari apartment, perumahan, rusunawa, sampai yang kos-kos sewa. Semuanya berkembang sangat pesat di kota besar ini.

propertidotbisnisdotcom
Perkembangan Apartment di Jakarta (Sumber : beritadaerah.co.id)

Bisnis properti dan hunian yang terus menggeliat dan sangat mudah untuk diamati adalah pembangunan apartment. Semua pemilik bisnis ini terus berlomba menawarkan paket apartment yang pas untuk pangsa pasar. Tetapi tanpa disadari oleh masyarakat, ternyata harga hunian-hunian tersebut semakin menanjak. Tidak tanggung-tanggung, Riset Colliers International Indonesia menunjukkan, pada kuartal-IV 2016 harga rata-rata apartemen naik 1,3 persen secara kuartalan dan menjadikannya kenaikan antar kuartal tertinggi selama 2016. Secara mudah dapat diartikan bahwa harga tahunan naik ke sekitar  Rp 31,65 juta per meter persegi, atau naik di sekitaran 3,8%. Angka tersebut terbilang fantastis, tetapi masyarakat terus menikmati lonjakan harga tersebut.

mdot tempodotcom
Perkembangan Apartment di Jakarta (Sumber : m.tempo.com)

Jika dilihat dari persebarannya, Jakarta Selatan menjadi kawasan dengan capaian peningkatan harga hunian yang paling tinggi jika dibandingkan dengan area lainnya di Jakarta. Setelah itu disusul dengan area Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Area CBD. Secara garis besar, perkembangan pesat dari pembangunan apartment ini tentunya juga dipengaruhi oleh keinginan dan konsumtifitas para masyarakat di sekitar area tersebut.

Construction workers prepare to pour concrete as high-rise apartment buildings behind them are shrouded by haze in Singapore September 30, 2015. Slash-and-burn agriculture in neighbouring Indonesia has blanketed Singapore in a choking haze for weeks. REUTERS/Tim Wimborne
Perkembangan Apartment di Jakarta (Sumber : beritadaerah.co.id)

Tidak dapat dipungkiri penyebab dari penanjakan harga hunian tersebut adalah karena performa positif pada beberapa proyek tertentu, sehingga membuat harga apartemen di sana naik perlahan. Selain itu, perusahaan-perusahaan yang besar dan berbisnis strategis juga terus berkembang di Jakarta. Hal tersebut menawarkan lapangan pekerjaan yang bermacam-macam, yang ditawarkan untuk masyarakat luas. Penghasilan masyarakat yang semakin tinggi juga tentunya menjadi faktor utama dari perkembangan bisnis hunian tersebut.